Tata Cara Menyembelih Hewan

Tata Cara Menyembelih Hewan - Mungkin kita berfikir bahwa menyembelih hewan itu semua orang bisa, asal saja ada kemauan. Tapi, pernahkah kita mengalami ketika kita makan daging hewan hasil dari sembelihan tersebut banyak kekurangannya, misal dagingya terasa keras, tercium bau seperti dagingnya tidak segar. Padahal, kita tahu bahwa daging hewan tersebut baru saja dipotong atau kita sendiri yang memotongnya, maka disinilah pentingnya kita mempelajari Tata Cara Menyembelih Hewan, supaya daging yang dihasilkan sesuai dengan selera dan keinginan kita semua tentunya..

tata cara menyembelih hewan
Dibawah ini Tata Cara Menyembelih Hewan yang mesti kita lakukan supaya kwalitas daging yang dihasilkan dari sembelihan kita tidak menjadi cacat dan memuaskan, berikut daging hewan hasil sembelihan yang sering kita temui dan banyak dikeluhkan beserta tata cara menyembelih hewan untuk mengatasinya:



1. Daging Hewan hasil sembelihan mengandung lemak..


Kandungan lemak pada daging hewan hasil sembelihan sebenarnya tidak menjadi masalah, jika kadanya hanya sedikit. Tetapi jika sering kali terjadi disaat kita menyembelih hewan kemungkinan dari Tata Cara Menyembelih Hewannya yang harus kita perbaiki, dibawah ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam Tata Cara Menyembelih Hewan agar daging hasil sembelihan tidak berlemak yang berlebihan sehinggan mengganggu dari cita rasa daging tersebut..

  • Ambilah air wudhu sebelum kita menyembelih hewan, jadi disaat kita melakukan penyembelihan hewan dalam kondisi bebas dari hadast atau suci.
  • Pijatlah hidung kita secara pelan dan lembut sampai hidung kita mengeluarkan minyak seperti keringat, dan tangan yang terdapat minyak dari hidung kita sapukan ke pisau yang akan digunakan untuk menyembelih hewan tersebut.
  • Bungkuskah mata pisau dengan menggunakan kertas atau dari bahan sejenis lainnya sebelum melakukan penyembelihan hewan.
  • Usapkan mata pisau secara perlahan dan hati-hati diatas punggung tangan.

Demikianlah Tata Cara Menyembelih Hewan yang penting kita lakukan supaya daging hasil sembelihan tidak mengandung lemak yang berlebihan, selanjutkan Tata Cara Menyembelih Hewan supaya daging hasil sembelihan tidak keras..

2. Daging Hewan hasil sembelihan tidak Keras.


Mungkin kita pernah menemui disaat makan daging hewan hasil sembelihan tapi masih terasa keras, seakan cara memasaknya kurang tanak/matang padahal kita merasa waktu memasang daging tersebut sudah cukup lama. Dibawah ini yang bisa kita lakukan Tata Cara Menyembelih Hewan supaya daging hewan hasil sembelihan empuk dan tidak keras:.

  • Tempelkan mata pisau di tenggorokan/leher hewan yang hendak kita sembelih.
  • Jangan sejajarkan matau pisau dengan seluruh posisi badan kita, karena bisa terjadi darah yang muncrat mengenai kebadan kita disaat kita sembelih hewan tersebut.
  • Tarik nafas yang dalam disaat akan mulai penyembelihan lalu tahan, dan disaat menarik mata pisau lepaskan nafas kita secara perlahan-lahan..

Demikianlah tadi Tata cara menyembelih hewan agar Daging Hewan hasil sembelihan tidak Keras, yang selanjutnya yang akan kita bahas yaitu tata cara menyembelih hewan agar daging hasil sembelihan tidak tercium bau busuk..

3. Doa yang dibaca ketika akan menyembelih hewan atau daging tidak bau busuk..


Mungkin diantara kita sering menemui kejadian seperti ini, daging yang baru saja disembelih pas dimasak dan kita makan, ada tercium seperti bau busuk seperti daging dari hewan bangkai saja, padahal kita menyaksikan sendiri bahwa hewan tersebut baru saja disembelih, ternyata ada doa yang harus dibaca pada Tata Cara Menyembelih Hewan agar daging hewan sembelihan tidak bau busuk.

Doa dibaca ketika hendak meyembelih hewan agar daging hasil sembelihan tidak bau busuk.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الحَمْدُاللّهُمَّ هَذَا هَذَا مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنَّا كَمَا تَقَبَّلْتَهُ مِنْ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ وَمِنْ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبِيْدِكَ وَرَسُوْلِكَ اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالجَنَّة َ
Demikianlah Tata Cara Menyembelih Hewan agar daging hasil sembelihan tidak bau busuk.

4. Supaya lalat tidak datang mengerumuni hewan yang sudah kita sembelih maka ketika selesai menyembelih, usapkan mata pisau ke muka/pipi binatang sembelihan.

5. Supaya mencukup atau memadai daging bagi setiap jamuan;


Jika daging yang sudah dimasak agar cukup untuk dimakan banyak orang, maka pada tata cara menyembelih hewan kali ini, hendak kita membacakan doa dibawah ini, lalu tiupkan pada tubuh hewan sembelihan kita, pada sekitar badan bagian bawah leher belakang (pada bagian orang bahu sampai punggung) doa yang baca seperti dibawah ini:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ِلإِيْلاَفِ قُرَيْشٍ إِيلاَفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ

6. Jika belum yakin hewan yang kita sembelih sudah mati, hendaknya kita sehabis menyembelih hewan tersebut jangan dulu mencuci tangan. Sampai benar-benar hewan sembelihan kita mati.


7. Untuk mencegah daging hasil sembelihan tercium bau busuk dan keras, hendaknya orang yang sudah pernah memandikan mayat jangan menjadi tukang sembelih hewan.

Link video: Tata Cara Menyembelih Hewan

Demikianlah Tata Cara menyembelih hewan agar mendapat hasil yang maksimal, dan rasanya sesuai dengan selera kita dan selebihnya tentunya selain tata cara menyembelih hewan diatas, yang harus diperhatikan adalah Syarat-syarat yang harus sesuai dengan tuntunan syariat islam.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Tata Cara Menyembelih Hewan"

Posting Komentar