Doa Minta Hati Yang Sabar Supaya Terhindar Dari Penyakit Hati

Doa Minta Hati Yang Sabar Supaya Terhindar Dari Penyakit Hati  - Penyakit hati bisa merusak segala amal ibadah kita bahkan semuanya tiada yang tersis, merusak jalinan persaudaraan ataupun pertemanan bahkan terkadang sering gesekan dengan tetangga, semua hubungan yang tadinya adem ayem bisa tiba-tiba kisruh, kalau seseorang atau salah-satunya memiliki apa yang namanya penyakit hati.
   
Penyakit hati disini kita kelompokan menjadi beberapa jenis diantaranya; Iri, Dengki, Takabur, Sombong, Riya atau Pamer dan lain sebagainya. Hati merupakan penentu sebagai ruh dan jiwa seorang Muslim. Apabila kita bisa menjaga kebersihan hati, maka dapat menjaga kita terhindar dari perbuatan tercela yang sedianya kita lakukan.

 dan terhindar dari penyakit hati


Salah satu firman Allah yang menyinggung penyakit hati ini disebutkan dalam Al-Qur'an Sbb:
وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Artinya: "Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir". (QS At Taubah : 125)

Sebagaimana sudah disinggung pada ayat diatas, makanya tidak heran jika hati tidak selamanya bersih. Banyak penyakit yang kerap menghinggapi hati manusia seperti iri, dengki, dendam, sombong, dan sebagainya.

Baca Juga: Doa dan zikir setelah shalat fardu

Hati yang terkena penyakit dapat mengarahkan manusia untuk berbuat nista atau perbuatan tercela. Bahkan dapat mendatangkan bahaya bagi orang lain dan yang si-empunya penyakit itu sendiri. Maka dari itu Rasulallah tidak lah berlebihan jika sampai mengajarkan kepada kita sebuah do'a agar bisa terhindar dari penyakit hati ini.

    Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa untuk membersihkan hati. Doa ini tercantum dalam hadits riwayat Muslim dari Zaid bin Arqam Radliyallahu 'Anh.

 Doa membersihkan hati


Allahumma ati takwaha wa zakkiha anta khoiru man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha. Allahumma inni a'uzubika min 'ilmin la yanfa'u wa min qolbin la yakhsya'u wa min nafsin la tasyba'u wa min da'watin la yustabu laha.

Artinya: " Ya Allah, karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau-lah yang menjaga serta melindunginya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak dikabulkan."

Doa untuk terhindar dari panyakit hati atau kita memohon di hindarkan dari pengaruh buruk atau orang lain yang berpengaruh buruk

Baca Juga: Menghadapi Rasa Takut DiTagih Hutang

Doa Menghindar Dari Pengaruh Buruk


Allahumma inni a'udzubika min yaumis su' wa min lailatis su' wa min sa'atis su' wa min shahibis su' wa min jaris su' fi daril muqamah

Artinya: " Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk teman yang buruk, dan dari tetangga yang buruk di tempat tinggalku."

   Di dalam lingkungan tempat tinggal kita terkadang kit temui orang atau tetangga yang gak sejalan dan seirama dengan kita, bahkan terkadang ada juga yang membuat hati kesal dan jengkel. Semua itu lazim ada di lingkungan tempat tinggal kita, karena memang kita hidup bermasyarakat dan berbaur dengan orang banyak.

Jadi wajar kalau terkadang ada gesekan yang kurang mengenakkan di dalam lingkungan tempat tinggal kita, jika kita menemui tetangga atau orang yang tidak baik janganlah di balas dengan keburukan, lebih baik kita doakan saja mereka berdoa yang baik untuk mereka.

Doa untuk terhindar dari panyakit hati atau kita memohon di hindarkan dari pengaruh buruk atau orang lain yang berpengaruh buruk

Baca Juga: Do'a Agar diberi Kesabaran, Keikhlasan, dan Ketenangan hati

Doa untuk orang yang zalim kepada kita


Allahumma'fu 'amman dzalamani.

Artinya: " Ya Allah, ampunilah orang yang zalim kepadaku."

   Selain mendoakan orang yang zalim atau tidak baik terhadap kita, janganlah lupa selalu memohon kepada Allah supaya kita selalu di beri kesabaran dan keiklasan hati serta keselamatan.

Doa Memohon Kesabaran


رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

‘Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin’.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al Baqarah: 250).

Dan Berikut ini;

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

‘Ya Muqollibal Quluubi Tsabbit Qolbiy ‘Alaa Diinika’.

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.

Baca Juga: Demi Akidah, Masitoh rela kehilangan anak dan suaminya - Ceramah Zainduin MZ

Hidup rukun dan damai itu idaman dan impian setiap orang, hidup berdampingan bersama dan sejahtera akan tercapai jika kita semua bisa menjaga hati dan pikiran kita, semua berawal dari hati dan pikiran, kebahagiaan dan kedamaian pun datangnya dari hati. Belajar  menata hati dan memohon agar kita selalu di beri hati yang damai, tenang. Maka kita harus berdoa dan selalu berdoa, karena memang ada doa untuk semua hal dan dengan berdoa kita bisa menjadi tenang dan isyaallah menjadi pemenang.

Menghadapi masalah dalam hidup. Terkadang berbagai permasalahan hidup tersebut kerap membuat hati menjadi gelisah dan tidak tenang, apalagi jika cobaan dan masalah hidup tersebut tak kunjung berakhir, tentu bisa membuat kita terus menerus resah. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan berdoa. Berdoa kepada Allah SWT jadi jalan keluar untuk semua masalah yang tengah dihadapi.

Berikut ini doa ketenangan hati yang bisa kalian lantunkan setiap kali merasakan gundah dan resah dalam hati.

Doa ketenangan hati

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Baca Juga: Bila Izroil datang memanggil oleh KH Zainudin MZ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

Selain membuat hati yang gelisah menjadi tenang, berdoa juga bisa membuat kita menemukan jalan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, dan yang lebih insyaAllah doa yang kita lakukan menjadi amal kebaikan kita, yang dimata allah hanya ganjaran yang akan kita dapatkan. Sebab berdoa memang telah allah perintahkan dan menjadi wajib hukumnya kepada kita sebagai makhluk Allah SWT.

   Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang baik, memiliki hati yang damai dan semoga kita bisa selalu bersyukur akan semua yang telah Allah berikan.

Wasalamu'alaikum - Salam dari kami team blog perjalanandoa
Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Minta Hati Yang Sabar Supaya Terhindar Dari Penyakit Hati "

Posting Komentar