Nawaitu istinja (doa dibaca ketika hendak beristinja/cebok)

Assalamualaikum wr. wb.

Nawaitu istinja (doa dibaca ketika hendak beristinja/cebok) - Kita sering mendengar bahwa kebersihan sebagian dari iman, bukankah benar? hal tersebut termaktub dalam sebuah hadits. Jika kita sudah sering mendengarnya maka kita juga pasti mengerti makna yang dimaksud hadits tersebut. kebersihan merupakan salah satu yang termasuk dalam tonggak keimanan kita. maka sebagai seorang umat muslim hendaklah kita menjaga kebersihan kita, entah itu kebersihan pakaian, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar kita.

doa nawaitu instinja-cebok


Yang paling penting ialah kebersihan diri kita sendiri, sebab kebersihan membuat orang lain merasa lebih nyaman berada lebih lama didekat kita. kebersihan juga menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Untuk itu jagalah kebersihan diri dan lingkungan kita. salah satu kebersihan diri yang harus kita biasakan adalah mensucikan diri selepas buang air besar atau kecil atau yang kita kenak dengan istilah istinja. apa itu istinja? istinja adalah Membersihkan apa yang telah keluar dari qubul dan dubur dengan air, batu atau benda yang bersih dan suci ( tisu kering , kertas , kain bersih, dsb) agar hilanglah sisa najis yang menempel pada tubuh kita. salah satu hadits yang membahas mengenai istinja ini ialah:

BACA JUGA:
  1. DOA DIBACA KETIKA HENDAK MEMBACA AL-QUR'AN

Apabila salah seorang di antara kamu pergi ke tempat buang hajat besar, maka bersihkanlah dengan menggunakan tiga batu karena sesungguhnya dengan tiga batu itu bisa membersihkannya” [Hadits Riwayat Ahmad VI/108, Nasa’i no. 44, dan Abu Dawud no 40.

Dan asal perintah menggunakan tiga batu ada dalam riwayat Bukhari dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu hadits no. 155]. dalam bersuci kita juga harus memperhatikan adab-adab yang telah diatur dalam islam, salah satunya kala dengan membaca doa ketika hendak beristinja. berikut ini doa Istinja:

nawaitu istinja atau membaca doa ketika hendak beristinja

اَللهُمَّ طَهِّرُ قَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْخِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

ALLAAHUMMA THAHHIR QALBII MINAN NIFAAQI WA HASHSHIN FARJII MINAL FAWAAHISYI
Artinya :
Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji
Selain memperhatikan adab adab beristinja kita juga harus mengetahui bagaimana adab adab ketika ingin memasuki kamar mandi seperti membaca doa masuk kamar mandi, melangkah menggunakan kaki kiri ketika masuk kamar mandi, dilarang berlama lama didalam kamar mandi, dan lain sebagainya. semuanya diatur dalam islam agar kita dapat terhindar dari segala sikap tidak baik. maka sebagai seorang muslim yang taat hendaklah kita mematuhi adab adab tersebut dan mengamalkannya dengan baik. semoga bermanfaat.

wasalamualaikum wr. wb.

Terimakasih


Perjalanandoa

Print Friendly and PDF

0 Response to "Nawaitu istinja (doa dibaca ketika hendak beristinja/cebok)"

Posting Komentar