Bacaan doa sebelum makan sahur

Assalamualaikum wr.wb.
 Bacaan doa sebelum makan sahur - Menjalankan Ibadah puasa merupakan kewajiban setiap umat islam yang memenuhi syarat selama bulan ramadhan. Diantara serangkaian kegiatan puasa tersebut ialah satu. Dimana sahur merupakan salah satu sunda puasa yang dilakukan pada malam hari, biasanya dilakukan pada waktu seperti malam atau mendekati waktu shubuh. Waktu shahur digunakan untuk kita mememnuhi kebutuhan kita agar kuat mejalani ibadah puasa ramadhan.


DOA KETIKA MAKAN SAHUR


Sahur disunnahkan juga untuk diakhirkan. Ketika makan satu hendak kita memakan makanan yang mengenyangkan dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita selama sehari. Kita harus menghindari makan makanan yang tidak sehat karena hal tersebut dapat mengganggu ibadah puasa kita jika perut kita mengalami masalah. Waktu sahur juga dapat digunakan untuk membaca niat puasa, ada beberapa orang yang membaca niat puasa pada malam hari namun, ada juga yang membaca niat puasa pada waktu sahur.

Untuk melaksanakan sahur tidak ada doa khusus yang dianjurkan. Namun, alnagkah baiknya jika kita mengawali makan satu dengan membaca basmalah dan doa hendak makan sahur seperti berikut:

Bismillah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya :
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka

 Sedangkan ,niat puasa yang kita baca sebagai salah satu rukun satu ialah sebagai berikut;

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’aala.

Artinya:
“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”  Selain itu, ada juga salah satu keutaman di waktu sahur ialah membaca istigfar sebagaimana terjemahan surat ali imram berikut : “(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)

 Nah untuk itu ada baiknya jika kita mengisi waktu sahur kita sambil menunggu adzan shubuh apabila waktu telah menanyakan imam dengan membaca istigfar. itulah beberapa bacaan di waktu sahur dan amalan yang dapat kita lakukan pada waktu satu, semoga Allah menjaga ibadah puasa kita. Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum wr.wb

Print Friendly and PDF

0 Response to " Bacaan doa sebelum makan sahur"

Posting Komentar