Doa Bercermin

Doa ketika bercermin dan adab bercermin

    Doa ketika bercermin dan adab bercermin - Ingin selalu terlihat cantik atau tampan adalah hal yang lumrah dan wajar sebagai manusia.ingin berhias dan berdandan dan berlama lama di depan cermin juga suatu yang lumrah akan tetapi saat bercermin atau saat melihat wajah kita di cermin kita juga harus selalu melibat kan Allah agar kita tak tergolong atau termasuk kedalam orang orang yang kufur dan gak bersukur atau kita juga agar tak termasuk kedalam orang yang sombong saat melihat wajah kita di cermin.

   Bercermin atau berkaca adalah salah satu cara kita yang lazim kita lakukan uktuk melihat wajah atau tubuh kita dengan bercermin kita bisa melihat pantulan dan melihat dengan jelas apa yang ada dan yang nampak pada wajah  dan tubuh kita, cantik atau tampan, kurang cantik atau kurang tampan semua itu adalah ciptaan Allah SWT.yang harus kita syukuri karena Allah menciptakan kita umat nya adalah sudah sebaik naiknya bentuk dan sebaik - baiknya rupa.

Baca Juga: Doa agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti corona dan penyakit menular
Baca Juga: Doa Anak Pintar Dan Diberi Kelancaraan Berfikir


Dalam bercermin juga tidak semata-mata hanya agar kita terlihat cantik atau tampan. akan tetapi seharusnya pada saat bercermin kita bersyukur atau mensyukuri atas nikmat yang telah Allah Swt berikan kepada kita. karena Allah Swt, telah menganugerahkan kita bentuk tubuh dan rupa yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainya. yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat At-Tin ayat 4 yang berbunyi:

Doa ketika bercermin


لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya:
"Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya" ( QS At-Tin : 4 )


اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـي

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:
“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”.

Atau anda dapat membaca doa seperti dibawah ini.

atau bisa juga doa berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:
“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”.

Tata Cara Doa Bercermin


Bacalah doa saat bercermin diatas dengan ikhlas.

   Tatap wajah anda di cermin dengan penuh rasa syukur.
Jangan membanggakan diri anda sendiri.
Jangan menghinakan diri anda sendiri.
Jangan berbicara atau tertawa sendiri di depan cermin.

    Kenapa sebaiknya kita membaca doa sebelum bercermin? Dikarenakan bercermin bisa pula menjadikan kita besar kepala dan sombong dikarenakan kebagusan fisik, berupa ketampanan, kecantikan atau tubuh yang indah.

   Jika dibiarkan akan membahayakan bagi kita sendiri, karena kita akan menganggap diri kita berlebihan melebihi apa yang Allah Ta’ala telah anugerahkan. Atau sebaliknya merasa tidak bersyukur jikalau merasa diri kita tidak setampan atau secantik yang diinginkan.

   Dan kedua adalah kita sebagai manusia memang punya kebiasaan bercermin, dikarenakan kita sebagai manusia secara naluriah ingin terlihat lebih tampan dan cantik, dan caranya dengan melihat penampilan dan wujud kita melalui cermin sehingga kita dapat menilai bagian mana dari wajah atau tubuh kita yang dianggap perlu diperbagus lagi. Dan Islam tidak melarang kita memperbagus diri.

 Ketampanan atau kecantikan bukan lah yang utama melainkan yang utama ialah ketampanan dan kecantikan akhlak dan budi pekerti yang baik.tapi walau begitu terlihat menarik dan enak di pandanv mata juga perlu.enak di pandang  mata bukan berarti harus cantik ataubtampan secara lahiriah.tapi melainkan enak di pandang dari sikap kita dari penampilan kita.

Baca Juga: Doa Dan Tata Cara Mandi Junub
Baca Juga: Doa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan Artinya
Jika sikap dan tindakan kita baik maka akan membuat orang di sekeliling kita merasa nyaman dan betah.sebaliknya jika sikap kita tak baik dan secara penapilan kita tak menarik dalam hal ini kita tak rajin mandi atau tidak berpakean bersih itu membuat orang di sekililinh kita atau lawan bicara kita akan merasa tak nyaman,

   maka dari itu kecantikan atau ketampanan itu bukan hanya dari wajah yang menarik tapi juga berpenampilan rapih bersih juga termasuk berpenampilan menarik, membuat teman atau lawan bicara kita merasa nyaman dan senang berada di dekat kita juga penting untuk kita di kehidupan sehari hari jadi kita juga harus memperbaiki cara berpakean kita . berpenampilan menarik tidak harus melulu berpakean baju baru atau baju bagus  melainkan rapih dan bersih dalam berpenampilan itu lebih penting karena rapih tidak harus baru atau bagus.

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua dijauhkan dari sifat sombong dan tak baik, semua keindahan dan kebagusan semata mata hanya milik Allah  dan semoga kita semua bisa senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah beri
Aamiin

Wasalammu'alaikum - Perjalanan Doa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Bercermin"

Posting Komentar