Doa masuk kamar mandi sesuai sunnah

Assalamualaikum wr. wb

Doa masuk kamar mandi sesuai sunnah - Kamar mandi merupakan tempat atau sebuah ruangan dimana manusia memenuhi kebutuhannya seperti membuang hajat atau kebutuhan untuk membersihkan tubuhnya, biasanya kamar mandi dilengkapi wastafle. Kamar mandi juga sudah banyak tersebat ditempat tempat umum, tidak hanya didalam rumah atau tempat tinggal kini kamar mandi juga bisa kita temui pada tempat umum seperti restaurant, mall, tempat bermain dan tempat wisata, sehingga ketika kita sedang berada diluar rumah pun kita tidak perlu khawatir jika perlu membuang air saat dam perjalanan. Kamar mandi yang semakin banyak dan menjamur diberbagai tempat ini bertujuan dan berfungsi untuk memudahkan masyarakat yang sedang berada diluar rumah atau berpergian ketika membutuhkan kamar kecil atau kamar mandi, terlebih saat sedang perjalanan jauh seperti pulang kampung, seseorang yang mudah mabuk diakibatkan tidak tahan berada lama lama dikendaraan juga pasti sangat membutuhkan kamar mandi untuk mengeluarkan isi perut sehingga lebih lega.sehingga, Banyak sekali kegunaan dan keuntungan kamar mandi yang kini berada diberbagai tempat.

Namun, sbagai tempat yang biasa digunakan untuk keperluan membuang hajat, kamar mandi merupakan tempat yang kotor dalam artian banyak penunggu ghaib yang diyakini manusia sebagai sejenis jin dan setan atau hantu. Benarkah hal demikian adanya? Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan bahwa iblis meminta tempat tinggal oleh Allah SWT selama berada di bumi."Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal," kata iblis. Allah SWT berfirman: "Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban)," (HR.Bukhari). Sehingga rasulullah menganjurkan untuk membaca bismillah saat memasuki kamar mandi, selain itu, hal ini pulalah yang menyebabkan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berdoa dan memperhatikan adab-adab ketika memasuki kamar mandi.

Adab adab ketika kita hendak kamar kamar mandi antara lain ialah :

  • Menggunakan kiri kanan untuk melangkah saat memasuki kamar mandi
  • Membaca bismillah sebelum memasuki kamar mandi
  • Membaca doa masuk kamar mandi
    Lafal doa memasuki kamar mandi ialah sebagai berikut:
doa masuk kamar mandi menurut sunnah
DOA MASUK KAMAR MANDI MENURUT SUNNAH

Bacaan Latin: Allahumma inni audzubika minal khubutsi wal khoba'its

Artinya: dengan nama allah, ya allah ,sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syaiton laki-laki dan perempuan

Setelah kita memasuki kamar mandi dengan membaca doa maka insyaa allah kita akan dijaga dan terhindar dari godaan syaiton dengan perlindungan Allah. Namun, kita juga harus memperhatikan adab-adab saat kita berada didalam kamar mandi sehingga kita tidak mengganggu syaiton yang ada didalamnya. Adab adab saat berada didalam kamar mandi antara lain ialah:

  • Jangan bernyanyi didalam kamar mandi
  • Jangan banyak bicara saat berada didalam kamar mandi
  • Dilarang membaca atau melafalkan asma allah swt. Dan ayat ayat suci alquran juga menjawab salam
  • dilarang berlama lama didalam kamar mandi untuk urusan yang tidak perlu
  • Keluar kamar mandi dengan kaki kanan

Dengan adanya doa masuk kamar mandi sesuai sunnah dan adab adab tersebut menunjukan bahwa agama islam mengatur segala perbuatan umatnya dalam berbagai aspek kehidupan ini hingga pada hal terkecil yang kita anggap tidak penting pun, seperti memasuki kamar mandi dan juga membaca doa ketika hendak memasuki kamar mandi.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.
Perjalanandoa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa masuk kamar mandi sesuai sunnah"

Posting Komentar