KHASIAT AYAT KURSI dan CARA MENGAMALKANNYA

Perjalanandoa - KHASIAT AYAT KURSI dan CARA MENGAMALKANNYA - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Rahmatullahi wabarakatuh, sahabat-sahabat YouTube yang saya hormati Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi, semoga semuanya dalam ridho Allah subhanahu wa ta'ala, pada video yang ke-22 ini Insya Allah saya akan men-share sebuah Faidah tentang keagungan ayat kursi, yang mana ayat kursi itu adalah merupakan ayat ke 255 dari Alquran, surah al-baqarah yang bunyinya seperti ini:
Bismillahirrohmanirrohim

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Arab-Latin: Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm Terjemah



Arti: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

BACA JUGA: 10 Ciri Orang Yang Tidak Akan Sembuh Dari Sakit Selamanya

Yang saya dapatkan ijazah daripada bacakan dulu keterangan yang langsung dari kitab aslinya, Besar harapan bagi para sahabat yang mau mengamalkan supaya lebih mantap mengamalkannya, lebih besar akan keyakinannya, Sebelum saya lanjutkan video ini terlebih dahulu saya menghaturkan terima kasih kepada, para sahabat-sahabat yang telah mendukung kemajemukan blog ini, Semoga menjadi kebaikan untuk semuanya dunia dan akhirat, begitu juga kepada para sahabat yang telah berkomentar, telah mendoakan, saya mengaminkan doanya, saya juga mendoakan semoga para sahabat sekalian dikabulkan hajat oleh Allah. Dijadikan sebagai hamba yang bertakwa yang mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat, Mohon maaf juga saya tidak bisa membalas semua komentar dikarenakan kesibukan, Insya Allah dari jauh kita saling mendoakan para sahabat-sahabat, itu yang saya hormati.

Tentang keagungan membaca ayat kursi, terlebih dahulu saya akan sampaikan sebuah hadis dari Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa'i dan Imam Ibnu Hibban, keterangan ini termaktub Di dalam kitab manahijul imdad, seperti ini Syarah irsyadul Ibad, di juz 1 halaman 207 "Artinya Sabda baginda Rasul Siapa orang yang suka mendawamkan membaca ayat kursi, setelah sholat fardhu bilangan yang mungkin 1 atau 3 kali didawamkan, dia wafat nanti Allah akan memasukkan orang tadi ke surganya Allah"

BACA JUGA: Berlatih bersyukur kepada Allah yang powerfull agar dikejar rezeki setiap hari

Adapun ketika dia hidup tidak memasukkan ke surga, karena memang ada batas yaitu kematian, orang masuk surga Kalau memang dia sudah mati, nanti untuk itu ada baiknya kita dawamkan setelah selesai sholat fardhu membaca ayat kursi 1 kali minimal, syukur-syukur lebih. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyelamatkan kita dari api neraka, Allah masukkan ke surganya Allah, dengan Ridhonya. Amin ya robbal alamin.

Kemudian para sahabat-sahabat YouTube yang saya hormati, ada 1 keterangan di dalam kitab Syamsul Maarif Al Kubro, yang disusun oleh al-imam Ahmad bin Ali albuni al-imam Abul Abbas Ahmad bin Ali albuni di Halaman 120, "bahwasanya hurufnya ayat kursi itu 170 huruf" jadi kata Al Imam Abdul Abbas Ahmad bin Ali albuni "ayat kursi itu hurufnya kalau kita putus putus semuanya ada 170" contoh: Allahu maka pertama huruf hamzah, kedua lam, ketiga lam, keempat adalah ha.

Dalam lafadz Allahu La ilaha dalam ada alif dan hamzah lagi, itu contoh cara mentaati atau memotong-motong, Jadi jumlahnya ada 170 huruf di dalam ayat kursi "siapa orang yang membaca ayat kursi di permulaan malam, mungkin habis magrib atau habis Isya, atau di tengah malam jam 12, jam 1, Jam 2, dengan menghadap kiblat dalam keadaan jauh dari suara" artinya jangan bercampur dengan orang-orang yang tidak berpikir, tapi dia menyendiri mungkin di kamar, atau di masjid, apa di mushola. Ada banyak bilangan hurufnya Ayat Kursi yaitu 170. kuasa Allah hajat yang dia mohonkan kepada Allah, akan satu hajat keinginannya, maka akan Allah kabulkan"

 Siapa orang yang membaca ayat kursi sebanyak bilangan Rasul, yaitu 313. Kuasa Allah hajatnya kemudian dia memohon hanya kepada Allah, maka akan Allah kabulkan. jadi membacanya boleh 170 bilangan hurufnya. boleh juga 313 kali itu sebanyak bilangan mursalin atau utusan Allah. Kemudian ada juga keterangan di dalam kita khazinatul asrar, yang disusun oleh sayyidina muhammad haqqi nazili seperti ini,  di halaman 145 Siapa orang yang membaca ayat kursi, ada huruf ha, sebanyak bilangan hurufnya, Ayat Kursi yaitu 170 huruf,  maka tidaklah orang tadi mengharapkan satu kedudukan kecuali Allah akan sampaikan dia pada kedudukan tadi"
Mungkin bisa digunakan bagi para sahabat yang mau melamar pekerjaan, atau mendambakan satu jabatan Maka insya Allah faedah ini bisa dilaksanakan, cara membacanya di akhir saya akan Jelaskan sesuai dari petunjuk para guru pada masanya, dia membaca dengan tujuan agar diluaskan oleh Allah perusahaannya, di Barokah kan oleh Allah dagangan, yang mungkin dilakukan oleh Allah perusahaan, yang semakin berkembang maju, kecuali orang tadi akan mendapat keluasan dalam rezekinya, kemajuan dalam usahanya dengan berkahnya Ayat Kursi, atau dia mengharapkan ingin cepat bayar hutang, Insya Allah Allah akan membantu dia untuk membayar hutangnya.

BACA JUGA: Jangan Ragu Memanggil Uang Yang Besar atau Banyak

Ada 1 keterangan dalam hadis rasulullah Siapa orang punya utang, kemudian dalam hatinya Azzam kuat punya keinginan yang sangat ingin cepat bayar hutangnya, maka pasti akan ditolong oleh Allah, tapi kalau ada orang pinjam duit di awalnya atau di hatinya tidak ada pingin untuk bayar, maka selamanya dia akan bisa bayar seperti itu. Makanya sertai dengan Azzam ingin cepat bisa membayar, bantu dengan doa semoga mendapat pertolongan dari allah, dia ingin menghilangkan satu kepayahan, sedang dirundung kesusahan, kebingungan, kemalangan. Ia Baca ayat Kursi 70 kali kemudian dia berdoa maka Allah akan menghilangkan kebingungan nya tadi.

Adapun cara mengamalkannya, ini yang saya dapatkan dari ijazah kepada para guru, katanya begini dalam mengamalkan ayat kursi yang khusus maksudnya, maka kita pertama
Sholat Sunat 2-4 Rokaat (boleh salat sunat hajat atau salat sunat tahajud), Setelah salam kita biasa baca doa syahadat, istighfar, dan lain sebagainya, kemudian kita membaca tawasul dengan membacakan al-fatihah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, tabiin tabiin, kepada para ulama, kepada para malaikat, pada para Anbiya mursalin, kepada para guru-guru, kepada ibu bapak, dan untuk muslimin muslimat.

Lalu kita memohon kepada Allah akan satu hajat "Ya Allah saya mohon kepadamu dengan syafaatnya Baginda Nabi Muhammad, dengan barokahnya kursi, semoga hasil Keinginan saya ini. (boleh diisi misalnya ingin cepat dapat pekerjaan, ingin diterima lamaran kerja, ingin perusahaan saya Barokah semakin maju, selamat dari musibah, maka itu diisi, lalu kita bacakan surat Al Fatihah, boleh 1 atau 7 Kali, Lalu setelah itu kita mulai membaca ayat kursi, bacalah dengan pelan jangan tergesa-gesa, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid, kalau memungkinkan lafalkan lebih cepat, kemudian baca Berapa banyak? kalau mampu 313 kali, yaitu sesuai dengan bilangan mursalin atau rasul-rasul Allah.


BACA JUGA: Pasrah Itu Puncak Dari Segala Ilmu Kehidupan

Kalau terlalu banyak Kita baca yang 170, Yaitu sesuai bilangan hurufnya ayat kursi, setelah selesai membaca ada baiknya kita tutup dulu dengan membaca shalawat Baginda Nabi, boleh yang pendek, Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad, berapa kali? minimal 11 kali, syukur-syukur bisa mencapai 100, atau 400 kali.

Setelah membaca selawat baru kita berdoa dengan bahasa kita sendiri, seperti tadi "ya Allah saya mohon kepadamu dengan syafaat bagi nabi Muhammad SAW, dengan barokahnya Ayat Kursi, semoga Keinginan saya engkau kabulkan" Sebutkan  apa-apa kita minta sama Allah, apa saja yang penting kita Yakin Allah akan mengijabahi, Insya Allah Allah akan kabulkan.

Cuma harus jadi catatan Bahwasanya Allah menjanjikan akan mengijabah doa-doa kita hambanya, tetapi Allah merahasiakan kapan datangnya ijabah itu untuk itu, kita jangan mudah ngarasula, kita jangan mudah bilang Kenapa tidak diijabah padahal sesudah berdoa, itu salah. Kita Yakin husnudzon sama Allah akan mengabulkan doa, kita sering saya rasakan sendiri ketika berdoa kadang mungkin seminggu, 1 bulan atau lebih Allah mengabulkan, bahkan kadang-kadang kita sudah lupa dengan keinginan kita.

Print Friendly and PDF

4 Responses to "KHASIAT AYAT KURSI dan CARA MENGAMALKANNYA"