Tips Jitu Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Tips Jitu Mendapatkan Malam Lailatul Qadar


Perjalanan Doa - Umumnya pada saat sekarang ini justru yang kita banyak alami, ataupun banyak kita saksikan ketika disaat 10 malam terakhir bulan ramadhan, bukannya menghidupkannya dengan memenuhi tempat ibadah, seperti mesjid dan mushola, untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, justru masjid serta mushola sudah mulai sepi.

malam lailatul qadar


Di 10 malam terakhir bulan ramadhan, bukannya bersungguh-sungguh dengan melakukan ibadah dan amalan-amalan kebaikan melebihi waktu lainnya, untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar seperti yang di anjurkan dan di contohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh .” [HR. Bukhari & Muslim], Sebagaimana yang istri beliau Ummul Mu’minin Aisyah RA pernah katakan :

كَانَالنَّبِىُّ – صلىاللهعليهوسلم – إِذَادَخَلَالْعَشْرُشَدَّمِئْزَرَهُ،وَأَحْيَالَيْلَهُ،وَأَيْقَظَأَهْلَهُ

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” [HR. Bukhari & Muslim]

Jadi kalau memang kita benar-benar ingin bertemu dan mendapatkan malam lailatur qadar, sudah ada kok caranya sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, jadi tidak usah bingung-bingung, atau sibuk sana-sana bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk mendapatkan lailatul qadar.

Tapi untuk memang buat yang awam mungkin dan butuh panduan untuk bisa mendapatkan malam 1000 bulan ini, atau malam lailatul qadar ini, dibawah ini bolehlah bisa menjadi panduan untuk bisa dilakukan guna untuk mendapatkan lailatul qadar sebagai berikut:

Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Satu) Meluruskan Niat Hanya Ingin Ridha Allah SWT

Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar langkah satu ini merupakan pondasi yang paling utama yang harus kita lakukan, yakni meluruskan niat hanya mengharapkan keridhoan dari Allah SWT. Karena didunia ini sebagai muslim yang baik, apapaun yang kita dapatkan tanpa keridhoan dari Allah SWT semuanya tidak ada artinya.

Sebagaimana yang digambarkan didalam hadist dibawah ini:
”Barang siapa melaksanakan ibadah pada malam Lailatul Qadar dengan didasari keimanan dan harapan untuk mendapatkan keridhaan Allah, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.” [HR Bukhari Muslim]


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Dua)  Bermujahadah Dalam Ibadah


Untuk mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar adalah dengan bermujahadah dalam ibadah kepada Allah SWT. ”Sungguh, Rasul tercinta pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, lebih bermujahadah melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.”[(HR Muslim].

Bermujahadah disini seperti berpuasa dengan tanpa melakukan maksiat, membaca Alquran dengan pemahaman dan penghayatan dan menunaikan shalat tarawih.
Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Tiga)  Melaksanakan Syariat Allah SWT

Malam penuh berkah bisa didapatkan dengan melaksanakan kewajiban yang telah disyariatkan oleh Allah SWT, seperti zakat maal bagi hartawan dan jika wanita maka taatlah dengan memakai jlibab/menutup aurat.


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Empat)  Iktikaf di Masjid


Beriktikaf di masjid juga merupakan cara mendapatkan malam penuh berkah. Abu Said menceritakan tentang iktikaf Rasulullah di masjid yang ketika itu berlantaikan tanah dan tergenang air.

“Aku melihat pada kening Rasulullah ada bekas lumpur pada pagi hari Ramadhan.” [HR Muslim]
Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Lima)  Khusyuk Dalam Beribadah

Saat melakukan ibadah hendaknya dilakukan dengan khusyuk , tidak banyak ngobrol dan tidur. Kita hendaknya memburai air mata memohon ampunan atas dosa yang sangat banyak kepada Allah serta rindu perjumpaan dengan-Nya.


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Enam)  Berazam dan Bersumpah Untuk Taubat Nashuha


Dengan mengakui banyaknya dosa yang kita lakukan selama hidup ini, maka kita hendaknya berazam dan bersumpah untuk bertaubat nashuha, tidak kembali mengulangi maksiat dan tidak akan menzalimi dan menyakiti siapapun lagi.


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Tujuh)  Meminta Maaf


Wajib meminta maaf kepada siapa pun termasuk kepada keluarga atau sahabat yang pernah kita sakiti. Karena jika tidak, akan menjadi hijab (penghalang) bagi doa dan ibadahnya.


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Delapan)  Tidak Menyia-nyiakan Waktu


Waktu yang kita punya selanjutnya jangan sampai terbuang sia-sia kecuali dengan banyak berdzikir, beristighfar, bershalawat, menjaga wudhu dan senang dalam bersedekah.


Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Sembilan)  Berdoa dengan Sungguh-sungguh


Berdoa dengan sungguh-sungguh, yakin penuh harap bahwa Allah Allah akan mengampuni dosa kita dan mengabulkan doa yang kita panjatkan.

“Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.” [HR Tirmidzi]

Perjalanan Doa - Alhamdulillah, demikian posting tentang Tips Untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar (Langkah Satu sampai sembian), semoga kita semuanya dimampukan oleh Allah SWT untuk bisa melakukannya, sehingga akhirnya ditakdirkan bertemu dengan malam yang kita idam-idamkan yakni malam 1000 bulan, malam lailatul qadar, malam penuh dengan keberkahan. Aamiin
Print Friendly and PDF

0 Response to "Tips Jitu Mendapatkan Malam Lailatul Qadar"

Posting Komentar