10 golongan teman musuh Setan - Zainudin mz

ceramah kh zainuddin mz

Ceramah KH Zainudin MZ

Perjalanan Doa - Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahirobbil alamin wabihi mujahidina Tohirin, saudara-saudara kaum muslimin rohimakumullah, pada pertemuan terdahulu kita sudah membicarakan orang-orang yang menjadi teman-teman setan dalam kehidupan di dunia ini, maka pada pertemuan kali ini kita akan membicarakan tentang siapa yang menjadi musuh musuh setan di dalam kehidupan. Dengan satu catatan Berbahagia lah mereka yang menjadi musuh musuh setan, tetapi Celakalah mereka yang menjadi teman-teman setan, Bagaimanapun juga di dalam kehidupan ini apabila orang telah memproklamirkan bendera permusuhan kepada kita, maka kita tentu seharusnya bersikap waspada dan mawas diri.

Ceramah Zainudin MZ - Demikian juga iblis dan seluruh bala tentaranya yang terdiri dari pada setan-setan mereka telah mengibarkan bendera permusuhan kepada Nabi Adam dan anak cucunya, kepada kita umat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan sengsara dan celaka, jika kepada iblis dan setan yang telah nyata-nyata mengibarkan bendera permusuhan itu, kita mengadakan toleransi mengadakan kerjasama dan menjadi budaknya yang memperturutkan kemauan daripada iblis dan setan.

Siapa yang menjadi musuh-musuh setan dalam kehidupan ini?. inilah pertanyaan berikutnya yang diajukan oleh baginda Rasul kepada iblis-iblis. Teman-temanmu adalah seperti yang telah engkau jelaskan sekarang, cobalah beritahu saya!. Siapa diantara umatku yang menjadi musuhmu dalam kehidupan ini?. Atas pertanyaan ini iblis Laknatullah menjawab. Ya Rasul musuh-musuhku diantara umatmu pertama Anta ya Muhammad, Musuh ku yang pertama adalah engkau wahai Muhammad. Kenapa Iblis mencatat Nabi Muhammad sebagai tokoh nomor satu dalam deretan musuh-musuhnya!.

Mudah dipahami pertama keberadaan Rasul merupakan rahmat Lil alamin, Rahmah bagi lingkungan, yang kedua beliau berfungsi menyelamatkan manusia dari tempat yang gelap gulita, dari tempat kesesatan menuju tempat yang terang benderang penuh berisi petunjuk dan hidayah dari Allah subhanahu wa ta'ala. Maka menurut iblis inilah manusia peringkat pertama atas segala daya dan usahanya menggelincirkan manusia ke jalan yang dimurkai oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Kalau kita baca sejarah risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad ini memang merupakan risalah yang membawa rahmat bagi alam sekitarnya, ada sedikit perbedaan dengan risalah-risalah sebelum beliau, sepertinya risalah yang dibawa oleh para rasul terdahulu itu mempunyai efek yang langsung pada kehidupan di dunia ini. Nabi Nuh misalnya menyampaikan agama, umatku ini agama, umat menentang turun banjir. Yang menenggelamkan orang-orang kafir azab diturunkan pada waktu itu juga pada saat nabi nya masih hidup, jadi azabnya itu jenis cash, kontan!. Nabi Shaleh. Hai umatku ini agama Mereka menolak turun gempa bumi yang amat hebat menggulung orang-orang kufur. Nabi Musa, hai umatku ini agama Mereka menolak sebagian ditenggelamkan di lautan merah sementara sebagian lain dikutuk menjadi monyet monyet yang hina seperti diceritakan dalam Alquran Nul-Karim.

Lain dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bagaimanapun kurang Yang dihadapi oleh Beliau bagaimanapun menentangnya jamaah yang dihadapi oleh Beliau, azab tidak turun sepanjang beliau masih hidup dari Allah. Allahu Allahu Mutaffifin, Allah sama sekali tidak akan menurunkan azab Selama Engkau wahai Muhammad masih hidup di tengah-tengah umat mu.

Jadi keberadaan Nabi Muhammad merupakan jaminan keselamatan bagi umatnya selama beliau masih hidup, azab tidak turun bagaimanapun kurang ajar nya umat di sini. sedikit bedanya dengan nabi-nabi terdahulu juga perbedaan dalam pola dakwah Nabi Nuh ketika dakwahnya ditolak oleh umat keluar doanya, meminta umatnya ditenggelamkan tetapi nabi kita ketika di Lontar batu oleh umat, malah beliau mendoakan umatnya agar memperoleh Hidayah.

Oleh sikap yang semacam ini wajar lalu iblis menganggap Nabi Muhammad sebagai musuh rangking pertama, yang kedua siapa musuhmu diantara umatku?. Yang kedua kata iblis Musuh ku Muhammad Imam-Munadi pemimpin yang adil itu yang akan menjadi musuhku di dunia ini. Putus asa iblis menghadapi pemimpin yang adi, tipu dayanya tidak terkena, segala tingkah polahnya tidak diperturutkan, imam yang adil pemimpin yang adil merupakan musuh daripada iblis Laknatullah alaih.

Apa sebabnya karena pemimpin yang adil mempunyai dampak dalam kehidupan di dunia ini, melindungi orang banyak menentramkan orang banyak, makin aman tentram tenang situasi dan kondisi, makin mudah orang melaksanakan ibadah makin tekun orang melaksanakan ibadah, semakin dekat dia dengan Allah, makin dekat manusia dengan Allah, semakin jauh dia dari iblis.

Sebab dua hal ini selalu kontradiktif jika kita jauh dari Allah, tentu dekat dengan iblis, jika kita jauh dari iblis, harus dekat dengan Allah, dan begitu selanjutnya. Dalam kaitannya dengan kehidupan kita sekarang, di sinilah perlunya mempersiapkan manusia membangun manusia itu jauh lebih sulit daripada membangun jembatan, membangun manusia itu lebih sulit daripada membangun gedung gedung bertingkat, termasuk membangun dan mempersiapkan calon-calon pemimpin yang adil di masa yang akan datang, membangun jembatan penting, tapi lebih penting daripada membangun jembatan adalah membangun manusia yang bikin jembatan.

sebab kalau manusia yang bikin jembatan tidak di bangun lebih dahulu, Saya khawatir jembatan nanti habis dimakan oleh Yang bangun Jembatan. Mengaspal jalan raya penting, lebih penting dari mengaspal jalan raya, adalah membangun manusia yang mengaspal jalan. Sebabkan manusia yang mengaspal jalan bermental rusak dan bejat, saya khawatir jalan belum selesai, aspalnya habis dimakan oleh yang ngaspal.

Inilah pentingnya membangun manusia, pembangunan semua tugas-tugas besar, semua pekerjaan pekerjaan yang baik, harus berangkat dari niat yang baik. Berangkat dari hati yang bersih, siapapun adanya kita, apapun profesi kita, yang jadi Kyai Marilah berangkat dari niat yang bersih, yang jadi mubaligh Marilah berangkat dari niat yang bersih, niatnya itu mau menghidupkan Islam, atau mau cari hidup jual Islam. Kalau mau menghidupkan Islam Mari sama-sama kita berjuang. Tapi kalau mau cari hidup untuk dengan menjual Islam, menggelar saja daripada nanti bikin malu Yang mengurus masjid.

Mari berangkat dari niat yang bersih, ngurus Masjid itu niatnya mau menghidupkan masjid, atau mau cari hidup di dalam masjid, kalau mau menghidupkan masjid mari!!, tapi kalau mau mencari hidup di dalam masjid, tolong minggir saja!!. daripada nanti bikin aib. yang jadi orang alim, mari perang yang bersih jangan memperjualbelikan fatwa, yang halal dikatakan haram, yang haram jadi samar-samar, nanti membingungkan umat. Berangkat dari niat yang bersih Membangun manusia pembangunan, ini barangkali istilah yang lebih kena. Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, setiap kita pada hakekatnya punya bakat secara Fitrah yang kita bawa, bakat apapun kita ini punya, saudara punya bakat jadi pemimpin, saudara pun punya bakat jadi penghianat, saudara punya bakat jadi orang soleh, saudara juga punya bakat jadi orang salah, saudara punya bakat jadi orang besar, saudara pun punya bakat jadi orang hina.

Ceramah KH Zainudin MZ - Seluruh bakat ada di dalam diri kita, tinggal nanti pertumbuhannya mana yang lebih subur, saudara punya sifat berani, saudara pun punya sifat takut, seberani-beraninya orang mesti ada sifat Takutnya, nanti mana yang tumbuh lebih subur?. Kalo takutnya tumbuh lebih subur dia akan jadi orang penakut, kalau berani nya yang tumbuh lebih subur di pupuk oleh lingkungan pendidikan dan sebagainya, dia akan tumbuh jadi orang pemberani. Oleh karena itu agama merupakan lingkungan yang subur untuk menumbuhkan benih-benih yang baik, yang kita bawa bersamaan dengan lahirnya kita ke alam dunia ini, setiap kita, saya, saudara, punya bakat jadi pemimpin, punya bakat jadi penghianat, punya bakat jadi koruptor, punya bakat jadi pemelihara, punya bakat jadi perusak.

Tinggal nanti lingkungan pendidikan yang menumbuhkan mana yang tumbuh lebih subur, kalau lingkungan saudara lingkungan maling, maka sifat penghianat akan tumbuh lebih subur, kalau nanti sudah jadi pemimpin, Insyaallah korupsi. Sifat-sifat berbuat tanpa pamrih kalah korupsi, itu yang dibentuk oleh Lingkungan, pendidikan, pengalaman dan sebagainya.

Oleh karena itu secara Dini agama menanamkan menyuburkan Fitrah-Fitrah yang baik, yang kita bawa bersamaan dengan hadirnya kita dalam kehidupan ini. Sebagaiman seorang penyair bernama Syauqi mengatakan dalam sebait syair nya "waladatka ummuka" yang benar dan berpakaian. warna suhaila kayak hakuna suruh. Hai manusia pada saat kamu dilahirkan kamu menangis dan orang lain di sekelilingmu ketawa, kakek senyum dapat cucu baru, Paman gembira dapat keponakan baru, sementara kita yang lahir menangis, betul Apa bener?. apa ada saudara yang begitu dilahirkan terus tertawa?. Setiap kamu hanya manusia lahir dalam keadaan menangis orang sekelilingmu tertawa dan tertawa, baik manusia tapi nanti pada suatu saat harus terjadi kebalikannya.

Kalau di kalau saya lahir saya menangis dan kau semua senyum, Nantilah manusia kalau suatu saat saya meninggalkan alam dunia ini saya akan berangkat dengan senyum, dan kalian semua akan berurai air mata, kalau perlu dari Sabang sampai Merauke kibar Bendera Setengah Tiang. Kalau perlu jangan terbalik kita mati melotot, orang malah gembira, karena hidup selalu membawa sifat-sifat yang merusak, inilah orang kedua yang menjadi musuhnya iblis, dan beruntung menjadi Musuh Iblis, siapa yg memimpin iblis, orang rendah hati, orang kaya yang tidak sombong, kaya apa saja, baik kaya oleh karena ilmu, orang yang kaya karena ilmu disebut Orang alim, baik kaya karena materi, orang kaya karena materi dinamakan Hartawan.

Baik kaya karena kedudukan, orang yang kaya karena kedudukan dinamakan pejabat. Orang kaya yang rendah hati itu musuh iblis beruntung, dia menjadi Musuh Iblis-Iblis tidak sombong, kalau ada orang kaya sombong-sombong. Masya Allah orang kaya sombong, walaupun iblis senang, orang masih bilang pantes aja Dia sombong, kaya!. apaan aja punya, Udah miskin sombong, kira-kira apa yang di sombongin. apapun bentuknya sombong ini Allah tidak senang.

ceramah zainudin mz - Pada postingan sebelumnya yaitu : 10 MUSUH SETAN - BAGIAN 1  kita menyampaikan siapa saja orang-orang yang masuk dalam kategori musuh-musuh setan atau iblis. Pada postingan kali kita akan kembali menyampaikan catatan dari kutipan dari  Ceramah KH Zainudin MZ - 10 Musuh Setan Bagian 2. Selamat Membaca

10 GOLONGAN MUSUH SETAN


Ceramah KH Zainudin MZ - Kalau ada orang miskin sombong, Masya Allah. Orang kaya sombong walaupun iblis seneng, orang masih bilang pantes aja Dia sombong, kaya. Apaan aja punya. Udah miskin sombong, kira-kira apa yang mau di sombongin. Segala bentuknya sombong ini Allah tidak senang.

Pertama yang terjadi dalam sejarah, ketika ditanya, kenapa kau tidak mau sujud iblis?. Adam dari tanah, "I am the best" saya lenih baik daripada adam!, kata iblis. Saya sudah lama. kamu sombong iblis, ini bukan tempat orang sombong, keluarga kesombongan pertama adalah kesombongan yang dilakukan oleh iblis, dan dia tanamkan itu kepada kita, supaya jadi orang sombong. Karena itu sombong ilmu Allah nggak seneng, tapi iblis senang, mentang-mentang ada ilmunya, satu-satunya Ustad. kaum muslimin dicintai Allah, dicintai Rasul, dicintai malaikat.

Caranya bagaimana kembali kepada satu kesadaran, bahwa pada saat terlahir ke alam dunia ini tidak ada yang pernah kita bawa seperti sekarang, kita punya rumah, punya Kebon, punya kendaraan, punya pabrik, punya segala macam benda, apa itu?. titipan!. Pada suatu saat akan diambil kembali oleh yang menitip nya. Kalau titipan itu pandai kita jaga, pandai kita syukuri, titipan akan makin banyak, sama juga kita dalam kehidupan. Kalau orang bisa kita percaya, saya mau pergi ke luar negeri, rumah saya titip kepada tetangga, saya pulang dari luar negeri isi rumah tetap tidak berkurang, mana dibersihin, disapu, dihilangkan kotorannya.

Bukan main syukur, saya bilang, saya akan bertambah kepercayaan saya untuk menitipkan apa saja. Ini makna "lain syakartum laazidannakum walain kafartum Inna azabi lasyadid" kalau kamu pandai bersyukur aku tambah nikmat tapi kalau kamu ingkar azab ku teramat pedih.  Artinya apa?. nikmat bisa berubah menjadi azab, kalau kita tidak pandai mensyukurinya.

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah orang yang kaya ilmu, lalu rendah hati, tidak selalu ingin menonjolkan diri. Kadang-kadang yang tanggung Ini yang bikin berabe, Alim bener nggak, goblok bener juga nggak, yang sedikit-sedikit menonjol in diri, kalau nggak jadi imam gak mau ke masjid, nggak jadi imam nggak mau ke mushola, pokoknya kalau nggak jadi imam marahan, pindah mushola, bagaiman mana saudara-saudara kaum muslimin rendah hati, tidak selalu ingin menonjolkan, sebab orang yang selalu ingin menonjolkan dirinya, biasanya orang yang kekurangan kepercayaan kepada kemampuan dirinya sendiri. Dia selalu ingin di nomor Satukan, dia selalu ingin ditempatkan pada rengking teratas, tidak percaya diri, orang percaya diri dapat bersikap wajar dalam kehidupan, bahwa harta bagaimanapun banyaknya titipan dari Allah.

Pada suatu saat akan kembali dia harus dimanfaatkan sesuai dengan kehendak Yang menitip ya, karena pangkat, kedudukan, dan jabatan, pada suatu saat Jabatan itu akan hilang dari diri kita, karenanya sering saya jelaskan bahwa pangkat di dunia ini yang paling tinggi adalah pensiun, titel yang paling akhir almarhum!. Saudara setuju atau tidak?. titel itu akan hilang sudah dapat bagaimanapun kita cinta kepada pangkat kedudukan. Pada akhirnya akan sampai kepada posisi yang namanya pensiun, tidak lalu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan, tapi dibatasi oleh norma dan kaidah yang harus di taati dengan baik. Baik kaedah agama maupun, kaedah bernegara. inilah orang ketiga yang menjadi musuhnya iblis, orang kaya yang rendah hati, orang kaya yang tidak sombong, ya Saudara "de jironu Sodiq" pedagang pengusaha yang jujur, iblis gedeg betul.

Benci bukan main sama pengusaha, sama pedagang yang jujur, yang tidak mengurangi timbangan, tidak nipu pembeli, tidak barang yang jelek dibilang bagus, apa yang bagus di atas yang jelek di bawah atau dicampur. Yang baik dengan yang jelek supaya kelihatan semuanya jadi baik, semua orang ingin untung, tidak ada kecuali siapapun orangnya, dan itu wajar.

Setiap manusia ingin mendapat keuntungan, kalau perlu dengan modal minimal, mencapai keuntungan maksimal, seperti yang diajarkan oleh teori ekonomi, itu kan yang namanya produktif. kan satu usaha dinamakan produktif, bagaimana kita mengeluarkan modal minimal bisa mencapai keuntungan maksimal, bahwa manusia ingin untung itu insting naluri.

Membedakan antara seorang muslim dengan yang bukan muslim, sudah pernah saya sampaikan. Apabila kaum pengusaha para pedagang sudah dijangkiti penyakit yang tidak jujur, yang akan timbul adalah kekacauan ekonomi, kekacauan ekonomi bisa menimbulkan revolusi sosial, dan revolusi sosial merupakan kiamat satu generasi.

Semua kericuhan hampir bermuara dari perut, dan ekonomi, orang nodong dikarenakan perut lapar, orang korupsi karena urusan perut. walaupun korupsi kalau sudah kelas kakap tidak lagi sekedar urusan perut, perut siapa yang di urusin kalau korupsinya milyaran Itu perut Jin namanya barangkali.

Ceramah KH Zainudin MZ - Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, Oleh karena itu pedagang yang jujur, pengusaha yang jujur ini merupakan musuh iblis, iblis tidak senang kalau ada pengusaha yang jujur, ada orang bilang, ah.. sekarang mah nggak makan apa-apa dong kita, sebab katanya jangan lagi nyari yang halal, sekarang yang haram saja susah, rupanya-rupanya sering masang undian nggak pernah kena, lalu bilang jangan yang halal yang haram aja nggak kena-kena.

Sebenarnya bukan itu masalahnya, saudara-saudara bukan itu masalahnya. Masalahnya ialah bahwa kejujuran membawa keberkahan, ini kalau kita berpikir dengan kacamata agama, keberkahan merupakan sumber ketenangan, dan ketenangan ini tidak bisa dibeli dengan materi yang bagaimanapun banyaknya, walaupun kita punya percetakan duit, ketenangan itu nggak bisa dibeli.

Jangankan cuma punya duit banyak, percetakan duit saudara punya, mau membeli ketenangan yang berasal dari keberkahan sulit. Jadi kejujuran membawa keberkahan, keberkahan membawa ketenangan, Jangan macam dulu, tukang sol sepatu ditanya oleh temannya, Bang sol sepatu satu hari dapat berapa duit?. Rp200. cuma ya nggak cukup. kata temennya sembahyang deh kali aja besok dapet rezeki lebih banyak, yang bener?. iya kalau orang sholat itu Allah dekat nanti rezekinya ditambah. bener-bener subuh sembahyang. Sembahyang, sarapan, berangkat ke tempat dia ngesol, mangkal dari pagi sampai jam 11.00 belum ada juga yang datang.

KEJUJURAN MEMBAWA KEBERKAHAN



Besok mulai bimbang hatinya, Sembahyang subuh hari enggak ya hari ini?, sampai hampir mau pulang, hampir maghrib baru datang satu orang dandanin sendal jepit putus, sudah bayar Rp25. Pulang dia si tukang sol ini, ketemu sama temennya yang nyuruh sholat, di ditanya, Bagaimana penghasilan ini hari?. apa dia jawab. saya kemarin gak sembahyang dapat Rp200 , sekarang begitu sembahyang Jigo, dia tidak sadar bahwa dengan cara pandang dari kacamata agama, Rp25 yang membawa berkah, jauh lebih baik ketimbang 200 Uang panas.

Dari kacamata agama Rp25 yang membawa berkah lebih baik daripada Rp200 tapi panas, sebab uang panas menjauhkan kita dari ketenangan, Itulah sebabnya maka pedagang yang jujur, pengusaha yang jujur, menjadi musuh setan dan beruntung. makanya yang nyogok dan orang yang disogok, dua-duanya masuk neraka.

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, jadi pedagang yang jujur, pengusaha yang jujur, merupakan salah satu roda perekonomian, kegoncangan ekonomi akan menimbulkan dampak sosial yang sangat luas dan kompleks. Yang pada giliran puncaknya, dampak paling negatifnya, dia sanggup menggerakkan terjadinya Revolusi sosial. Bukankah sebagian besar gerak hidup manusia dimotivasi oleh keinginan untuk mempertahankan kelangsungan hidup, dan kelangsungan hidup, artinya mulut pengusaha yang jujur, mutlak diperlukan dalam kehidupan ini.

Sebab sekali lagi kejujuran akan membawa keberkahan, keberkahan memberikan ketenangan dalam kehidupan, oleh karenanya kita umat Islam, biarin duit kita banyak asal berkah, itu tentu idealnya, ketimbang dikit tidak berkah, lebih baik ya banyak ya berkah, dan keberkahan itu datang lewat kejujuran, kejujuran ini sudah dicontohkan oleh Rasul, pada saat beliau Berniaga ke negeri Syam, dikala berumur 9 tahun bahkan dikala berumur 25 tahun seketika membawa dagangan sayyidatuna Khadijah yang kelak jadi istri beliau.

ceramahkhzainudinmzalm.blogspot.co.id - Pada postingan sebelumnya yaitu : 10 MUSUH SETAN - BAGIAN 2  kita menyampaikan siapa saja orang-orang yang masuk dalam kategori musuh-musuh setan atau iblis. Pada postingan kali kita akan kembali menyampaikan catatan dari kutipan dari  Ceramah KH Zainudin MZ - 10 Musuh Setan Bagian 3. Selamat Membaca.

Ceramah KH Zainudin MZ - Saudara-saudara..

Kita maklum bahwa shalat merupakan sarana yang paling efektif untuk mendekatkan manusia kepada Allah, semakin dekat manusia dengan Allah, semakin tidak senang iblis dan setan. karena itu segala macam cara mereka berusaha mengaduk-ngaduk sholat kita, dan sesungguhnya jikalau kita mengerjakan sholat itu kan targetnya cuma 2:

1.    Agar shalat kita itu sah
2.    Agar shalat kita itu qobul yakni diterima oleh Allah.

Kalau soal sah dan tidak ukurannya gampang, saya kalau ditanya orang, Pak sholat saya sah atau tidak?. Saya bisa jawab saudara sholatnya syarat rukunnya cukup apa tidak? "cukup" berarti sah, itu kalau perkara sah, tapi kalau sudah perkara qobul, sholat saya diterima atau tidak oleh Allah?. ini saya tidak bisa jawab, kenapa soal qobul mencakup masalah batin, cuma ukuran logikanya kalau syarat rukun cukup, Insya Allah qobul.

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, oleh karenanya pada saat kita sholat iblis, setan datang dari segala macam penjuru supaya kita kehilangan rasa kusuk, apalagi kalau kita jadi imam yang gerak kita, bacaan kita dilihat didengar disaksikan oleh orang banyak, digoda nya gerakan kita di bolak-balik nya hati kita, supaya di dalam sholat itu banyak yang kita ingat, hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan sholat, kadang-kadang belum sholat kita ribut nyari pulpen nggak ketemu, begitu takbir ingat Pulpen di atas lemari.

Kadang-kadang kalau hati tidak bisa dipermainkan, iblis berbisik lagi. Gerakan kita dalam shalat tidak mencerminkan kekhusuan, kalau gerak juga ternyata masih bisa khusuk, bacaan kita dibuatnya kita seperti dikejar-kejar waktu, sholat Isya misalnya dengan cara kilat khusus, super singkat, Imam coba di goda iblis lagi, karena mengimami orang banyak dicari yang panjang-panjang, kalau sendirian cukup Inna a'toina kalkausar sama kulhuallahuahad.

Ceramah KH Zainudin MZ - Saudara-saudara..

kayaknya paseh bukan main, kalau Imam bahasanya di paseh-pasehin Hin kayak orang 16 tahun di Mekkah. Untuk mendekatkan diri dengan Allah, maka orang yang khusyuk dalam shalatnya merupakan musuh utama daripada iblis. Sekarang bagaimana cara memberikan satu tes. Tes saya ya rasul, kata rasul: kalau kau bisa shalat 2 rakaat saja dengan khusuk aku kasih hadiah sorban, baik ya rasul. Sembahyang Imam Ali dua rakaat selesai sholat Assalamualaikum, Wassalamualaikum. Rasul bertanya, Yang mana sorban jadi kau pilih?. Imam Ali menjawab. "yang ijo ya rasul" setelah menjawab yang ijo, Rasul berkata "kamu tidak khusyuk Ali", "Kenapa Soalnya tadi waktu sembahyang mikirin nanti kalau ditawarin sorban pilih yang ijo aja ah"

Paling sederhana sudah sampai ke tingkat khusuk, asal pada waktu takbirotulihrom Ingat kepada Allah, tapi jangan lupa itu Tangga pertama, jangan Ada fatwa begini lalu Aman yang penting kan takbirnya ingat Tuhan, bila sononya mau ke mana kek, bukan itu!. itu pada tingkatan pertama sudah sah dipandang khusyuk, sholatnya orang awam, asal pada waktu Takbiratul Ihram dia ingat kepada Allah, tetapi harus terus berusaha agar sepanjang sholat di Ingat kepada Allah, caranya bagaimana?

  • Pertama menanamkan diri bahwa pada saat kita sedang mengerjakan salat yang lain tidak ada, kecuali Allah yang
  • Kedua berusaha memahami apa yang kita baca.

Badan takbir, badan ruku, tapi hati ada di pasar, hati di kantor, hati di pabrik. Karena yang kita ucapkan tidak berakar di hati, yang kita baca kita nggak tahu artinya, sangat boleh jadi hati lalu mengembara ke mana-mana, jadi untuk menopang kekhusuan ini cara yang paling efektif, pertama tidak ada yang lain pada waktu kita sholat kecuali Allah, yang kedua berusaha memahami apa yang kita baca.

Dikala kita sujud, dikala kita duduk diantara dua sujud, "rabbighfirli" Ya Allah ampuni dosa saya, "warhamni" kasihani saya, dan selanjutnya mulut membaca hati mengikuti, dengan mengikuti hati tidak terlalu mengembara, ada tempat dia kembali.

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, itu yang kelima yang keenam yang menjadi Musuh Iblis adalah Orang mukmin yang suka memberikan nasehat, orang mukmin yang suka memberikan petunjuk, termasuk jurus-jurus dakwah para mubaligh, itu merupakan musuh utama iblis. Kenapa?. Tiap hari iblis kampanye, tiap hari iblis mengajak dengan segala macam cara, yang kalau perlu dia berikan kamuflase, dia berikan fatamorgana, kalau perlu yang haram dibungkus dengan merk halal, kalau perlu kejahatan dia bungkus dengan baju kebajikan.

Istilahnya racun diberi merk madu, dan itu wajar, cuma kita tentu harus punya filter, daya saring positif, agar tidak salah pilih, karena iblisnya pinter betul, kalau kita khusuk dalam sholat, dia tanamkan kepada kita, misalnya saat berjalan, situ sholat hebat kusuk. di kampung ini tidak ada orang yang sholatnya seperti kamu, itu dalam hati kita timbul ujub, akhirnya, Iya aku lihat dia di kampung ini kagak ada yang sholatnya kayak saya, udah masuk iblis, kecenderungan manusia.

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah. Termasuk juru-juru dakwah, para mubaligh, orang yang suka memberikan nasehat ini mereka memberikan filter kepada umat, kepada jamaah. Jangan sampai salah pilih dan iblis menyesatkan kita, supaya kita salah pilih, contoh ringan!. Kalau di depan saudara ada 2 buah gelas, yang segelas isinya jamu, yang segelas sirup, kira-kira yang saudara minum yang mana?. Kreativitas timbul, semangat menghadapi kehidupan tumbuh, orang-orang yang ber pandangan jauh kedepan, pandangannya panjang kemana-mana. Tidak cuma ke dunia ini, sampai juga dia memandang ke alam barzah, ke akhirat.

Sholat itu Jamu pahit, ngaji hadir di majelis taklim itu Jamu pahit, jamu pahit. Mengeluarkan uang untuk kepentingan orang lain itu jamu, pahit!. Enak aja minta sumbangan datang-datang minta gampang banget, saya yang nyari uang susah-susah, peras keringat, banting-tulang.

Alhamdulillah..
Sekian dulu Ceramah KH Zainudin MZ - Tentang 10 MUSUH SETAN Bagian 3.
Print Friendly and PDF

0 Response to "10 golongan teman musuh Setan - Zainudin mz"

Posting Komentar