Sholat Dhuha Rakaat dan Jam Berapa serta Rahasia Faedahnya

Perjalanandoa - Sholat Dhuha: Rakaat dan Jam Berapa serta Rahasia Faedahnya - Sahabat perjalanandoa yang saya hormati.. Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi semoga semuanya dalam ridho Allah subhanahu wa ta'ala, selanjutnya Insya Allah saya akan membagikan sebuah Faidah yaitu tentang salat sunat Dhuha, tentang cara-caranya, kemudian juga tentang faedahnya.

Sholat dhuha berapa rakaat?

Besar harapan setelah membaca artikel ini akan banyak orang yang melakukan salat sunat Dhuha, Adapun sumber yang saya ambil yaitu dari kitab yang bernama tausyih 'ala Ibnu Qosim, kitabnya yang disusun oleh Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah, Hukumnya salat sunat Dhuha adalah sunnah muakkad, artinya salat sunat Dhuha itu hukumnya sunah muakad sunah yang sangat dianjurkan sekali, paling sedikit dua rokaat, adapun yang pertengahan itu 4 rokaat, jadi boleh 2 rakaat, boleh 4 rakaat, adapun rokaat yang paling banyak adalah 12 rokaat, menurut ulama ahli hadits.



BACA JUGA: Dahsyatnya Wirid BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Untuk Semua Hajat

Adapun menurut ulama ahli fiqih jumlah rakaat Dhuha terbanyak itu adalah 8 rokaat, jadi dalam hal ini kita mau Dhuha yang 2 rokaat silahkan, yang 4 rokaat silahkan, 8 rokaat juga boleh, 12 rakaat juga lebih baik. Ambil yang tengah-tengah kita 4 rokaat, ambil yang paling sedikit 2 rokaat. Itu bilangan rokaat daripada salat sunat Dhuha.

Sholat dhuha jam berapa?

Adapun waktunya duha waktunya mulai diperbolehkan salat duha adalah dari matahari terbit, naik ke atas satu tombak, maksudnya sekitar 4 meter matahari sudah naik, itu sudah masuk waktunya Dhuha, Sampai kapan?  sampai tergelincirnya matahari, jadi waktunya itu panjang. Mulai matahari naik satu tombak sekitar 4 meter - berakhir sampai matahari tergelincir ke sebelah barat. Jadi bangun jam 7 boleh, 6.30 boleh, mau jam 10 boleh, bahkan jam 11 Siang pun boleh. Pagi-pagi kita lagi sibuk tergesa-gesa ke pekerjaan, ke kantor, pas istirahat siang jam 10 ada waktu, silakan melaksanakan sholat dhuha, Masih Ada Waktu. Itu ketentuan tentang salat sunat duha,

Sholat dhuha keutamaan?

Lalu apa faedahnya atau keagungannya? dalam hal ini Saya akan mengambil dari sebuah Kitab Hadis Baginda Rasulullah Shallallahu salam, yang termaktub di kitab Al-GHurriyah kita seperti ini yang disusun oleh Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani radhiyallahu Anhu, termaktub di juz 2 halaman 161, Hadits ini disampaikan oleh sahabat Abi Hurairah. Bahwasanya baginda Rasul bersabda seperti ini, di surga itu ada sebuah pintu surga yang bernama babuddhuha, andaikan terjadi kiamat orang-orang berkumpul di padang mahsyar. Maka akan ada seseorang yang mengundang-ngundang di depan surga, Di manakah orang-orang yang suka melakukan salat sunat duha? dengan dawam ke sini semuanya! seruan dari yang mengundang tadi, wahai para malaikat penjaga surga masukkan mereka ke dalam surga nya Allah, dengan rahmatnya Allah subhanahu wa ta'ala. Itu Faedah dan keutamaan bagi orang yang suka mendawamkan sholat dhuha, akan Allah Masukan ke dalam surga nya dari satu pintu yang bernama Babbuddhuha.

BACA JUGA: Amalan Wasilah Untuk Supaya Bisa Bayar Utang Mendesak

Hadis yang kedua saya ambil dari kitab ta'limul muta'alim di halaman 44 Abi Hurairah radliyallahu taala Anhu berkata begini, Baginda Nabi bersabda Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, berarti ini namanya Hadis Qudsi firman Allah, Yang tidak termaksud dalam Alquran, Allah berfirman Wahai manusia hendaknya engkau memohon pertolongan dengan melakukan salat Sunnah 4 rakaat di waktu pagi, aku berjanji akan mencukupi segala kebutuhanmu hari tersebut. Pengarang kitab muta'alim menyatakan ia ini Allah berfirman, Aku akan mencukupi semua kebutuhan mu hari tersebut, dan aku pun akan menolak darimu tak tahu sesuatu yang tidak engkau sukai, ba'da salat setelah engkau melakukan salat 4 rokaat di pagi hari sampai berakhirnya siang.

Kurang lebih maksudnya begini firman Allah, Carilah ridhoKu, Pinta ridhoku dan pertolonganku dengan salat sunat duha 4 rokaat di pagi hari, maka aku berjanji akan mencukupi segala kebutuhanmu, akan menolak sesuatu yang engkau tidak sukai, sampai akhirnya siang yang berarti sampai sore. Kata Mualim kitab yang dimaksud dengan empat ini adalah salat sunat Dhuha sebanyak 4 rakaat. Kalau kita mau Dhuha kita 2 boleh, 4 boleh, 8 boleh, 12 itu lebih utama.

Niat Sholat dhuha?

Caranya Niatnya begini? kita berniat dulu mau dilafalkan dengan lisan mangga, mau Dalam hati saja boleh, tetapi menurut daripada Imam Syafi'i  yang artinya "mengucapkan niat itu hukumnya sunah" Uhalli sunnatad Dhuha rak'ataini lillahi ta'ala Allahu Akbar" itu niatna dalam lisan kita, dalam hati kita "berniat aku berniat melakukan salat sunat Dhuha 2 rakaat karena Allah ta'ala" kita baca al-fatihah 1 kali, kemudian kita baca surat, kalau hafal surat (kulya Ayu Al Kafirun) atau alkafirun, kalau tidak hafal boleh yang pendek saja, rakaat kedua kemudian kita baca Fatihah lagi dan baca surat lagi, boleh Qulhu atau surat apa saja yang kita hafal. Kemudian setelah kita salam, kalau mau 2 rokaat kita langsung boleh berdoa atau membaca wirid. Kalau mau 4 rokaat, tambah lagi 2 rokaat dan seterusnya.


BACA JUGA: KHASIAT AYAT KURSI dan CARA MENGAMALKANNYA

Setelah selesai salam Boleh berdoa dengan bahasa Indonesia, boleh bahasa Sunda boleh saja, boleh yang penting kita berdoa sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Ada baiknya sebelum kita berdoa Kita baca istighfar boleh 7 Kali, boleh 3 kali, atau 100 kali, baca juga sholawat nabi boleh 3 kali, 7 Kali, 100 kali. baca doa Baca juga "La haula wala quwwata illa billahil azim" 37 atau 100 kali. Lalu kita berdoa sama Allah, kalau hafal pakai doa khusus doa salat sunat duha, kalau tidak hafal boleh Doa apa saja, yang penting kita mohon sama Allah agar diberi keberkahan, diberi kemudahan, diberi ketenangan di dalam kehidupan ini, Insya Allah Allah akan kabulkan.

Sebagai akhir saya akan membacakan sebuah doa khusus salat sunat Dhuha yang ada di kitab-kitab nya para ulama bunyinya seperti ini :

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA , WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL GHINA GHINAAKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA BA'IIDAN PAQORRIB-HU , WA INNKANA QORIIBAN  PAYASSIR-HU ,  WA INKANA MU’SIRON FAYASSIRHU,  BIHAQQIDUHAA-IKA ,  WA JAMAALIKA ,  WA QUDROTIKA,  WA GHINAAKA. WASHOLLAALLOHU 'ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA 'ALA ALIHI WASHOHBIHI WASALLAM ,  WALHAMDU LILLAHI ROBBIL 'ALAMIIN.

Artinya: Wahai Dzat Allah Sesungguhnya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha milikmu, dan sesungguhnya keindahan itu adalah keindahan milikmu, dan sesungguhnya keagungan itu keagungan milikmu, dan sesungguhnya kekuasaan itu adalah kekuasaan kekuasaanmu, dan tumbuhnya kekayaan itu adalah kekayaan milik Allah, ya Allah Andaikan Rizky aku ada di langit maka semoga engkau menurunkan rezeki tadi, dan seandainya itu adanya di bumi keluarkanlah, dan seandainya dan sudah dekat mudahkanlah untuk datangnya, seandainya sulit didapatkan semoga engkau mudahkannya, dengan haknya waktu Dhuha milikmu, wajah malaikat dan keindahanmu waktu dhuha dan kekayaanmu. Salam Semoga Allah memberikan tambah rahmat dan salam kepada nabi keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah yang mengurus alam ini.


BACA JUGA: 10 Ciri Orang Yang Tidak Akan Sembuh Dari Sakit Selamanya

Itu doa dhuha yang biasa di ijazahkan oleh para ahli, sahabat Perjalanandoa yang dihormati Sebelum saya tutup dengan salam, terima kasih kepada para sahabat yang telah mendukung blog ini, semoga kebaikannya di balas oleh Allah dunia dan akhirat. Mohon doa juga agar dengan ini benar-benar terkenal dakwah yang bawa kebarokahan dunia dan akhirat.

 Subhanallah wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih assalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

Print Friendly and PDF

0 Response to "Sholat Dhuha Rakaat dan Jam Berapa serta Rahasia Faedahnya"

Posting Komentar