Cara Membayar Puasa (Qodho Puasa) Ramadhan - USTAD ABDUL SOMAD

Perjalanan Doa - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah pada posting kali ini, bagaimana Ustad Abdul somad
menjawab pertanyaan, salah satu jama'ah, yang menanyakan bagaimana caranya membayar hutang Puasa Ramadhan (Qodho Puasa).



Disini dijawab dengan jelas oleh ustad Abdul Somad, cara bayar hutang puasa ramadhan dan beliau juga tidak hanya menyampaikan teori, tapi cara ini juga sudah beliau terapkan dikehidupan keluarganya.

Bagaimana Cara mengganti Puasa Ramadhan?

Pertanyaan: Saya dulu pernah meninggalkan Puasa Ramadhan, namun saya lupa berapa jumlah harinya, bagaimana cara untuk mengganti Puasa Ramdhan yang saya tinggalkan tersebut?

Jawaban: Pertama tetapkan dulu jumlah harinya, berapa hari anda meninggalkan Puasa Ramadhan, caranya akhir baliqh umur berapa ?(10 tahun), sekarang usia Anda berapa? (30 tahun), berarti anda meninggalkan puasa 20 tahun, kalau setiap tahunnya ada mengerjakan sedikit (misalnya 5 hari).

Berarti 5 hari dikali 20 tahun (5 x 20 = 100 hari), hutang puasanya berarti (30 x 20 tahun = 600 hari) , hutang puasa ramadhan yang harus diqodho berarti 600 hari, dikurang 100 hari (600 - 100 = 500 hari)

Berarti hutang puasa ramadhan yang harus di qodho, setelah dikurang mengerjakan puasa selama 5 hari ditiap bulan ramadhan sebanyak 500 hari.  Bagaimana cara mengqodho hutang puasa sebanyak 500 hari ini?

Caranya : puasalah selama 5 tahun secara berturut-turut, isnyaAllah saya sudah mempraktekan kepada keluarga saya, dan Alhamdulillah 5 tahun lunas. Rumus ini saya terapkan ke keluarga saya, yang banyak puasanya tertinggal.

Caranya puasalah pada hari Senin dan Kamis, jadi 8 hari dalam sebulan, dalam setahun jumlahnya 88 hari, InsyaAllah 5 tahun tambah sedikit lunas. Laksanakan mulai tahun sekarang 2018 insyaAllah 2022 lebih sedikit sudah lunas.

Bagaimana sebelum lunas malaikat Izrail datang, InsyaAllah Allah mengampuni, karena sudah ada niat untuk mengqodho puasa ramadhan yang ditinggalkan tersebut.

Cara niat puasa qodho ramadan adalah (Aku berniat puasa qodho besok hari) niatnya cukup untuk puasa qodho, tapi insyaAllah pahalanya dapat ketiga-tiganya, pahala puasa senin + kamis, pahala puasa qodho, dan kalau pas bulan rajab seperti sekarang, mendapat pahala puasa rajab pula. InsyaAllah.

Jangan meniatkan ketiga puasa tersebut tidak diperbolehkan, biar lebih tertib dan yakin buatlah catatan, dan setiap sudah melaksanakan silahkan coret.

Demikianlah Jawaban dari Ustad Abdul Somad, mengenai bagaimana caranya mengganti puasa ramadhan, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari jawan beliau, dan bila masih ada sisa hutang puasa tahun kemaren, segera bisa mengqodho puasa tersebut. Aamin
Print Friendly and PDF

0 Response to "Cara Membayar Puasa (Qodho Puasa) Ramadhan - USTAD ABDUL SOMAD"

Posting Komentar