Jangan Benci Riba, Berdamailah Dengannya

Perjalanandoa - Jangan Benci Riba, Berdamailah Dengannya - Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh..Halo apakabar teman-teman? semoga para pembaca semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Berjumpa lagi dengan blog perjalanandoa, Salam berlimpah. Sahabat kali ini saya akan membahas berkaitan dengan riba atau mungkin hutang, hutang riba. Saya tidak membahas dari segi agama dan ini memang artikel saya sebagai pesan bagi Anda yang punya hutang, entah itu hutang bank, hutang rentenir dan berkaitan dengan riba.



Kami blog perjalanandoa tidak membahas tentang hukumnya, Kebanyakan orang saat punya hutang mereka itu sangat benci terhadap kondisi hutangnya, dulu misalnya hutangnya 50 juta, eh malah tahu-tahu menumpuk menjadi 100 juta. Atau dulu hutangnya sedikit eh tahu-tahu banyak bunga dan akhirnya menjadi banyak dan seterusnya.

Saya sangat maklum dan sangat wajar kalau misalnya Anda saat ini memang merasa sakit hati, merasa kecewa dan sedih. Berkaitan dengan kondisi Anda alami saat ini, anda mencari solusi kesana kemari, tetapi belum ada pencerahan, belum ketemu solusinya. Kalau misalnya Anda benci hutang dan riba, maka yang terjadi adalah hutang Anda semakin tidak terselesaikan.


BACA JUGA: Keajaiban Sholawat Pendek 70 Hajat Akhirat dan 30 Hajat Dunia Qobul

Mungkin dulu anda tidak peduli berkaitan dengan hutang, mungkin bisa jadi Anda keberatan secara pribadi dan keuangan Anda belum matang, kemudian seiring berjalan waktu hutang Anda belum terlunasi, dan anda belajar berkaitan dengan hukum agama. Lalu anda tahu bahwa itu riba seperti apa hukumnya, lantas ada sok-sokan ingin keluar segera dari jeratan riba, yang saya maksudkan anda ingin keluar dari riba, harapannya adalah anda nanti tidak disiksa oleh Allah di neraka.

Intinya adalah anda khawatir kalau misalnya anda tidak diampuni oleh ya Allah, tahu dari mana ada nanti akan masuk neraka? atau anda tidak diampuni oleh Allah SWT? Kemudian Anda ingin mensucikan diri. Jadi Jangan benci terhadap hutang Anda, semakin Anda benci, semakin Anda tidak suka dengan hutang Anda, atau anda sedang berusaha keluar dari jeratan riba. Maka yang terjadi adalah hutang Anda semakin tidak bisa terselesaikan, bahkan semakin menjadi-jadi karena apa? Karena Anda tidak bisa menerima takdir Allah.

Anda memberi hutang itu adalah keputusan anda sebelumnya, maka hadapi Saja jangan dibenci, padahal hutang itu dulunya dia berjasa kepada anda, kalau tidak ada hutang maka anda akan menjadi sulit pada waktu itu.  Jadi mau tidak mau adalah hutang memang sudah berjasa dalam hidup anda, maka Jangan benci hutang tersebut karena dia sudah berjasa.

BACA JUGA: Amalan Doa Sebelum Tidur Agar Hajat Terkabul

Kemudian yang kedua adalah setelah anda tidak Membenci hutang tersebut, anda berdamai dengan diri Anda, maka minta Maaflah kepada diri anda, Minta maaf lah kepada Allah. dan maafkan juga diri anda yang sudah lelah "Diriku maafkan aku, karena aku lah kamu menjadi menderita, kamu menjadi Stres, kamu menjadi tidak tenang hidupnya, kamu menjadi terbebani, Maafkan aku wahai diriku! Ya Allah ampunilah aku, ya Allah ampunilah diriku"

Jadi janganlah lagi dengan utang anda berdamailah dengan riba, berdamailah dengan kondisi Anda saat ini. Ketika anda sudah berdamai sudah mengikhlaskan, Anda tidak benci dengan hutang,  dengan istilah riba tersebut, janganlah seolah-olah andak sok-sokan ingin mensucikan diri dari riba maka berdamailah dulu.

Jangan benci hutan riba itu yang pertama, ini saya tujukan kepada anda yang memang punya utang yang ada bunganya disitu, sekali lagi saya tidak membahas tentang hukum agama, karena bagi saya hukum agama itu saya serahkan kepada yang benar-benar ahlinya. Dan juga berkaitan dengan pinjam uang ke bank masih ada yang namanya khilafiyah, ada yang membolehkan ada yang tidak. Tetapi yang jelas adalah kalau menurut saya lihat saja dari segi manfaatnya.

BACA JUGA: Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro Pendek dan Panjang

Kemudian yang kedua adalah saya tujukan kepada anda yang tidak punya hutang, kemudian Anda menjauhi hutang atau menghindari hutang, bahkan Anda mungkin benci dengan hutang, sama saja ya Oke. Jadi begini jujur saya dari dulu tidak suka yang namanya berhutang, bukan berarti saya menghindari riba, cuma saya ingin hidup lebih nyaman itu saja, saya ingin hidup lebih damai tidak ada tanggungan dan beban, yang setiap bulannya terus saya pikirkan, karena buat saya hal itu menderitakan diri sendiri, menyengsarakan diri sendiri.

Kalau misalnya Anda yang tidak punya hutang, Kemudian Anda benci pada orang yang berhutang, sama saja tidak baiknya orang yang berhutang. Sebab mereka berhutang ini pasti punya alasan tertentu pastinya seperti itu, sampai-sampai dia berhutang, entah itu alasannya untuk kepentingannya sendiri atau untuk kebutuhan orang lain, ataukah untuk alasan yang lain, yang jelas adalah dia punya alasan tersendiri.

Ketika anda membencinya tidak suka dengan orang yang berhutang, kemudian Anda juga ikut-ikutan benci dengan hutang, benci dengan riba, maka yang terjadi adalah Anda juga tidak bisa berdamai dengan segala sesuatu di dunia ini. ada hal yang tidak Anda sukai yaitu hutang atau riba, tidak suka boleh, tapi jangan benci yang terlalu amat, karena ketika anda benci terhadap orang berhutang atau Anda benci terhadap riba, terhadap hutang, maka ya Anda tidak sepenuhnya bisa menerima dunia ini, Ingat dunia ini itu ada gelap ada terang, ada hitam ada putih, ada orang baik Ada orang jahat, ada orang yang menyengsarakan ada orang yang menyenangkan, ada yang suka berbuat onar, ada yang suka menciptakan kedamaian.

BACA JUGA: Bagaimana caranya menarik uang atau menghasilkan uang dengan afirmasi

Jadi istilah riba dibuat oleh manusia sendiri, maka yang terjadi adalah ketika sudah dibuat, sudah terima saja. Kalau anda ingin menghindari hindari biasa saja jangan benci terhadap riba, Jangan benci terhadap utang, kalau anda benci maka sama halnya anda tidak bisa menerima segala sesuatu yang ada di dunia ini. Karena bagi saya pribadi kalau misalnya ada orang berhutang dan ada yang ingin lunas hutangnya,  Saya doakan saja jangan dibenci orang berhutang itu, kita doakan semoga dimudahkan Jalan rezekinya, sehingga bisa membayar hutang atau amanahnya.

Sahabat lalu kita doakan juga agar nantinya dia tidak berhutang, yang justru nanti membuat dia semakin menderita,  begitu. Yang jelas adalah kita doakan orang tersebut,  begitu saja sahabat yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat, saya selalu doakan Anda agar anda dimudahkan rezeki, anda di gampangkan urusannya dan anda di muliakan .Sekian dari saya terima kasih, salam berlimpah dan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Print Friendly and PDF

0 Response to " Jangan Benci Riba, Berdamailah Dengannya"

Posting Komentar