Doa Dan Tata Cara Mandi Junub

Doa Dan Tata Cara Mandi Junub

Doa Dan Tata Cara Mandi Junub
- Mandi junub adalah ritual yang wajib dilakukan jika terjadi beberapa hal, di antaranya keluar air mani, bertemunya dua kemaluan walau tidak keluar air mani, dan berhentinya darah haid dan nifas. Mandi junub didefinisikan dengan membasuhkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.

Ada beberapa hal yang mewajibkan kita untuk melakukan mandi wajib, atau mensucikan diri jika hadas kecil cukup dengan kita berwudhu saja sudah bisa mensucikan diri tapi jika hadas besar kita di wajibkan untuk mandi ada pun perkara yang mewajibkan kita untuk mandi di antara nya adalah sebagai berikut  ini;

1. Keluar sperma
2. Hubungan seksual (Persetubuhan)
3. Terhenti keluarnya darah haidh
4. Terhenti keluarnya darah nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita setelah melahirkan. Minimal nifas adalah waktu sebentar sedang maksimal adaah 60 hari. Umumnya nifas berlangsung selama 40 hari.
5. Melahirkan
6. Orang yang Meninggal


Niat dan doa ini dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang dapat menghilangkan hadas besar.

a .Berikut niat dan doa secara umum:


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala

Artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu kerena Allah ta'ala.

Baca Juga: Doa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan Artinya

b. Niat dan Doa Setelah Haid


Haid atau menstruasi ini terjadi pada seorang wanita yang telah dewasa. Pada wanita dewasa, hal ini normal terjadi setiap bulannya hingga menopause. Selama haid, wanita dilarang melaksanakan sholat dan puasa. Melakukan mandi junub dapat dilakukan ketika masa haid telah berakhir agar kembali dapat beribadah.

Berikut niat dan doa setelah haid:


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala.

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.

c. Niat dan Doa Setelah Nifas


Nifas adalah keluarnya darah dari rahim wanita karena melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas akan keluar kurang lebih selama 40 hari. Selama masa nifas, seorang wanita dilarang untuk sholat dan puasa.

Berikut niat dan doa setelah nifas:


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsin nifaasi lillahi Ta'aala.

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta'ala.

  Mandi wajib memiliki cara atau adap adap dalam melakukan mandi wajib.cara yang kita lakukan sebelum kita mandi wajib harus sesuai dan teraturbagar bisa sempurna atau benar dalam kita melaksanakan mandi wajib ini

    tata cara mandi wajib lengkap sesuai urutannya.

Baca Juga: Asmaul Husna Arab-Latin dan Artinya: 99 nama- nama Allah

1. Bacalah niat mandi wajib atau mandi junub terlebih dahulu. Membaca doa niat di awal-awal hukumnya wajib. Doa niat inilah yang membedakan mandi wajib dan mandi biasa. Cara membaca doa niat mandi wajib ini bisa dalam hati atau bersuara.

2. Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali, kemudian lanjutkan dengan membersihkan dubur dan alat kemaluan. Agar sesuai sunnah Rasulullah, mencuci tangan ini bisa dilakukan sampai 3 kali. Hal ini bertujuan agar tangan bersih dan terhindar dari najis.

3. Bersihkan kemaluan berikut kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri. Bagian tubuh yang biasanya kotor dan tersembunyi tersebut adalah bagian kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar dan lain–lain.

4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun. Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi, tangan perlu dicuci ulang. Caranya mengusap-usapkan tangan ke tanah/tembok kemudian dibilas air langsung atau dicuci dengan sabun baru dibilas.

Baca Juga: Bahayanya Riba Dan Doa Dijauhkan dari Riba

5. Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.

6. Masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.

7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air. Dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri.

8. Saat menjalankan tata cara mandi wajib, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan

    Mandi wajib merupakan proses pembersihan fisik yang sifatnya wajib bagi seorang muslim.jika menghilangkan hadas kecil cukup dengan melakukan wudhu maka menghilangkan hadas besar harus dengan mandi wajib.

Baca Juga: Doa agar di beri kelancaran rejeki dan rejeki yang barokah

Mandi wajib ini adalah salah satu cara kita mensucikan atau membersihkan badan atau membersihkan diri agar kita bisa melaksanakan sholat, puasa atau melaksanakan ibadah lainnya.bagi orang muslim tentang mandi wajib ini pasti sudah tak asing lagi karena memang syarat sah melaksanakan ibadah bagi umat islam adalah dalam keadaan bersih dan suci baik dari hadas besar maupun hadas kecil.

   Mandi wajib atau Mandi Junub atau Mandi Besar yakni merupakan mandi yang dilakukan dengan menggunakan air bersih dan suci yakni dengan cara menyiramkan atau mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki hingga bersih.


Adapun tujuan mandi wajib yaitu sebagai penghilang hadas besar yang perlu dihilangkan sebelum melakukan ibadah seperti sholat atau ibadah yang, yang mana ibadah tersebut mengharuskan kita dalam keadaan suci dari hadats besar. Hadas besar sendiri ialah hadas yang dikarenakan keluarnya air mani baik itu karena dari berhubungan badan, onani, haid, nifas dan melahirkan.

   Sesuai istilahnya, mandi wajib adalah proses pembersihan fisik yang sifatnya wajib bagi seorang muslim. Tujuannya adalah untuk membersihkan tubuh dan mensucikan diri kembali dari hadas besar. Tata cara mandi wajib pun sudah ada kaidahnya sendiri, jadi harus dilakukan dengan benar. - Salam Perjalanan Doa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Dan Tata Cara Mandi Junub"

Posting Komentar