7 Cara Melunasi Hutang Secara Masuk Akal

 7 Cara Melunasi Hutang Secara Masuk Akal - Perjalanan Doa. Memang harus kita akui bahwa topik cara melunasi hutang ini makin banyak dicari sama orang-orang, apalagi pada masa pandemi sekarang ini. Do'a melunasi hutang dalam waktu yang singkat bahkan sekejap, atau mencari orang yang bisa membantu melunasi hutang kita. Karena saking ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang.

Akhirnya mereka mencari penolong orang yang sedang terlilit hutang hingga kalau ada sebuah lembaga bantuan pelunasan hutang?


7 Cara Melunasi Hutang Secara Masuk Akal



Nah sekarang timbul pertanyaan sebenarnya bagaimana siah cara melunasi hutang dengan cepat?

Jawabannya akan kami bagikan dibawah ini, semoga teman-teman mau membacanya karena memang cukup panjang. Jangan diskip supaya tidak ada pont-point penting yang tidak anda pahami.

7 Cara Melunasi Hutang Secara Masuk Akal

Asalamualaikum Wr, Wb. - Kali ini sakmi ingin membahas tema berkaitan dengan hutang, dan tema kami kami khususkan bagi Anda yang saat ini punya hutang, baik hutang personal hutang maupun hutang pada lembaga bank atau apapun itu.

Kami akan bahas 7 Cara bagaimanakah langkahnya, agar hutang Anda bisa lunas. Kami sangat memahami saat ini masih banyak orang yang merasa pusing dan merasa tidak nyaman ketika hidupnya penuh dengan hutang. Apalagi bagi Anda yang saat ini dalam poisi gali lubang tutup lubang.

Kalau Anda punya kebiasaan gali lubang tutup lubang itu tidak akan selesai dan itu bukan solusi, meskipun ketika anda punya uang dari pinjaman orang lain untuk menutup hutang di orang lain juga itu adalah solusi.

Tapi jangka panjangnya tidak akan pernah selesai, karena cara anda keliru gali lubang tutup lubang  bukan caranya yang efektif.

Disini kami berikan 7 cara atau 7 tips :Bagaimanakah agar hutang bisa lunas, langsung saja kami jelaskan langkah-langkah sbb:

1. Pertama adalah anda punya niat untuk membayar hutang.

Ketika anda punya niat untuk membayar hutang maka tanamkan di dalam pikiran dan hati anda kuat-kuat, bahwa saya bisa melunasi hutang, saya jadi sampai tidak mau membayar hutang. Yang namanya hutang itu wajib dibayar.

Ketika anda punya niat ngemplang otomatis anda akan kabur dari persoalan dan energi di alam semesta itu akan memberikan hal yang tidak menyenangkan dalam hidup anda, karena anda sudah tidak punya itikad baik. Yaitu kabur dari persoalan utang anda.

Jjadi pertama anda perlu punya niat yang sangat kuat untuk membayar hutang. Karena bagaimanapun juga Anda sudah minta bantuan pada orang, pada lembaga, pada institusi apapun itu untuk membantu Anda menyelesaikan persoalan keuangan anda.

2. Kemudian yang kedua adalah anda perlu memperkecil pengeluaran Anda.

Artinya apa? Jadi memperkecil pengeluaran di sini anda perlu berhemat, maka bagaimana caranya agar Anda bisa menggunakan uang sebaik mungkin agar hidup anda tercukupi, kebutuhan keluarga juga tercukupi tapi anda bisa mencicil hutang anda, dan akhirnya bisa lunas.

Matematis disini anda perlu yang memperkecil pengeluaran anda, jadi Anda yang biasanya pengeluarannya sekian, ada hal-hal tidak perlu digunakan atau tidak dibutuhkan anda bisa pangkas, perhitungan juga dalam hal ini. Maka anda perlu memperkecil pengeluaran dengan tetap tercukupi kebutuhan anda.

3. Menjuat Aset

Jika anda punya aset anda perlu menjualnya, entah itu motor atau mobil bahkan rumah sekalipun. Karena ketika Anda memang sudah mentok, tidak punya solusi apapun. Dan satu-satunya jalan yang ada harus menjual aset. Maka, Anda silakan lakukan untuk menjual aset.

Misal akibatnya nada tidak punya motor baru, anda bisa beli motor bekas soalnya, atau misalnya anda menjual rumah Anda, sehingga Anda tidak punya rumah, Anda bisa ngontrak atau ngekos. intinya Anda bisa punya tempat tinggal, tanpa harus punya rumah sendiri.

Daripada Anda hidupnya itu penuh dengan kecemasan, ketakutan, kekhawatiran akan hutang-hutang Anda. Maka anda perlu menjual aset, Jika Anda memang benar-benar punya aset. Jangan terlalu menuruti gaya hidup, tidak akan ada habisnya.

4. Mencari penghasilan tambahan

Penghasilan tambahan di sini banyak hal yang bisa anda lakukan dan kerjakan. Contoh penghasilan tambahan penghasilan dengan cara jualan. Jika tidak ada modal menjadi makelar dulu, Anda bisa bantu menjualkan produk orang lain, nantinya anda akan mendapatkan keuntungan di situ. Kalau misalnya di dunia online seperti dropship, afiliasi.

Disini anda juga perlu belajar, anda belum terbiasa jualan dan tidak bisa jualan tapi suatu keterampilan yang bisa diasah. Jadi anda perlu mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan atau dari gaji Anda.

5. Menerima Kondisi

Anda perlu menerima kondisi anda, banyak orang yang tidak terima atas kondisinya. Karena tidak terima itulah maka pikiran menjadi ruwet, hatinya menjadi kemrungsung, batinnya menjadi selalu tidak tenang. Ketika tidak mau menerima kondisi, tidak legowo akan kondisinya maka hidupnya akan selalu menderita.

Memang ketika punya hutang ingin segera lunas, tetapi untuk bisa melunasinya butuh waktu, butuh proses. Sayangnya banyak sekali orang ketika punya hutang Lalu ingin cepat-cepat terlunasi. Susah kecuali kalau mendapatkan suatu keajaiban dan keajaiban itu pun juga dilatih dengan mengelola batin, mengelola hati, mengelola rasanya, mengelola pikiran.

Jika hati anda saja tidak tenang bagaimana bisa mendapatkan keajaiban, pada keajaiban itu didapatkan pada dari orang-orang yang punya hati yang tenang-damai. Jadi anda perlumenerima kondisi Anda terlebih dahulu, apapun itu berdamailah dengan diri Anda.

Minta maaf pada diri Anda, memaafkan diri Anda, memaafkan kondisi Anda, memaafkan siapapun, ketika Anda bisa memaafkan diri Anda, memaafkan siapapun termasuk situasi dan kondisi  saat ini. Maka hati anda menjadi tenang dan damai.

6.Perbanyak rasa syukur

Sudah sering kali kami katakan bahwa, ketika hidup anda fokusnya kepada masalaah. Ketika orang punya persoalan fokusnya pada persoalan bukan solusi, ketika punya hutang fokusnya pada hutang. harusnya pikiran fokus kepada bagaimana ya untuk bisa mendapatkan uang untuk membayar hutang.

Semakin dicari solusinya, dalam kondisi pikiran ruwat, batin tidak tenang. Maka semakin tidak ketemu jalan keluarnya. Maka anda perlu yang namanya mengalihkan fokus Anda pada hal yang bisa anda syukuri.

Anda syukuri kesehatan, Anda masih bisa mendengar, masih bisa melihat, masih bisa berbicara, masih bisa beraktivitas, masih punya tempat tinggal, masih punya keluarga, Anda akan menjadi lebih bahagia. Tetapi ketika fokus Anda pada masalah maka keluhanlah yang terjadi di dalam diri anda.

 7. Anda Perlu Berserah PadaNya.

Berserah dalam apapun, hidup kita tidak bisa mengatur, kita tidak bisa mengatur hutang harus bisa lunas sekian hari. Kita tidak bisa mengatur rezeki kita, harus sekian setiap bulannya.

Yang kita bisa atur adalah pikiran kita, perasaan dan diri kita sendiri. Diluar dari itu itu adalah diluar kendali kita, dan kita tidak bisa mengaturnya. Lakukan yang bisa anda lakukansemampu Anda.

Lalu selebihnya pasrahkan kepada Allah, karena bagaimanapun juga sejatinya hidup kita adalah terserah kepadaNya. Apapun yang kita kerjakan serahkan saja padaNya, Serahkan saja hasilnya kepada Allah.

Karena kita tidak bisa mengendalikan hasilnya, lakukan apa yang bisa kita lakukan dan kerjakan, jika anda punya pekerjaan yang bekerjalah dengan sebaik, mungkin Jika anda punya usaha kerjakan usaha anda sebisa dan semampu Anda sebaik-baik mungkin. Selebihnya pasrahkan kepada Allah.

Karena ketika kita sudah berpasrah, kita sudah berserah dan kita mengajarkan diri kita tidak merasa mampu, Maka nanti Allah yang memampukan diri kita. Allah yang memampukan segalanya, Allah yang mengembalikan semuanya menjadi netral, semuanya bisa menjadi lebih Harmoni kembali.

Baik itu saja yang bisa kami sampaikan, kami doakan agar anda berlimpah akan Anda dimudahkan rezeki lebih gampangkan.

Semoga bermanfaat Sekian dari kami blog Perjalanan Doa. Terima kasih - Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Print Friendly and PDF

0 Response to " 7 Cara Melunasi Hutang Secara Masuk Akal"

Posting Komentar