Doa Qunut Nazilah Subuh Pendek-Panjang Arab dan Terjemahannya

Arti kata qunut, kalau dikamus bahasa indonesia qunut ditulis menjadi kunut, yang artinya: Doa khusus, biasanya dibaca sesudah iktidal pada rakaat terakhir dalam salat tertentu, seperti dalam salat Subuh, dan nazilah adalah kunut yang dibaca karena ada bahaya, malapetaka, atau musibah yang menimpa masyarakat (seperti wabah, kemarau).

qunut nazilah subuh panjang


Doa yang sangat khusus yang biasanya dilafalkan sehabis melaksanakan I’tidal pada saat rakaat terakhir didalam shalat tertentu, seperti contohnya pada saat shalat Subuh, menurut sebahagiaan madzhab fiqih, artin Qunut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ditulis menggunakan huruf K, dan Dia berasal dari bahasa Arab, bahasa Arabnya yaitu: Al-Qunut, Jadi susunannya Qof, Nun, Wau, Ta “Qunut” menurut Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah.

Doa qunut menurut Imam Ibnul Qoyyim Al-Jauziah Wa ta'ala di dalam Kitab Zaadul Ma'ad menyatakan

"Painnal Qunuta Yu’lamu Alal Qiyami Wassyukuti Waddawamil ibadah wadua watasbisi, wal khusyu", Qunut yang walaupun di dalam bahasa Arab mempunyai makna yang banyak sebagai berikut:

1. Berdiri, orang Qunut berarti namanya berdiri
2. Qunut menurut imam Ibnul qoyyim rahimahullah secara bahasa Arab adalah diam
3. Qunut maknanya adalah dawamul ibadah: Sabar dan terus-menerus dalam melaksanakan ibadah.
4. Qunut maknanya secara bahasa Arab adalah Doa, orang sedang berqunut artinya sedang berdoa dalam bahasa Arab.
5. Qunut adalah Attasbiih maknanya adalah mengucapkan Subhanallah
6. Qunut artinya dalam Arab yaitu Al-khusyu

Menurut perkataan beliau makna dari Qunut diantaranya terdapat didalam Al Qur'an, kata qunut Allah menyebutkan didalam surat Al Ahzab pada ayat yang ke 31, Allah SWT berfirman:
وَمَنْ يَقْنُتْ مِنْكُنَّ لِلَّهِ وَرَسُولِهِ وَتَعْمَلْ صَالِحًا نُؤْتِهَا أَجْرَهَا مَرَّتَيْنِ وَأَعْتَدْنَا لَهَا رِزْقًا كَرِيمًا
Artinya: Dan barang siapa diantara kamu sekalian (isteri-isteri nabi) tetap taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengerjakan amal yang saleh, niscata Kami memberikan kepadanya pahala dua kali lipat dan Kami sediakan baginya rezeki yang mulia.
Qunut artinya adalah mengerjakan ketaatan, Di sana juga ada Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyebutkan kata-kata di dalam bahasa Arab itu Firman Allah kepada Maryam Alaihissalam:
يَا مَرْيَمُ اقْنُتِي لِرَبِّكِ وَاسْجُدِي وَارْكَعِي مَعَ الرَّاكِعِينَ
Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'.
Dalam tafsir Imam Ibnu Katsir, beliau mengatkan:

"Kullu harfin fil qur’ani yudkaro fiihi qunut fahuwa to’at"

Artinya: Bahwa setiap huruf di dalam al-quran yang disebutkan di dalamnya kata Qunut maka maksudnya adalah mengerjakan ketaatan

Sedangkan menurut Imam Mujahid rahiimakumullah, makna Qunut adalah seperti berikut:

"Tuulur rukui fiss salah"

Artinya: makna Qunut artinya adalah ruku yang panjang di dalam salat

Berkaitan dengan qunut nazilah berarti yang kita ambil adalah berhubungan dengan kata-kata doa.

Doa tersebut kita maksudkan adalah qunut nazilah, doa yang pertama dalam keadaan berdiri, dan doa yang kedua doa dalam keadaan diam dan selanjutnya kita sebut nazilah. Qunut Nazilah qunut adalah qunut yang dibaca sebeb adanya bahaya, adanya malapetaka atau adanya musibah yang menyerang masyarakat. Sebagai contoh seperti wadah kemarau, adanya peperangan.

Sekarang secara Bahasa arab Nazila dalam bentuk jamak, maka berarti nawazil, nazila artinya adalah ismu fa’il. Nazala, Yanzillu, Nazilah kata pelaku, secara Bahasa ya, kata kerja Nazala, Yanzillu dari kata kerja turun, Nazala yanzillu. sesuatu yang turun sesuatu yang datang secara istilah syar'i.

Doa Qunut Nazilah yang tidak terlalu pendek, dan juga tidak panjang, dibaca saat subuh atau witir, pada rakaat terakhir kami sertakan dibawah ini:

Doa Qunut Nazilah:

TULISAN ARAB:
اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ اللَّهُمَّ عَذِّبْ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِينَ أَعْدَاءَ الدِّينِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِك وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَك وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَك اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إنَّك قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ اللَّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَاجْعَلْ فِي قُلُوبِهِمْ الْإِيمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ نَبِيِّك وَرَسُولِك وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يُوفُوا بِعَهْدِك الَّذِي عَاهَدْتهمْ عَلَيْهِ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ وَعَدُوِّك إلَهَ الْحَقِّ وَاجْعَلْنَا مِنْهُمْ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
ARTINYA: "Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir. Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat. Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat. Tuhanku, damaikan pertikaian di antara kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Qunut Nazilah Subuh Pendek-Panjang Arab dan Terjemahannya"

Posting Komentar