Tata Cara Membaca Doa Qunut

Blog Perjalanan Doa - Apabila sebelumnya kami sudah memberikan secara lengkap tentang bacaan Doa qunut subuh pendek, kami sertakan pula tulisan latin dan terjemahannya. Maka untuk kali ini mari kita kupas secara detail masih tentang masalah qunut, pertama Tata cara doa qunut, hadits yang mendasari dilakukannya doa qunut, bagaimana jika lupa membaca doa qunut, serta manfaat membaca doa qunut.

cara qunut subuh


1. Tata cara Membaca Doa Qunut

Untuk yang masih pemula dalam melaksanakan doa qunut, pasti akan merasakan kebingungan kapan sih waktunya doa qunut tersebut harus dibaca? maka dari disini kami sengaja menyampaikan postingan tentang Tata cara membaca doa qunut!.

Yang umum dilakukan saat ini yaitu membaca doa qunut pada waktu melakukan sholat subuh, yaitu pada saat rakaat yang terakhir atau yang kedua. Ketika bangun dari ruku pada rakaat terakhir, berdiri sesaat untuk melakukan I'tidal, sehabis i'tidak jangan langsung sujud, tapi bacalah bacaan doa qunut.

Membaca doa qunut disunahkan juga dengan mengangkat dan menengadahkan kedua belah tangan. Serta mengeraskan atau meng jahrkan sebagian doa qunut:

Bacaan Doa Qunut Subuh

Doa Qunut untuk Imam Doa Qunut Sholat Sendiri
Bacaan Qunut Dibaca Zahr/Keras
للَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنَا (برحمتك) شَرَّ مَا قَضَيْتَ، اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ
Bacaan Qunut Dibaca Sirr/Pelan
فإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ نَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ, وصَلىَّ اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّد النَّبِىِّ الْاُمِّيِّ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمْ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

2. hadits yang mendasari dilakukannya doa qunut

Dalam islam dalam melakukan ibadah tidak boleh sembarangan, apalagi ini menyangkut hal yang sangat penting sekali. Begitu pula dalam hal pelaksanaan membaca doa qunut ini harus ada hadits, sebagai landasan dan tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini Hadist Riwayat Rasulullah mengenai membaca Qunut

Annas RA menyampaikan bahwa ada 2 keterangan hadist yang mendasari pembacaan qunut ini, yang ke satu yaitu qunut Nazilah yang dibaca Rasulallah SAW sampai satu bulan penuh pada saat mengerjakan sholat subuh.

Keterangan yang kedua mengenai bacaan qunut biasa, yang biasa dibaca pada waktu mengerjakan sholat subuh. Dan mengerjakan secara terus menerus hingga menjelang wafatnya Rasulallah SAW.

Hadist Tersebut seperti dibawah ini:

“AN AANASIN : ANNANNABIYYA SAW, QONATA SYAHRON YAD UU ALAIHIM SYUMMATARAKA”

Artinya:

“Dari annas ra, sesungguhnya Nabi SAW ketika membaca qunut pada waktu sebulan, mendoakan celaka nabi kepada orang-orang yang berkhianat, lalu nabi berhenti membaca qunut.”


3. Bagaimana jika lupa membaca doa qunut

Tidak kita pungkiri baik yang sudah terbiasa, atau pun yang belum biasa membaca qunut adakalanya terlupa, sehabis melakukan 'itidal langsung saja melakukan sujud, tanpa membaca doa qunut terlebih dahulu.

Mengenai hal lupa membaca doa qunut ini, bagaimanakah hukumnya? apakah membatalkan sholat atau tidak membatalkan sholanya?.

Para ulama sepakat meski terlupa membaca doa qunut tidaklah membatalkan sholat, jadi sholatnya tetap sah karena membaca doa qunut, hukumnya cuma sunah. Tetapi tetap dianjurkan melakukan sujud syahwi sebagai gantinya, jikapun tidak melakukannya sholatnya tetap sah karena membaca qunut termasuk sunat aba’ad.

4. Manfaat membaca doa qunut

Apa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW itu niscaya mengandung manfaat dan keutamaan, meskipun ada beberapa dari kita belum bisa menemukan jawaban untuk apa perintah tersebut disampaikan. Begitu juga halnya dengan perintah melaksanan membaca doa qunut ini, ada beberapa manfaat dari pembacaan doa qunut ini diantaranya sbb:

- Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Karena dalam bacaan doa qunut ini adalah isinya sebagai doa, maka insya allah ini bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit, sebagai wasilah dari keutamaan bacaan “wa’aafini fii man hadaiit".

- Diberikan Nikmat serta berkah

Dengan wasilah bacaan “wabaariklii fiimaa a’thoiit" insya Allah karena kalimat tersebut mengandung arti berkahilah dengan kepadaku dan saya apa yang telah Engkau berikan. Maka jika Allah ridho dan doa kita dikabulkan maka kehidupan kita akan penuh dengan kenikmatan dan keberkahan. Aamin

- Akan mandapat Petunjuk

“Allahummahdinii fii man hadaiit" sebagai sarana kita selalu ingat kepada Allah, pada setiap kesempatan, dimanapun dan kapanpun kita merasa insan yang lemah. Maka dengan rajin doa tersebut pada saat qunut semoga Allah selalu melindungi kita dengan memberikan kita petunjuk yang diridhoiNya.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Tata Cara Membaca Doa Qunut"

Posting Komentar