Doa Ketika Akan Membaca Al-Quran

Assalamalaikum wr. wb.
  Dalam kehidupan ini tujuan manusia sebagai seorang umat muslim ialah mencari ridha Allah swt. Salah satu cara mencari ridhanya ialah dengan banyak melakukan ibadah kepada-Nya.

Ibadah wajib yang harus kita lakukan setiap hari ialah sholat 5 waktu, Hal tersebut merupakan ibadah pokok yang tidak boleh kota tinggalkan, selain sholat lima waktu adapun ibadah wajib lainnya ialah berpuasa pada bulan ramadhan.

Tentu saja kedua hal tersebut selalu kita lakukan sebagai jalan mendapatkan ridha allah swt. Namun, selain ibadah-ibadah wajib yang sudah biasa kita lakukan ada juga ibadah sunnah, yang mana tidaklah berdosa jika kita tinggalkan dan akan mendapatkan pahala jika kita kerjakan, apa sajakah ibadah sunnah tersebut.

Doa sebelum membaca Alquran

 Ibadah sunah seperti berpuasa 6 hari pada bulan syawal, sholat tahajud dan sholat dhuha, dan masih banyak lagi, namun, dari ibadah ibadah sunah tersebut yang sudah biasa kita lakukan ialah membaca Al-quran.

Al-quran merupakan pedoman kita sebagai umat islam. Maka hendaklah kita membiasakan diri untuk membaca dan mengamalkan setiap isi yang ada pada Al-Qur'an.

Dalam membaca Al-Qur'an ada beberapa adab yang harus kita perhatikan, seperti berwudhu, membacanya dengan suara yang lembut, tartil, menghadap kiblat, membaca taawud dan lain sebagainya.

Kita juga disarankan untuk membaca doa ketika hendak membaca Al-quran tujuannya ialah agar apa yang kita baca daripada isi Al-Qur'an dapat terserap oleh pemahaman kita dan menjadi berkah untuk kita.

Bacalah juga:


  1. Doa dibaca ketika setelah atau sesudah minum


Kita membaca al-quran untuk mendapatkan pahala dari Allah subhanallahu wa ta'ala maka hendaklah  kita memulainya dengan menyebut nama Allah juga. Berikut doa ketika akan membaca Al-quran:

Doa Ketika Akan Membaca Al-Qur'an


اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ


Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya roma taka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikroom

Artinya : Ya Tuhan bukakanlah hikmahMu padaku , bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah saya terhadap apa yang saya lupa , wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

  Dengan membaca doa tersebut harapan kita ialah apa yang kita baca menjadi ladang pahala bagi kita juga dapat menjadi ladang ilmu untuk pemahaman kita.
 Selain itu banyak sekali fadhilah yang dapat kita petik dari sering membaca Al-quran, salah satunya yakni ialah menenangkan hati dan meredakan amarah.

Untuk itu ketika kita merasa pikiran kita kacau atau amarah kita meninggi hendaklah kita berwudhu dan membaca Al-Qur'an agar hati kita kembali tenang dan lebih dekat dengan Allah swt.
Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum wr. wb.

Perjuangandoa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Ketika Akan Membaca Al-Quran"

Posting Komentar