keistimewaan Puasa Sunah Rajab dan Niatnya - Tulisan Arab Latin

Perjalanan Doa - Bulan ini kita sudah masuk ke bulan Rajab, bagi segenap umat muslim dusunahkan untuk melaksanakan puasa rajab, karena diterangkan didalam sebuah hadits bahwa terdapat keutamaan didalam puasa rajab tersebut.


Bulan rajab ini termasuk bulan yang dimuliakan, sebagaimana riwayat menceritakan dimana disaat bulan rajab tiba Rasul SAW membaca doa seperti berikut artinya:

“Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab serta Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan” (Hadits Riwayat. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Adapun pada keterangan yang lain menyebutkan keutamaan puasa dibulan rajab ini sebagai berikut artinya:

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya". (HR. At-Tabrhani).Selain itu masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari puasa di bulan rajab. 

supaya lebih mantab lagi bagi yang ingin melaksanakan puasa sunah rajab ini, admin tambahkan lagi keterangan hadits yang mengajurkan puasa pada bulan rajab ini sebagai berikut:

Hadits dari Nabi Muhammad SAW yang Diriwayatkan dari Mujibah. “Puasalah pada bulan-bulan haram” (Riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam riyawat lain juga bisa tambah menguatkan: 

Hadis lain yang mnejelaskan puasa rajab adalah riwayat an-Nasa’i dan Abu Dawud (disahihkan oleh Ibnu Huzaimah): “Usamah berkata pada Nabi Muhammad Saw, “Wahai Rasulallah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya’ban. Rasul menjawab: ‘Bulan Sya’ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang.’”

Nah bagi anda yang ingin melaksanakan puasa sunnah dibulan rajab ini, kami telah menyiapkan cara niatnya sebagai berikut lafadz dalam bahasa arab dan latinnya beserta maknanya supaya lebih mantab, jika mengerti makna atau artinya"

NIAT PUASA RAJAB/BULAN RAJAB

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :

Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala

Lebih utamanya kita melafazdkan niat puasa sunah rajab ini, dilakukan pada malam hari atau sehabis makan sahur juga bagus.

Nah pembaca yang budiman demikian keutamaan puasa dibulan rajab, serta amalan utama yang disunnahkan untuk kita melakukannya yakni berpuasa pada bulan rajab ini, semoga bisa membuat kita lebih taat kepada Allah SWT, dengan mengikuti amalan-amalan yang dikerjakan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Aamin.
Print Friendly and PDF

0 Response to "keistimewaan Puasa Sunah Rajab dan Niatnya - Tulisan Arab Latin"

Posting Komentar