7 Cara Mendapatkan Suara Yang Merdu Dalam Membaca Al-Qur'an

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh bertemu kembali dengan blog perjalanandoa! Bagaimana kabar teman-teman semua pada hari ini? Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan kebaikan kepada kita bersama.

Baca Juga: Murottal Qiroah Surat Al-Waqiah MP3 atau Video

Baik untuk Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi kepada teman-teman, bagaimana "cara mendapatkan suara yang merdu" Nah itu seperti apa ya ngaji yang merdu itu? Adalah ngaji yang bikin pendengar merasa nyaman saat kita membacakan atau melantunkan ayat-ayat Alquran, dan kita juga merasakan hal yang sama.

7 Cara Mendapatkan Suara Yang Merdu Dalam Membaca Al-Qur'an


7 Cara Mendapatkan Suara Yang Merdu Dalam Membaca Al-Qur'an


Ada beberapa "tips untuk mendapatkan suara merdu atau suara yang enak didengar" saat kita membaca Alquran:

# 1. Pertama yaitu perhatikan kondisi suara kita dalam baca Alquran, apalagi membaca dengan menggunakan Irama, perlu diperhatikan kesehatan suara kita. Jadi kalau misalnya suara kita lagi serat lagi kurang sehat, atau badan kita terasa lelah jangan dipaksakan dalam berlatih atau membaca Alquran.

Sehingga nanti kalau dipaksakan kita bakal merasa tidak nyaman, dan pendengar pun juga merasa tidak nyaman kalau kita melantunkan ayat-ayat Alquran dengan suara yang kurang sehat.

Apalagi kalau kita mau lomba, kita bakal merasa tidak nyaman karena kondisi kesehatan badan. Kalau misalnya suara kita serak dan tenggorokan terasa perih, itu menandakan suara kita kurang sehat ya teman-teman. Jadi bagaimana cara mendapatkan suara yang sehat cukup istirahat.

# 2. Kemudian jangan terlalu banyak bicara, kalau nggak penting. Jangan terlalau banyak bicara jika bukan hal yang penting.

# 3. Kemudian menurut kunci waktu yang efektif untuk latihan adalah subuh hari, kemudian setelah maghrib. Jadi teman-teman harus pandai-pandai menjaga kondisi badan dan suara, karena kondisi badan juga mempengaruhi kondisi suara.

# 4. Kemudian adalah kuasai makhrojul huruf atau pengucapan kita yang benar dalam mengaji,
kita harus menguasai pengucapan atau menguasai makhrojul huruf. Jadi teman-teman harus belajar-belajar dulu, harus dikuasai dulu makhrojul hurufnya atau pengucapan dalam membaca Alquran.

# 5. Selanjutnya adalah pengaturan nafas, untuk mendapatkan suara yang merdu teman-teman meski tahu bagaimana cara mengatur nafas kita, jangan sampai nanti nafas enggak sampai rasanya saat membaca al-qur'an.

# 6. Kuasai Irama.
Untuk mendapatkan suara yang merdu dan enak didengar, kita mesti memperindah bacaan kita, salah satunya adalah dengan membaca Alquran menggunakan Irama, dan sebelumnya kita sudah belajar juga mengenai Irama.

# 7. Evaluasi. Jadi di sini maksud evaluasi yaitu, merekam atau mengulang latihan kita atau apa yang diajarkan kepada kita, kemudian makhrojul huruf nya udah juga, kita pelajari Irama juga kita kuasai, silakan teman-teman evaluasi.

Baiklah teman-teman itulah 7 tips untuk mendapatkan suara yang merdu, semoga bermanfaat bagi teman-teman, dan jika nanti ada kekurangan Insyaallah akan kita sambung artikel berikutnya, atau bagi teman-teman yang ingin menambahkan silahkan ditulis di kolom komentarntar. Sampai disini dulu mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan semoga bermanfaat postingan kali ini dan tetap semangat buat teman-teman.

Salam - Perjalanandoa
Print Friendly and PDF

0 Response to "7 Cara Mendapatkan Suara Yang Merdu Dalam Membaca Al-Qur'an"

Posting Komentar