Doa dan Adab menjenguk orang yang sakit

adab dan doa menjenguk orang yang sakit

Assalamualaikum wr. wb.

 Doa dan Adab menjenguk orang yang sakit - Islam sebagai agama yang lurus dan berlandaskan pada Al-qur'an mengatur seluruh perilaku umatnya didalam muka bumi ini, mulai dari hal kecil sampai hal besar, bagaimana tata caranya, bagaimana pertaurannya, dan bagaimana landasan hukumnya, agar manusia tidak menyimpang. Salah satunya adalah peraturan tentang bersosialisasi,yang lebih rincinya mungkin salah satunya adalah adab menjenguk orang sakit, terdengar sepele, sudah biasa terjaid dimasyarakat dan umum adanya, tapi meski begitu, adab dalam menjenguk orang sakit tetaplah ada aturannya, apalagi hal tersebut juga merupakan sebuah nilai ibadah bagi umat muslim yang mengerjakannya, adab menjenguk orang sakit akan dijelaskan dalam artikel yag berikut ini, bukanlah hal yang sulit di praktikan karena sama halnya seperti adab bagaimana bicara dengan baik dan benar , adab menjenguk orang sakit merupakan aturna aturan mudah yang Allah gariskan untuk mempermudah perilaku manusia dalam menjalankan sebuah amalan.  Allah sangat menyayangi amalan yang satu ini, pahala yang diberikan ternyata tidak kecil, menjenguk orang sakit memiliki keuntungan yang besar. Selain itu dalam hidup ini kita juga diajarkan untuk halum minallah wa hablum minannas, hubungan keatas harus baik, kesekitar jangan sampai tidak, apalagi, dengan tetangga yang merupakan orang terdekat kita sebelum keluarga, mengapa? Karena di era seperti sekarang, tetangga lah orang yang akan selalu ada untuk kita jika kerabat jauh tidak bisa menolong kita. Maka, keutamaan menjenguk tetangga juga sangat dianjurkan oleh Allahs wt. Apalagi selama kita mampu dna sanggup melakukannya.

 Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa menjenguk orang sakit ini adalah suatu perkara yang Allah senangi juga, sehingga banyak sekali keutamaan keutamaan yang dapat diperoleh dari menjenguk orang sakit, apa sajakah kira kira keutamaan tersebut? berikut penjelasannya.
  1. Mendapatkan pahala yang besar dari Allah swt.

    Ada sebuah hadits yang meriwayatkan:Wahai anak Adam, Aku sakit namun engkau tidak menjenguk-Ku. Ia berkata: Ya Rabb, bagaimana aku menjenguk-Mu sementara Engkau adalah Tuhan alam semesta? Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa hamba-Ku fulan sakit tapi engkau tidak menjenguknya, tidakkah engkau tahu, bila menjenguknya niscaya engkau akan mendapati-Ku ada di sisinya? (HR. Muslim)

    hadits tersebut telah menjelaskan bahwa Allah sangat menganjurkan kuta untuk menjenguk orang yang sakit karena itu dapat membuat kita berada lebih dekat dengan Allah swt. sehingga mendapatkan pahala yang besar dari amalan yang kita kerjakan tersebut.
  2. Didoakan Tujuh puluh ribu malaikat

    Dalam sebuah hadits pun ada yang meriwayatkan jika malaikat akan memohon ampunan atas orang yang menjenguk saudaranya yang sakit, adapun sebuah hadits artinya Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah. Syaikh al-Albani berkata: Hadis sahih)
  3. Salah satu amalan penduduk surga

    Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiyaAllohu anhu berkata bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: “5 perkara yang barang siapa melaksanakannya pada sehari akan dituliskan baginya (bahwasanya) dia termasuk dari penduduk Surga; barang siapa yang menjenguk orang sakit, menghadiri jenazah, berpuasa pada hari itu, pergi berangkat menuju masjid dan membebaskan budak.”[HR. Ibnu Hibban, dan hadits dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shohih Targhib wa Tarhib” (no.3470)]
  4. Mendapatkan rahmat dari Allah swt.

    Beliau (Rasulullah SAW) bersabda: "Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di syurga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila dia berkunjung di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akan-nya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Apabila dia berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akannya agar diberi rahmat hingga pagi hari". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)
 Setelah mengetahui banyaknya keutamaan dari menjenguk orang yang sedang sakit, pastilah kita semakin tergerak  untuk melakukan amalan tersebut, namun sebelum melakukan itu mari kita simak apa apa saja adab bagi orang yang sakit dan orang yang menjenngukknya.
Berikut tata cara  bagi orang yang menjenguk orang yang sakit:
  1. Diniatkan mengunjungi orang sakit karena Allah swt.

    "Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah atau di jalan Allah, akan ada yang menyeru kepadanya, ‘Engkau telah berlaku mulia dan mulia pula langkahmu (dalam mengunjunginya), serta akan kau tempati rumah di Surga.” [HR. At-Tirmidzi no. 2008, Ibnu Majah no. 1433, hasan. Lihat Misykaatul Mashaabih no. 5015 oleh Imam al-Albani]
  2. Mendoakan orang sakit yang dijenguk

    “Apabila beliau mengunjungi orang yang sakit, beliau berkata, ‘laa ba’-sa thahuurun insyaa Allaah (tidak mengapa semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah).’” [HR. Al-Bukhari no. 5656]

    Ada baiknya kita mendoakan orang yang kita jenguk, dengan ucapan ucapan yang baik misalnya, selain itu salah satu doa untuk orang yang sakit yang Rasulullah saw ajarkan ialah :

    Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

    Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh.

    Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).
  3. Mencari waktu yang tepat

    Usahakan untuk menjenguk seseorang kota melihat dahulu kondisi nya apakah wanktu itu pantas untuk kita datang menjenguknya ataukah akan mengganggu jam istirahatnya, sebaiknya kita perhatikan dahulu waktu yang tepat, lebih baik jika bukan pada Tengah hari karena akan mengganggu jam tidur nya.
  4.  Membawakan hadiah untuk orang yang sakit

    Hendaknya kita tidak datang dengan tangan kosong saat menjenguk ornag yang sakit, alangkah baiknya jika kita membawa buah tangan untuk orang yang kita kunjungi, apalagi memberi hadiah disunnahkan oleh rasulullah saw. Karena hal tersebut dapat menumbuhkan kasih sayang diantara orang yabg diberi dan memberi.
  5. Menghibur orang yang sakit

    Ketika nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam menjenguk Ummu A'la, beliau bersabda, "Bergembiralah wahai ummul A'la, sesungguhnya dengan sakitnya seorang muslim, Allah akan menghapus dosa dosanya sebagaimana api menghapuskan kotoran kotoran pada emas dan perak." (HR. Abu Dawud)
  6. Memberi ucapan agar segera diberi kesembuhan

    Ada baiknya agar kita memberi ucapan semoga cepat sembuh kepada orang takut sakit karena ucapan juga merupakan daripada doa. Ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa arab untuk laki laki ialah Syafakallah, sedangkan jika orang yang sakit ialah perempuan maka ucapannya ialah Syafakillah
 Semoga artikel tentang tata cara menjenguk orang yang sakit kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua, semoga hati kita juga tergerak untuk dengan ringan menjenguk siapa siapa sjaa orang dekat kita yang sakit.

wassalamualaikum wr. wb.
Print Friendly and PDF

0 Response to " Doa dan Adab menjenguk orang yang sakit"

Posting Komentar