Doa Agar Diberi Kecerdasan Mudah Menghafal Mengingat Dan Memahami Sesuatu Pelajaran Masuk Ke Otak

doa agar diberi kecerdasan mudah menghafal, doa agar mudah mengingat dan memahami sesuatu, doa agar pelajaran mudah masuk ke otak, doa agar dimudahkan mengingat dan memahami sesuatu ustadz adi hidayat, doa agar cepat paham dalam belajar

Assalamualaikum wr.wb.
  Metode belajar yang setiap orang miliki berbeda beda, ada mereka yang belajar dengan banyak menulis, ada juga mereka yang belajar dengan banyak membaca,ada juga mereka yang belajar dengan banyak mengisi soal atau banyak merangkum ada juga mereka yang belajar dengan menghafal materi yang diajarkan. semua metode tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja. tergantung bagaimana kemampuan seseorang dapat menangkap materi yang disampaikan. Sebagian besar orang menggunakan metode menghafal dalam belajar, karena menurut mereka dengan menghafal materi yang disampaikan akan memudah mereka untuk mengisi atau mengingat apa yang telah diajarkan kemudian hari.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan juga dalam metode ini. hambatannya adalah daya ingat yang kurang baik karena pola makan atau pola tidur yang kurang baik. Mereka yang memiliki hambatan untuk menghafal tidaklah perlu khawatir sebenarnya, tingkatkan fokus pada saat menghafal dan banyak meminta bantuan kepada Allah adalah kuncinya. Jika semua masalah diserahkan hanya kepada Allah maka kita tidak perlu khawatir, yakinlah bahwa apapun yang kita perbuat pasti akan Allah bantu. Berdoa kepada Allah mungkin tidak akan langsung membuat kita jadi seorang penghafal yang hebat, namun dengan meminta kepada Alkah percayalah bahwa akan Allah mudahkan apa apa yang menjadi urusanmu. tidak ada tuntunan khusus untuk melafalkan doa kepada Allah swt. meminta kepada Allah swt. bisa dilakukan dalam kondisi apapun dan dimanapun tempatnya.

Hanya saja alangkah baiknya jika kita meminta kepada Allah dalam keadaan suci nan bersih, juga dengan adab adab doa yang baik serta dilafakan juga dengan bacaan yang baik.  apalagi jika kita melafalkannya pada waktu waktu yang mustajab juga tempat tempat yang tidak tertolak apabila kita berdoa disana. Doa agar diberi kecerdasan mudah menghafal sebenarnya banyak yang bisa kita amalkan, salah satunya adalah doa berikut:

ALLAAHUMMA ALHIMNII RUSYDII WAQINII SYARRI NAFSII
Artinya : Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.
 
Doa itu bisa diamalkan baik saat ingin memulai pelajaran atau kegiatan menghafal, alangkah baiknya juga jika doa agar diberi kecerdasan mudah menghafal dibaca dengan rutin selepas menjalankan sholat lima waktu ataupun sholat sunnah.

  Berhenti menghafal karena lemahnya ingatan adalah sesuatu yang salah, banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hafalan dan daya ingat, doa agar diberi kemudahan menghafal juga bisa di praktekan untuk doa agar dimudahkan mengingat, apalagi jika niat kita adalah menggagalkan alquran sudahlah pasti Allah akan memberikan kemudahan , ditambah dengan rutin membaca doa  agar dimudahkan menghafal dengan keyakinan bahwa Lalah akan mengabulkannya merupakan suatu paduan yang bagus untuk menghafal. Banyak dari mereka yang mengerti metode menghafal tetapi tidak menggunakannya untuk menghafal alquran, padahal kegiatan yang satu itu adalah hal yang sangat diberkahi Allah swt.

   Kadang kadang kita juga bertanya tanya,bagaimana agar kita dapat lebih mudah memahami apa yang guru jelaskan, sedangkan materi yang sedang dijelaskan tidak dapat kita pahami meski sudah membacanya berulang kali, kurangnya fokus dan terlalu banyaknya pikiran bisa jadi pemicunya. Coba sering seringlah berdzikir, mengulang pelajaran ,dan hanya tanamkan pikiran kepada Allah saja. lalu coba dengan rutin membaca doa agar diberi kemudahan memahami pelajaran, seperti berikut ini:
Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaihi wa laa tansaniihi yaa robbal-'aalamiina.
Artinya : “Ya Allah sesungguhnya saya menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang Engkau ajarkan Kepada saya dan Kembalikanlah kepada saya sewaktu saya butuhkan kembali dan janganlah Engkau Lupakan saya kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam”. 
Ustad adi hidayat juga pernah menjelaskan dalam sebuah cermahnya tentang bagaimana mudah menghafal dan memahami, beliau menjelaskan bahwa perlu kesungguhan dalam menghafal, yang terpenting, menghafallah karena allah , Nah, beliau pun menjelaskan bahwa banyak berbuat maksiat dapat menghambat kita dalam memahami sesuatu dan menghafal , jangan lupa tingkatkan Amal sholeh kita agar Alkah turunkan cahaya ilmu untuk kita.

Beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan berfikir dan daya ingat  antara lain:
  1. Perbanyaklah membaca Al-quran

    Dengan membaca al-quran hati dan jiwa kita terasa lebih tentram, otak kita pun terasa lebih ringan daripada terus saja berkutat dengan tugas namun tidka dpaat menyelesaikannya, Dengan banyak membaca Al-quran dan juga menghafalnya pun dapat meningkatkan kinerja otak kita, maha kuasa Allah untuk memberi kemudahan untuk umatnya.
  2. Tidur dan beristirahat

    Otak juga punya daya kerjanya sendiri, tidka bisa kita terus terusan untuk memforsir otak kita bekerja dan menghafal banyak materi tanpa jeda dan istirahat. Beristirahat dan tidur dapat memberi waktu untuk otak beristirahat dan menyimpan semua memori kita pada siang hari. Jadi alangkah baiknya jika pola tidur kita juga terjaga dan teratur.
  3. Meminum madu

    Pernah Rasullah saw. Bersabda bahwa barang siapa yang ingin daya ingatnya kuat maka hendaklah meminum madu.
  4. Makan sayuran

    Imam Ali Ar-Ridha berkata : “Biasakanlah dirimu memakan sayur-sayuran karena sayur-sayuran itu tumbuh ditepi-tepi sungai surga Firdaus, disamping itu dia juga mengandung obat untuk segala penyakit, dapat menguatkan syaraf, mendinginkan darah yang panas dan menambah nafsu makanan.”
  5. Hijamah

    Hijamah, atau dlama bahas indonesia sering disebut dengan bekam. merupakan salah satu terapi kesehatan yang pernah rasulullah dan sahabat sahabatnya lakukan. Abu Hurairah (R.A) melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika ada sesuatu yang sangat baik untuk dijadikan obat, itu adalah bekam (hijama).”
  6. Tidak meninggakkan sholat

    Sholat bukan hanya sekadar kewajiban untuk umat islam. Sholat juga menjadi salahs atu jalan untuk mencerdaskan otak. Otak sangat butuh oksigen dan oksigen kita dapatkan dari darah, dengan melaksankan sholat maka peredaran darah akan menjadi lancar.
  7. Berfikir positif

    Berpikir negatif cenderung akan membuat amnusia stres hingga tidak dapat menerima apapun dengan baik, lalu bagaimana IQ nya bisa dijalankan dnegan baik ketika seseorang memiliki pikiran terllau berat, berpikirlah positif karena itu akan membuat apa yang disampaikan menjadi lebih mudha masuk ke otak dan mudah diterima.
  8. Berdoa Memintalah hanya kepada Allah

    Karena Allah lah yang dpaat mengabulkan apa yang kita inginkan. Dengan berdoa Allah akan permudah jalan kita dalam belajar. Doa agar mengingat dan mudah memahami sesuatu akan sangat membantu apabila kita prkatikan dnegan rutin dan percaya bahwa doa itu akan Allah terima, atau mungkin kita bisa berdoa kepada Allah agar apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima cepat oleh otak kita. Dengan amalan amalan sunnah juga doa akan menjadi mudah terijabah.

 Nah, itu tadi adalah cara cara dan metode bagaimana agar kita dapat meningkatkan hafalan kita serta meningkatkan kecerdasan kita, Allah swt. selalu bersama hambanya yang ingin berusaha. So.. Jangan lupa berdoa dan perbanyak usaha.

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr. wb.

Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Agar Diberi Kecerdasan Mudah Menghafal Mengingat Dan Memahami Sesuatu Pelajaran Masuk Ke Otak"

Posting Komentar