Doa Menyembelih Ayam

Doa motong ayam ✓ Do'a menyembelih ayam ✓ Niat menyembelih ayam ✓ Bacaan menyembelih ayam ✓ Doa sembelih ayam ✓ Doa potong ayam ✓ Doa memotong ayam ✓ Doa menyembelih ayam

doa menyembelih ayam
Doa menyembelih ayam, yang pertama disini kita kan membahas apa yang dimaksud dengan menyembelih itu? Kalau kita membuka dan melihat kitab fiqh bahwa menyembelih menurut bahasa adalah “suci dan baik” maksudnya adalah ketika hewan atau binatang tertentu yang kita sembelih, maka akan menjadi suci atau bersih artinya baik adalah halal untuk dimakan. Jika artikan dengan istilah bahwa menyembelih itu adalah mematikan hewan-hewan terntentu, dengan cara memutuskan saluran pernafasannya, memutuskan saluran makanannya dan memutuskan urat nadi utama yang ada pada lehernya dengan menggunakan sesuatu benda tajam, seperti pisau atau benda tajam lainnya yang diperbolehkan oleh syariat islam atau sara, yang tidak diperbolehkan menyembelih ayam dengan menggunakan tulang atau menggunakan kuku.

Tujuan dari membaca doa menyembelih ayam dan menggunakan alat yang diperbolehkan oleh sara ini adalah tujuannya untuk mendapatkan nilai halal tentunya, sehingga daging dari hasil penyembelihan ayam tersebut suci dan baik. Maka dari itu didalam agama kita islam ini diatur sedemikian rupa, mulai cara menyembelih ayam, dan membaca doa disaat akan menyembelih ayam ini, tentu saja yang mengatur ini semua adalah yang maha agung yakni Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasul Sebagai berikut:

Innallaha katabal insaana ‘ala kulli sya’i

ARTINYA: Sesungguhnya Allah telah menetapkan untuk berbuat baik atas setiap sesuatu,

Faidza qataltu fa’ah sinul islam

ARTINYA: Maka apabila kamu membunuh maka perbagus olehmu pembunuhan.

Waidza tabbahtum fa’ahsinu tabaha

ARTINYA: Apabila kamu menyembelih maka perbaguslah olehmu akan sembelihan,

Man uhidda adadukum safatta: diantara adab daripada menyembelih, itu kata rasulallah saw, hendaknya kamu menajamkan pisaunya, fah yurih safihata: dan hendaknya menenangkan hewan sembelihannya

Maka ketika kita hendak menyembelih ayam dan membaca doa menyembelih ayam, hendaknya kita membaringkan ayam secara perlahan dan sampai membuat ayamnya ketakutan dengan cara memaksanya secara kasar, itu dilarang oleh Allah SWT sebagaimana sabda rasulallah SAW sebagaimana diatas.

Rasulallah SAW sangat jelas bahwa hendaknya kita dalam menyembelih ayam ini harus benar-benar sesuai anjuran beliau, maksudnya adalah supaya mendapatkan makanan atau daging ayam yang kita hendak sembelih menjadi halal, dan makanan yang halal sangant berpengaruh kepada kesehatan badan dan rohani kita tentunya.

Dan hal ini merupakan contoh seberapa patuh kita kepada anjuran Allah SWT, yang telah disampaikan melalui Nabinya yakni Rasul Muhammad SAW, sehingga apa yang kita lakukan tetap mendapat nilai pahala dihadapan Allah SWT.

Maka disini sebelum kita melakukan penyembelihan ayam, disamping kita membaca doa untuk menyembelih ayam. Disamping itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang kepada bagaimana sipenyembelih ayam itu sendiri diantara:
    1. Islam atau Alhul kitab, Sebagaimana disebutkan didalam Al-Qur’an: wa-tha'amul ladzina utul kitaba hillul
    Artinya: Dan makanan sembelihan yang didatangkan kepada mereka (Ahli Kitab: Yaudi dan Nashrani) itu halal bagi kamu, dan makanan dia bagi kamu juga halal.
    2. Sudah Baligh dan berakal, dan bisa melihat
    3. Dan sebagian ulama menganjurkan membaca bismilaahirrahmannirrahim, tapi ada sebagian ulama lainnya membaca basmalah sunnah hukumnya, bagi penyembelih orang islam tentunya.

      Dan kemudian syarat yang lainnya dalam menyembelih ayam adalah diantaranya ayam yang akan disembelih sbb:

        1. Ayamnya masih dalam keadaan hidup/bernyawa (hayat mustaqirah).
        2. Hewan yang tidak diharamkan oleh menurut syariat Islam, dalam hal ini tentunya ayam termasuk yang halal.

          Persiapan yang harus dilakukan saat hendak menyembelih Ayam:

            1. Pisau yang digunakan harus tajam
            2. Tidak boleh menggunakan pisau tumpul atau runcing
            3. Alatnya dibuat dari besi, baja, kaca, bambu atau batu
            4. Dilarang menggunakan alat yang terbuat dari kuku, tulang atau gigi


              DOA MENYEMBELIH AYAM

              doa menyembelih ayam

              TULISAN LATIN:


              Bismillahirrahmanirrahim
              Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.
              Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd
              Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm


              ARTINYA:

              “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”
              “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”
              “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”
              “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”
              Print Friendly and PDF

              1 Response to "Doa Menyembelih Ayam"

              1. wah akhirnya ad web yang bisa membantu saya dalam hal membuat wordpress, artikelnya menarik dan memanjakan mata untuk di baca

                perkenalkan nama saya Titannia yulanda NIM 1822500065 dari ISB Atma Luhur

                BalasHapus