Qunut Nazilah - Ustadz Ahmad Zainuddin Al-Banjary

Qunut Nazilah - Oleh Ustadz Ahmad Zainuddin Al-BanjaryAssalamualaikum warahmatullahi wa wabarakatuh..Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Sejatinya malam ini pembelajaran kajian kitab itu Bulughul Maram Min adillatil Ahkam, akan tetapi karena sesuatu dan lain hal, kita masih belum bisa melanjutkan kajian kitab tersebut, yang sejatinya setiap malam Selasa di masjid Imam Syafii Banjarmasin Kalimantan Selatan. Insya Allah kita akan memulai kajian kitab awal awal mula bulan Januari 2017.

Doa Qunut Nazilah


Jika allah subhanahu wa ta'ala masih memberikan kehidupan kepada kita dalam kebaikan, maka Malam ini kita membahas masih berkaitan dengan disiplin ilmu fiqih Hadits, fiqih Hadits yaitu yang berkaitan dengan seputar Qunut nazilah, seputar Qunut nazilah.

Bapak Ibu Saudara-saudari yang dimulyakan oleh Allah, sebelumnya juga saya ingin mengingatkan insya Allah Besok juga masih kajian tematik yang berkaitan dengan tema yaitu: sejarah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, karena biasanya selasa malam rabu di masjid Imam Syafii setelah sholat isya kita membahas tentang kajian sirah An Nabawi, sejarah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Maka kita membahas yaitu tentang mencintaimu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan sebenarnya, dan malam Kamis, Rabu malam Kamis, yang berkaitan dengan aqidah dan tauhid, maka kita ingin membahas tentang tema yaitu: Dengan ini umat Islam Berjaya, Insyaallah didalamnya nanti akan membahas tentang akidah, dan juga tauhid.

Mohon diperhatikan dan mohon diikuti kajian-kajian, sehingga bermanfaat untuk kita semua amin ya robbal alamin, bapak ibu saudara-saudari yang mulyakan oleh Allah subhanallah ta'ala, Tema kita yaitu seputar Doa Qunut nazilah, maksudnya adalah hukum-hukum yang berkenaan dengan Doa Qunut nazilah, contohnya: maka dikatakan kata seputar, itu buku-buku yang begitu banyak, yang berkaitan dengan Doa Qunut nazilah.

Sebelumnya kita ingin membahas dulu apa itu makna Al-Qunut, Qunut saya tidak tahu di dalam bahasa Indonesia, ada apa tidak!. Coba kita cari qunut itu berasal dari bahasa arab, kunu ada dalam bahasa Indonesia, dan pakai k bukan pakai q, kunut bahasa Indonesia adalah: doa khusus, biasanya dibaca sesudah I’tidal pada rakaat terakhir dalam sholat tertentu, seperti sholat subuh.

Doa khusus biasanya dibaca sesudah I’tidal pada rakaat terakhir dalam shalat tertentu seperti dalam shalat Subuh, menurut sebagian madzhab fiqih, makna Qunut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf k, dan Dia berasal dari bahasa Arab, berasal dari bahasa Arab yaitu: Al-Qunut

Urutannya Qop, Nun, Wau,Ta “Qunut” imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah, ikhwah Jangan menghalangi jalan, silahkan masuk ke dalam masjid, yang di depan pintu Silahkan masuk kedalam, atau ke depan sehingga tidak menghalangi, jamaah yang baru dating, Mungkin ingin Shalat tahiyatul masjid, mohon jangan di Halangin ya.

Kita lanjutkan doa qunut, imam Ibnul qoyyim Al jauziah wa ta'ala di dalam Kitab Zaadul Ma'ad menyatakan: Painnal Qunuta Yu’lamu Alal Qiyami Wassyukuti Waddawamil ibadah wadua watasbisi, wal khusu
Qunut yang walaupun di dalam bahasa Arab mempunyai makna yang banyak, diantara makna-makna qunut kata beliau:

  1. yang pertama berdiri, orang qunut berarti namanya berdiri
  2. Kemudian yang kedua makna Qunut menurut imam Ibnul qoyyim rahimahullah secara bahasa Arab adalah diam, Qunut berarti diam secara Bahasa.
  3. Yang ketiga yaitu maknanya adalah dawamul ibadah: yang artinya terus menerus beribadah.
  4. Yang keempat makna Qunut secara bahasa Arab adalah Doa, orang berqunut artinya berarti berdoa dalam bahasa Arab.
  5. yang kelima yaitu attasbiih yang artinya adalah mengucapkan Subhanallah, dan makna qunut yang lain yang ada di dalam bahasa Arab yaitu:
  6. Al-khusyu

Kalau kita perhatikan di dalam Al-quran atau makna qunut, atau kata-kata qunut disebutkan oleh Allah subhanahu wataala dalam surat Al Ahzab surat ke 33 ayat 31 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

waman yaqnut minkunna lillaahi warasuulihi wata’mal shaalihan

Artinya Dan barang siapa diantara kamu sekalian (isteri-isteri nabi) tetap taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengerjakan amal yang saleh

Di dalam surat al-ahzab ke 33 ayat 3, Qunut Maknanya adalah mengerjakan ketaatan, Di sana juga ada Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyebutkan kata-kata di dalam bahasa Arab itu Firman Allah kepada Maryam Alaihissalam:

yaa maryamu uqnutii lirabbiki wausjudii wairka’ii ma’a alrraaki’iina

Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'.  surat Ali Imron surat ke 3 ayat 43




Bapak ibu saudara-saudari yang dimulyakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, kalau kita buka tafsir Imam Ibnu Katsir pada ayat ini, maka Beliau mengatakan bahwa ada sebuah hadits, tetapi lemah dan dia adalah perkataan sahabat lebih tepatnya:

Kullu harfin fil qur’ani yudkaro fiihi qunut fahuwa to’at
Bahwa setiap huruf di dalam al-quran yang disebutkan di dalamnya kata Qunut maka maksudnya adalah mengerjakan ketaatan

Garis bawah itu baik-baik, perkataan dari Abu Sa'id al-khudri perubahan setiap huruf yang menunjukkan atau menyebutkan kata qunut di dalam al-quran maka maknanya adalah ketaatan, maknanya adalah ketaatan.

Imam Mujahid rahiimakumullah juga mengatakan makna Qunut

Tuulur rukui fiss salah 

makna Qunut artinya adalah ruku yang panjang di dalam salat

Ruku, bukan sujud saja panjang tetapi ruku yang panjang di dalam salat, ini salah satu makna qunut, intinya Para ikhwah yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. qunut di dalam bahasa Arab mempunyai makna yang begitu banyak dan hampir hampir serupa, tadi dikatakan berdiri diam, terus beribadah, mengerjakan ketaatan, kemudian berdoa, Bertasbih, khusyuk dan semisalnya.

Sudah di pahami makna qunut disini, nah yang kita maksudkan ketika membicarakan tentang Qunut nazilah, berarti kita ambil yaitu kata-kata Doa. Qunut nazilah tema kita seputar Qunut nazilah, seputar  dengan yang berkaitan hukum-hukum doa-doa, yang dilakukan dalam keadaan berdiri, mengangkat kedua tangan, nanti akan saya jelaskan.

Doa-doa berarti qunut nazilah yang dimaksud di sini apa?. Ada doa-doa, doa dalam keadaan berdiri, berdiam, kemudain kata yang kedua yaitu nazilah adalah dalam bahasa Indonesia juga disebutkan. Para ikhwan yang dimulyakan oleh Allah subhanhu wataala. Qunut Nazilah qunut yang dibacar karena ada bahaya, malapetaka atau musibah yang menimpa masyarakat, seperti wadah kemarau, peperangan dan semisalnya.


Qunut yang dibaca karena ada Bahaya atau malapetaka atau musibah yang menimpa masyarakat muslim, atau masyarakat secara umum, seperti peperangan. Berarti qunut nazilah bukan hanya sekedar ketika perang saja, ada wabah penyakit yang menyebar, tanpa ada tahu sebabnya apa?, belum dikenal obatnya apa?, mereka berhak kita untuk melakukan Qunut nazilah.

Terjadi kemarau panjang, kekeringan, kering kerontang yang sangat dahsyat, sampai menyebabkan penyakit dan kematian, maka berhak kita untuk melakukan qunut nazilah. Yang makna qunut nazilah artinya adalah doa yang dibaca tatkala ada bahaya, malapetaka atau musibah, ini secara Bahasa Indonesia, kita lihat sekarang secara Bahasa arab.

Nazila dalam bentuk jamak, maka berarti nawazil, nazila artinya adalah ismu fa’il. Nazala, Yanzillu, Nazilah kata pelaku, secara Bahasa ya,  kata kerja Nazala, Yanzillu dari kata kerja turun, Nazala yanzillu. sesuatu yang turun sesuatu yang datang secara istilah syar'i.

Para Ikhwah yang dirahmati oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala para ulama Fiqih mengatakan bahwa: artinya nazilah secara kamus bahasa ahli fiqih adalah:

Keadaan-keadaan yang kontemporer menuntut untuk dilakukan tindakan segera. keadaan-keadaan yang menyebabkan penyakit, mewabahnya penyakit dan kematian, maka berhak kita untuk melakukan Qunut nazilah, yang makna Qunut nazilah artinya adalah yang doa yang dibaca tatkala ada bahaya, malapetaka, atau musibah Ini secara bahasa Indonesia.

Bacaan Qunut Nazilah Bahasa Arab


اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ اللَّهُمَّ عَذِّبْ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِينَ أَعْدَاءَ الدِّينِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِك وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَك وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَك اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إنَّك قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ اللَّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَاجْعَلْ فِي قُلُوبِهِمْ الْإِيمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ نَبِيِّك وَرَسُولِك وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يُوفُوا بِعَهْدِك الَّذِي عَاهَدْتهمْ عَلَيْهِ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ وَعَدُوِّك إلَهَ الْحَقِّ وَاجْعَلْنَا مِنْهُمْ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir. Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat. Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat. Tuhanku, damaikan pertikaian di antara kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Qunut Nazilah - Ustadz Ahmad Zainuddin Al-Banjary"

Posting Komentar