Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan


Bagi kita yang beragama islam hujan merupakan rahmat dari Allah SWT, melalui hujan pulalah menjadi sarana sebagai rejeki untuk semua manusia dimuka bumi ini, karena dengan turunnya hujan tanah yang gersang akan menjadi subur kembali, cuaca yang sebelumnya panas akan menjadi sejuk, dengan perantara hujan juga Allah semua tumbuhan yang penuh manfaat menjadi berbuah dengan ranumnya.

Doa Agar Hujan Berhenti Dengan Doa Menolak Hujan


Sebagaimana Allah sampaikan dalam firmanNya dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 22 Sebagai berikut:
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya:
Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Namun pada saat situasi tertentu, kadang kita tidak mengharapkan datangnya atau turunnya yang namanya hujan ini, misalnya kondisi saat kita sedang mengadakan hajatan, merayakan hari raya besar islam seperti maulidan dan semacamnya. Maka disinilah pentingnya kita untuk ber Doa Agar Hujan Berhenti, tentunya dengan menggunakan Doa Menolak Hujan, yang akan kita sampaikan selanjutnya.

Tapi sebagai kodrat manusia sebagai mahluk dan hamba Allah SWT, sepenting apapun menurut kita kondisi yang sedang kita laksanakan janganlah sampai kita mencela hujan, walaupun tidak dengan berkata secara langsung tapi tetap dimasukan dalam kategori mengumpat. Misal: kok malah hujan sih?!!.. atau Sial!.. malah hujan. Karena didalam islam kita dilarang melakukan hal tersebut seperti hadist dibawah ini:

Dalam sebuah hadits qudsi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.”( HR. Bukhari no. 4826 dan Muslim no. 2246).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,”Janganlah kamu mencaci maki angin.”(HR. Tirmidzi no. 2252).

Adabnya meskipun didalam hati kita berharap turunnya hujan berhenti, tetaplah didalam hati kita dengan ridho menerima turunnya hujan tersebut. Mohonlah ampun kepada Allah lalu ber Doa Agar Hujan Berhenti, dengan membaca Doa Menolak Hujan.

Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan

Pada prakteknya Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan adalah seperti memindahkan lokasi hujan, dari tempat yang kita harapkan tidak turun hujan, menuju ke tempat lain hanya untuk sementara selama proses hajatan dan perayaan. Namun hakikatnya kita sebagai manusia hanya diwajibkan berusaha, dan Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan adalah sebagai salah satu bentuk dari sarana usaha dan doa kita. Segala hasil dan ijabah doa hak verogratifnya Allah SWT, tugas kita hanya yakin pada Allah atas sebagai sang maha pengabul doa, sebagaimana Allah sampaikan dengan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 186 Sbb:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Semoga paparan diatas bisa lebih menambah keyakin kita sebelum ber Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan. Semoga hasilnya bisa lebih mustajab lagi, hujan bisa pindah ke lokasi atau daerah lain dan mereda.

Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Bacaan Arab:
Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, Allahumma ‘alal aakaami wadz dzirabi wa buthunil adwiyati wa manabitis syajari

Artinya:
Ya Allah, Hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya, Allah, Berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Doa menolak hujan ini artinya berdoa agar hujan berhenti memang sangat menurut banyak cerita sangat mustajab, tetapi janganlah digunakan untuk hal yang sipatnya tidak mendesak, atau hanya main-main saja. Sebab akibatnya sangat fatal, karena mungkin disaat yang bersamaan banyak mahluk Allah yang lain sangat membutuhkan air hujan yang turun tersebut, jika kita hentikan dengan wasilah Doa Agar Hujan Berhenti dengan Doa Menolak Hujan. Maka, kitalah yang akan bertanggung jawab, namun jika memang kondisi kita sangan mendesak dan penting semoga Allah SWT mengampuni dosa yang kita lakukan.

Hadist dibawah ini menjelaskan juga boleh ber Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan, jika hujan yang sangat lama bisa mengakibatkan dampak buruk kepada lingkungan, misal banjir dan tanah longsor.
وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى الدُّعَاءِ لِإِمْسَاكِ ضَرَرِ الْمَطَرِ. كَمَا اُسْتُحِبَّ الدُّعَاءُ لِنُزُولِهِ عِنْدَ انْقِطَاعِهِ. فَإِنَّ الْكُلَّ مُضِرٌّ

Hadis ini merupakan dalil doa memohon dihentikan dampak buruk hujan, sebagaimana dianjurkan untuk berdoa agar turun hujan, ketika lama tidak turun. Karena semuanya membahayakan (baik lama tidak hujan atau hujan yang sangat lama.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Agar Hujan Berhenti, dengan Doa Menolak Hujan "

Posting Komentar