Waktu, Manfaat Dan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

1. waktu sholat tahajud

keajaiban sholat tahajud

sebelum kita membahas mengenai "WAKTU SHOLAT TAHAJUD" Sebagai umat muslim yang baik semestinya kita mengetahui berbagai jenis amalan yang berada didalam keseharian agama islam, misalnya sholat. Sholat ini tentunya bukan hanya kepada sholat wajib yang lima, yaitu: Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Tapi, ada sholat-sholat lainnya yang dinamakan sholat sunnah.

Kemudian, sholat sunah ini juga banyak sekali macamnya seperti: sholat tahajud, sholat dhuha, sholat witir, sholat qobliyah-ba'diyah, sholat hajat dan masih banyak sholat sunah lainnya.

Tapi yang akan kita bahas disini sebagai mana judul diatas mengenai waktu sholat tahajud, manfaat sholat tahajud dan kemudian juga mengenai dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, begitu juga dengan tata cara sholat tahajud dan bacaanya beserta hukum shalat tahajud.

Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya' sampai masuknya waktu subuh. Walaupun begitu ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu

Mengenai pembahasan waktu sholat tahajud, sebenarnya bisa dilaksanakan disaat kapanpun dan tentunya dengan rentan waktu ba'da waktu sholat isya' dan sampai bertemunya waktu sholat subuh. Sedangkan menurut banyak kesepatkan para ulama, waktu sholat tahajud yang terbaik adalah sepertiga malam terakkhir dengan. Yang dimaksud sepertiga malam disini adalah setelah lewat tengah malam sampai masuknya waktu subuh.

Ada syarat yang harus dipenuhi jika hendak melaksanakan sholat tahajud, meskipun sudah masuk waktunya untuk sholat tahajud, yaitu harus tidur dulu meskipun cuma sebentar. Jika tanpa didahulu dengan tidur terus melaksanakan sholat tahajud, makan dianggap hukumnya sebagai sholat sunah mutlak.

2. Manfaat sholat tahajud


Sholat ini tahajud ini sangat bermanfaat baik muslim yang rajin dengan ikhlas menjalankannya secara istiqomah, karena sholat tahajud ini sebagai pakaian amalan orang-orang yang sholeh, maka dengan tahu manfaat sholat tahajud kita bisa semakin yakin dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan insa Allah dengan pedekatan diri kita kepada Allah SWT bisa sebagai penghapus dosa-dosa kita yang selama ini kita telah perbuat, dan selalu menjaga kita dari perbuatan doa yang belum dilakukan.

Jika kita sudah megikuti amalan orang-orang sholeh, kedekatan kita juga terhadap Allah semakin kuat, dosa-dosa kita sudah terampuni dan selalu menjaga diri dari perbuatan doa, maka niscaya doa-doa kita akan cepat terkabul ijabah oleh Allah SWT, itula salah satu dan banyak lain hal tentang manfaat sholat tahajud.

Sebagaimana sabda Rasulallah SAW:
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِـحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ.
Artinya: Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan.

4. Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud


Dalam hal sholat apapun selalu ada dzikir atau doanya begitu juga dengan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, karena sudah maklum adanya tanpa dzikir dan doa akan dirasa kurang sempurna amal ibadah yang kita lakukan, apalagi setelah sholat tahajud:

Kita bisa melakukan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud yang pendek-pendek saja seperti dibawah ini:

- Membaca Istighfar (Astaghfirullohal ‘Adzim)

Artinya: Aku Memohon Ampun Kepada Alloh Yang Maha Agung

- Membaca Tasbih (Subhanalloh)

Artinya: Maha Suci Alloh

- Membaca Takbir (Allohu Akbar)

Artinya: Allah Maha Besar

- Membaca Tahmid (Alhamdulillah)

Artinya: Segala Puji Bagi Allah

- Membaca Tahlil (Laa ilaaha illalloh)

Artinya: Tidak Ada Tuhan Selain Allah

- Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW (Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad)

Untuk jumlah silahkan saja sesuaikan dengan kemampuan supaya dzikir dan doa sesudah sholat tahajud kita menjadi berkah, bukan karena keterpaksaan tapi memang ikhlas lillahi ta'ala

5 Cara sholat tahajud dan witir


Bagi kita yang sudah terbiasa melaksanakan sholat wajib tentunya cara shola tahajud dan witir ini tidaklah asing. Sebab, pelaksanaanya sama persis seperti sholat wajib pada umumnya, cuma membedakan jumlah rokaatnya saja, tetapi cara sholat tahajud dan witir ini ada baiknya kita bahas secara mendetail seperti dibawah ini: sedangkan witir silahkan baca pada link berikut ini: Shalat Witir, Doa Shalat Witir Bahasa Arab-Latin Dan Terjemahannya atau Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat Langsung

6. Tata cara sholat tahajud dan bacaannya


- Membaca Niat Sholat Tahajud


Semua ibadah dalam agama islam pasti tidak terlepas dengan niat, tentunya niat yang disengaja. Maka dari itu pasti ada doanya, begitu juga dengan sholat tahajud, Doanya sebagai berikut:
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatat-Tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah Tahajjud dua raka’at semata-mata karena Allah Ta’ala
Hitungan rokaat pertama

1. Takbiratul Ihram membaca
اَللّهُ اَكْبَرُ
Allahu’akbar
Artinya : “Allah Maha Besar”
2. Membaca Doa Iftitah. Bacaanya sbb:
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيْفاً مُسْلِماً وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Bacaan Latin: Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Inni Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Artinya : Allah Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya. Segala Puji Bagi Allah, Pujian Yang Sebanyak-Banyaknya. Dan Maha Suci Allah Sepanjang Pagi Dan Petang. Kuhadapkan Wajahku Kepada Zat Yang Telah Menciptakan Langit Dan Bumi Dengan Penuh Ketulusan Dan Kepasrahan Dan Aku Bukanlah Termasuk Orang-Orang Yang Musyrik. Sesungguhnya Sahalatku, Ibadahku, Hidupku Dan Matiku Semuanya Untuk Allah, Penguasa Alam Semesta. Tidak Ada Sekutu Bagi-Nya Dan Dengan Demikianlah Aku Diperintahkan Dan Aku Termasuk Orang-Orang Islam. 
3. Dilanjutkan dengan Baca Surat Al-Fatihah
4. Selanjutnya Membaca Surat Atau Ayat-Ayat Dari Al-Qur’an, silahkan pilih yang surat yang mana saja yang anda hafal.
5. Terus melakukan Ruku serta membaca doanya insya Allah saya yakin anda sudah hapal
6. I'tidal berikut doanya :
رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ الاَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ
Bacaan Latin: Rabbanaa lakal hamdu Mil ussamaawaati wamil-ul ardhi wamil-u maasyi’ta min syai-in ba’du.

Artinya : Ya Allah ya Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudah itu.
 
7. Langsung melakukan Sujud

8. bangun dari sujud langsung Iftirasy (Duduk Diantara Dua Sujud)

9. Langsung melakukan Sujud kembali

Hitungan rokaat Kedua


Tata cara sholat tahajud dan bacaannya ini sama seperti langkah diatas:

10. Silahkan ulangi dari langkah atau tata cara sholat tahajud no. 3 sampai dengan no. 9, untuk langkah no. 4. silahkan ganti dengan bacaan surat dari Al-Qur'an yang lain, yang mungkin saja anda sudah hafal.

11. Tasyahhud Akhir dan berikut dibawah doa yang dibaca:
اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمِ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَمَّدٍ، كََمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمِ . فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Bacaan Latin: At-tahiyyaatul mubaarakatush-shalawaatuth-thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin. Wa ‘alaa aali Muhammadin kamaa shallaita ‘alaa Ibraahiim, wa ‘alaa aali Ibraahiim, wa baarik ‘ala Muhammadin wa ‘alaa aali Muhammadin, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahiim wa ‘alaa aali Ibraahiim, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan (shalawat), serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi (Muhammad). Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan allah.”

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan (Shalawat) untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan (shalawat) kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan (shalawat) kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung (Mulia).
12. Mengucapkan Salam ke sebelah kan, dan dilanjutkan ke sebelah kiri berikut bacaannya:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
Assalaamu ‘Alaikum Wa Rahmatullah, Assalaamu ‘Alaikum Wa Rahmatullah

Artinya: Semoga keselamatan dan rahmat Allah limpahkan kepadamu 

 

7. Hukum shalat tahajud


Shalat tahajjud ini hukumnya termasuk kepada sunnah muakkadah artinya sunnah yang sangat ditekankan. Hukum shalat tahajud ini banyak dibahas dengan dalil yang kuat dari Al-Qur'an dan Sunnar Rasul Muhammad SAW berserta kesepakatan para ulama


Sebagai mana yang disampaikan Allah didalam Al-Qur'an Surat Al-Israa/17 : 79] sebagai berikut:
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya: Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji 

Dan juga dalam surat As-Sajdah/32 : 16-17 Allah Ta’ala berfirman sebagai berikut:
تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Artinya: Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Dan juga dalam surat Adz-Dzaariyaat/51 : 17-18 Allah Ta’ala berfirman sebagai berikut:
كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
Artinya: Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). 

Didalam hadits-hadist dari Rasulallah banyak sekali membahas dari manfaat sholat tahajud diantara hadits dibawah ini: sebagai berikut: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ الْمَكْتُوْبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ.
Artinya: Shalat yang paling utama setelah shalat yang fardhu adalah shalat di waktu tengah malam.

 

 8. berapa rakaat shalat tahajud

Untuk pemula memang suka ragu-ragu, kadang muncul pertanyaan berapa rakaat shalat tahajud yang dibenarkan. Jawaban raakat shalat tahajud yang benar adalah antara 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat. Silah melakukan beberapa saja selama kita masih enjoy dan ikhlas dalam melakukannya. Kalau memang sedang malas sekali usahan 2 rakaat shalat tahajud jangan kita tinggalkan.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Waktu, Manfaat Dan Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud"

Posting Komentar