Doa niat puasa ramadhan pendek, gampang hafal.

Doa niat puasa ramadhan pendek, gampang hafal. - Niat adalah suatu bagian yang sangat penting dalam segala hal, sebab dengan niat pekerjaan yang berat akan terasa ringan, penantian panjang akan terasa lebih singkat.

Dengan niat akan mampu untuk bertahan dalam derasnya gelombang cobaan. Pernahkah kita merasakan disaat kita hendak melaksanakan puasa Senin-Kamis misalnya, ketika malamnya tidak melakukan niat, sudah bisa di pastikan bahwa besoknya kita gagal berpuasa.

Dan kalaupun kita berpuasa biasanya jebol ditengah jalan, misalnya sampai kantor, dari rumah karena belum sempat sarapan dan makan atau minum, maka jadilah puasa Sunnah saja toh kebetulan kok hari ini Kamis misalnya.

niat puasa ramadhan pendek mudah dihafal


Ketika dikantor jam 10 pagi ada yang menawarkan makanan enak kesukaan kita, pasti hati mulai ragu dan akhirnya ya sudah kebetulan saya belum sarapan.

Mungkin untuk teman teman bisa saja mempunyai pengalaman berbeda tentang kekuatan berniat ini, tapi setidaknya inilah yang saya alami jika puasa hanya disebabkan oleh karena paginya belum sempat sarapan, bukan diniatkan dari malam harinya, bagusnya diniatkan dalam hati, diucapkan dengan lisan, diperkuat lagi dengan makan sahur.

Ketika malam harinya niat untuk berpuasa ini sudah kuat, siangnya ketika tubuh ini secara alami merasakan lapar, haus, secara tidak sadar pikiran dan hati kita akan menerima dengan ikhlas, dan mengabaikan tuntutan alamiah tersebut.

Inilah salah satu bentuk dari kekuatan niat berpuasa, makanya suka ada yang bicara atau bertanya seperti ini; "kok kamu bisa kuat sih..." Jawab kita apa?... "Sudah niat soalnya!.."

Nah segitu luar biasanya niat ini, sampai sampai Rasulullah shalallahu alaihi wassalam mengatakan "innamal 'amalu binniyat" artinya "segala sesuatu itu tergantung kepada niatnya" meskipun niat yang dimaksud di atas itu adalah "maksud", "modus".

Sama halnya jikalau kita sudah bertujuan "niat" puasa misalkan esok hari, ketika bertemu besok pagi ada yang menawarkan jalan lain, kita sudah tidak bimbang lagi sebab niat atau tujuan sudah sangat jelas yaitu puasa esok hari.

Doa niat puasa ramadhan pendek, gampang hafal.


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى


Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”


Didalam pengucapan dengan lisan niat puasa ramadhan tersebut di atas, ada manfaat seperti yang sudah diterangkan, belum lagi ada yang lebih penting doa niat puasa ramadhan tersebut adalah sesuai yang dicontohkan oleh nabi kita Muhammad Rasulullah Saw.

Sebab sebagai muslim yang baik, segala aspek kehidupan yang manusia lakukan harus berlandaskan lillahi ta'ala atau karena Allah semata, adapun pahala yang didapat, tubuh yang sehat, hati dan jiwa yang tenang adalah reward "hadiah" dari Allah SWT.

Sekian dulu postingan artikel dari kami, dengan judul: Doa niat puasa ramadhan pendek, gampang hafal. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua, jika teman teman merasa artikelnya bermanfaat, kami harap sudilah kiranya teman teman untuk like dan share artikel ini, agar semakin banyak lagi orang orang yang bisa merasakan manfaat artikel ini. Terima kasih.

Salam

Perjalanandoa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa niat puasa ramadhan pendek, gampang hafal."

Posting Komentar