3 (Tiga) Amalan Utama Dibulan Ramadan (Siyam-Qiyam-KHotmil-Quran)

Perjalanan Doa - Assalamu'alaikum Warahmatulaahi Wabarakatuh! Alhamdulillah pada postingan kali ini kita membahas: 3 (tiga) Amalan Utama Dibulan Ramadan (Siyam-Qiyam-KHotmil-Quran), yang sebenarnya isi dari materi ini kutipan dari Ceramah Ustad Abdul Somad, saat mengisi khutbah jum'at menyambut datangnya bulan suci ramadan. Selamat membaca!

tiga amalan dibulan ramadan

Terjadi perang besar penaklukan Spanyol, dipimpin oleh panglima besar yang bernama Tarik bin Ziyad, beliau  teriakan Allahu Akbar, Allahu Akbar, beliau sampaikan kepada seluruh pasukannya "Kalau kalian serang! kalin akan mati syahid, kalau kalian mundur, kalian akan mati konyol. Dan hasilnya berhasilah Spanyol ditaklukan. dan perang besar ini, dan kemenangan gemilang ini terjadi pada bulan Ramadan.

Dan kurang lebih 7 abad lamanya, peristiwa penaklukan inipun berlalu, dan kemenangn terbesar ini pula terjadi dibulan Ramadan.

Mesir mengabadikan kotan Asyir Ramadan, kota 10 ramadan. Kaum muslimin Mesir berhasil mengusir tentara Israel laknatullah Azma'ain, dari provinsi ismailiyyah. Kapan itu terjadi? pada bulan suci Ramadan.

Bagaimana dengan Republik Indonesia ini? gemah ripah loh jinawi, untaian jambrud khatulistiwa, tongkat dan batu jadi tanaman. negara tercinta Republik Indonesia apa punya kenangan dengan bulan Ramadan? 17 AGUSTUS 1945 itu terjadi di BULAN SUCI RAMADAN.

Mari kita ingatkan Anak kita, Cucu kita, Anak-anak ramaja kita, yang membacakan naskah proklamasi itu adalah orang-orang yang sedang berpuasa, ketika itu Presiden Sukarno sedang berpuasa, Bung Hatta sedang berpuasa, yang menaikan Sang Saka Merah Putih sedang berpuasa. SEMANGAT ORANG BERPUASA, DO'A ORANG-ORANG BERPUASA itulah yang menjadikan INDONESIA tercinta ini, bisa MENGENGGAM Kemerdekaan.

Kemerdekaan Negeri ini BERKAH RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA, dan ini tertulis didalam PEMBUKAAN Undang-undang Dasar 1945. Negeri ini ditegakkan atas nama ALLAHU AKBAR!!! Diteriakkan oleh orang yang sedang BERPUASA dibulan  Suci Ramadan. bukan orang yang tidur LELAP!! Makan penghiatan terbesar terhadap AJARAN ISLAM, ketika tidak mengakui ALLAH di Negeri yang di Perjuangkan ATAS NAMA ALLAH.


Amalan tidak kalah penting dibulan Suci Ramadan ini ada QIYAM (Solat Malam), setelah yang pertama tadi SIYAM/Puasa.


Diwaktu malam yang selama ini kita pulas tertidur lelap, dan dibulan ini bulan penuh kehormatan, bulan penuh barokah, dan penuh ampunan, "Barang siapa sholat malam di Bulan Ramadan, demi mengharap ampunan Allah, di ampunkan Allah dari dosa-dosanya yang telah lalu"

Mari kita isi malam-malam dibulan penuh berkah ini dengan Sholat Tarawih, Sholat Witir, Sholat Malam, kalau kita bisa mengikuti seperti Nabi Muhammad SAW, rokaat pertama bacaanya 2 Juz (4 lembar dari surat Al-Baqarah) Rokaat keduanya surat Al-Imran, dan ini terjadi pada masa Abu Bakar Siddiq.

Terus pada masa Umar Ibnu Khatab, diangkatlah Imam yang bernama Umar Bin Ka'ab lalau bacaan itu dipersingkat menjadi 1 Juz dalam satu malam, dengan jumlah tarawih 23 roka'at, jangan biarkan tiap malam ramadan berlalu tanpa makna, dengan mata terpejaam begitu panjang, kita isi dengan qiyam, tahhajud, ba'diah dan qobliyah, hajat dan lain sebagainya.


Amalan lainnya yang sangat penting kita dawamkan dibulan suci ramadan adalah karena bulan ramadan ini bulan diturunkan Al-Qur'an, maka mari kita baca Al-Qur'an, mari kita perbaiki bacaan Al-Qur'an kita, Negara kita ini negara melayu, melayu itu sangat identik dengan Al-Qur'an, Al-Qur'an itu Islam, Al-Qur'an itu pedoman hidup orang yang beriman.


Bacalah Al-Qur'an, karena Al-Qur'an akan datang pada hari kiamat nanti, memberikan syafaat kepada orang-orang yang membacanya, Imam Muhammad Bin Idris yang lebih populer dengan Nama Imam Syafi'i Rahimakumullah, yang meninggal pada tahun 204 H, Mengkhatamkan Al-Qur'an pada bulan ramadan sebanyak 60 kali khatam.

Yang mengaku mazhab Syafi'i jangan mengaku-ngaku fanatik saja, ikutilah amalan Imam Syafi'i menghatamkan Al-Qur'an 60 kali di sepanjang bulan ramadan, Imam Ahmad Bin Hambal amalannya sholat dari waktu Isya sampai dengan datangnya waktu Shubuh, lalu ditanya oleh Imam Syafi'i "Apa yang engkau lakukan wahai Ahmad Bin Hambal, melakukan shalat dari Isya sampai Shubuh?, jawab Imam Hambali "Aku mengkhatamkan Al-Qur'an didalam sholat tahajudku.

Alhamdulillah! sekali dulu untuk posting kali ini mengenai 3 (tiga) Amalan Utama Dibulan Ramadan (Siyam-Qiyam-KHotmil-Quran), semoga kita semua bisa mengambil hikmah apa yang disampaikan oleh Ustad Abdul Somad, sehingga dalam bulan suci ramadan kali ini, kita bisa memberikan amalan-amalan kita yang lebih maksimal. Aamiin
Print Friendly and PDF

0 Response to "3 (Tiga) Amalan Utama Dibulan Ramadan (Siyam-Qiyam-KHotmil-Quran)"

Posting Komentar