5 Langkah Cara Melunasi Hutang dengan Mudah

Perjalanandoa - 5 Langkah Cara Melunasi Hutang dengan Mudah - Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh jumpa lagi dengan saya admin blog perjalanandoa. Pada kesempatan kali ini saya ingin bahas satu hal yang berkaitan dengan hutang, yang mungkin saat ini juga anda alami yaitu: Bagaimana cara melunasi hutang. Jadi saya akan membahas 5 hal caranya. Sebenarnya ada beberapa  tapi saya rangkum dalam 5 hal ini, yang perlu dipahami, secara jujur saya sebenarnya tidak suka yang namanya hutang! karena selama saya hidup pun saya alhamdulillah jauh dari kata hutang, karena hutang itu membuat diri kita tidak nyaman, membuat diri kita tidak bisa tenang dalam hidupnya, Itulah kenapa saya memilih untuk bebas dari yang namanya hutang.

5 cara melunasi hutang dengan mudah


Tetapi saya dalam hal ini kepada anda barangkali memang butuh dan kebetulan ini juga termasuk salah satu permintaan teman-teman, maka saya bagikan 5 cara bagaimana cara agar bisa hutang lunas. Baik saya akan bahas satu persatu 5 hal tersebut:

1. Harus Ikhlas

Yang pertama adalah kita harus ikhlas, jadi tidak semua orang itu bisa benar-benar ikhlas menerima bahwa dia itu berhutang, punya hutang, karena keikhlasan di sini dalam hatinya adalah menerima kondisi bahwa memang yang dialami saat ini, memang sedang minus, Tapi ketika anda tidak mau menerima, tidak mau ikhlas, tidak belajar untuk ikhlas, menerima kondisi Anda saat ini . Ya tentu saja ini akan terasa  sulit, dan Itulah kenapa ikhlas disini sangat penting.

BACA JUGA:
Berbakti kepada ibu atau orang tua yang jahat

Bahkan ketika anda tidak bisa ikhlas, pikiran anda itu seolah-olah buntu, anda tidak bisa berpikir dengan jernih, anda tidak bisa berpikir dengan baik, Sebaliknya Ketika anda bisa ikhlas, Anda bisa menerima kondisi saat ini, anda bisa mengakui bahwa anda benar-benar punya hutang, dan sudah saya terima dan saya akui bahwa saya punya hutang, apalagi hutang yang saat ini anda alami adalah keputusan anda sendiri, seperti itu kalau Anda punya keputusan bahwa anda sebelumnya ingin berhutang, ya sudah terima saja itu konsekwnsi adalah seperti ini, maka terima dulu ya sahabat, kita terlebih dahulu terimakan bahwa anda benar-benar dalam kondisi minus begitu, dan Anda bagaimana caranya untuk Ikhlas, memang ini perlu berlatih dan saya sudah pernah bahas pada artikel yang berkaitan dengan Bagaimana cara belajar untuk ikhlas, silakan Anda searching pada blog saya.

2. Ganti Kata Hutanng dengan istilah lain

Kemudian yang kedua adalah ganti kata hutanng dengan istilah lain, kata karena hutang ketika anda punya mindset bahwa anda punya hutang, kalau misalnya anda ganti istilah hutang dengan kata lain, saya berikan contoh Anda bisa ganti kata hutang dengan istilah amanah, atau sisipan atau Anugrah.


BACA JUGA:
1 Kata Sakti Pembuka Pintu Gerbang Rezeki

Karena pada dasarnya anda pun sudah dipercayai oleh pihak lembaga atau oleh pihak orang tertentu, teman saudara atau siapapun yang menghutangi anda, Anda sudah dipercaya bahwa anda bisa mengembalikan uangnya, Anugrah bukan dalam artian pemberian, pemberian dari Allah pada kita begitu positif maupun negatif, Jadi intinya adalah anugerah pemberian dari Allah. Ganti Istilah dengan kata kata tersebut dengan menggunakan yang lain, kalau misalnya anda pakai kata hutang, maka yang terjadi adalah kata itu sendiri akan menjadikan beban. Coba anda ucapkan kata hutang, apa yang ada di perasaan anda? beban kan, berbeda kalau misalnya anda ganti dengan kata yang lain, misal amanah, titipan, pinjaman, anugerah. Itu tidak ada rasa beban, silahkan anda pilih mana yang menurut atau sekiranya cocok untuk Anda.

3.  Jual Ase (Jika anda punya aset)

Kemudian yang ke-3 adalah jika anda punya aset, maka juallah aset anda, banyak orang berhutang ,mereka itu karena gengsi, kebanyakan rata-rata orang yang berhutang itu adalah karena gengsi, ingin diakui, belum punya mobil, ambil mobil, saya pengen punya motor baru yang terbaru, keluaran terbaru, biar terlihat orang itu punya motor baru, dan ada rata-rata Kebanyakan orang berhutang itu hidupnya tidak akan bisa senang.

Sahabat.. Anda akan selalu terbebani  jikalau anda berhutang karena gengsi, dan anda sudah terlanjur ambil motor kredit, mobil dan seterusnya. Maka kembalikan saja lepaskan, pada dasarnya hidup dengan gengsi tidak akan membuat kita menjadi lebih bahagia, justru akan membuat hidup susah. Maka jual aset itu adalah satu-satunya jalan keluar untuk menutup hutang Anda. silakan Anda Jual baik itu bisa berupa kendaraan motor, mobil atau mungkin tanah anda dan seterusnya.

4. Fokus pada Income

Kemudian yang selanjutnya yang keempat adalah fokus pada income, tambah income. Bertambah dalam artian anda ketika anda punya hutang kemudian fokus anda adalah hutang,  maka akan terus menjadi beban, sehingga anda tidak bisa berpikir dengan jernih . Itulah Kenapa Anda perlu mengubahnya dengan istilah tadi pada point no 2, kemudian fokus pada income atau pendapatan anda, dan jika Anda saat ini tidak bisa mendapatkan tambahan penghasilan, Coba saja untuk jualan kalau anda bekerja setiap bulan gajian belum bisa menutupi hutang-hutang Anda.

Coba latihan belajar untuk jualan, tidak harus pakai modal, jualan zaman sekarang jualan online, ikut menjualkan atau ikut membantu menjualkan produknya orang lain, model anda hanya kuota internet dan juga HP itu saja, dan produknya adalah milik teman ataupun saudara Anda, atau di toko-toko online juga banyak. Jadi silakan Anda belajar bagaimana cara menambah pendapatan Anda, fokus pada income anda untuk ditambah.

BACA JUGA: KEAJAIBAN SHOLAWAT 1000X, TERCAPAI HAJAT PUNYA MOBIL

Atau Jika Anda memang selama ini hidupnya boros, boros dalam artian tidak perhitungan, kemudian Anda biar kelihatan punya banyak uang, itu yang salah silakan coba pengeluaran Anda dibatasi. Coba anda catat mana kira-kira pengeluaran yang sekiranya tidak perlu, dikeluarkan atau tidak, perlu dibeli atau tidak. Jika masih ada sisa uang dari hasil mengurangi pengeluaran yang tidak penting, silahkan bisa di alokasikan untuk mencicil hutang Anda.

5. Berpasrah/Tawakkal

Kemudian yang ke 5 yang terakhir adalah berpasrah, jadi masalah di sini adalah anda bisa menyerahkan segala urusan kepada Allah, kita menyerahkan segala apapun persoalan hidup kita kepada Allah termasuk hutang, Ketika anda sudah benar-benar merasa bahwa anda seolah-olah tidak sanggup menanggung hutang, maka silakan Anda berpasrah kepada Allah. Serta maksimalkan kemampuan Anda dalam proses secara lahiriyah, berupaya secara berisik, misalnya melakukan aktivitas agar bisa menambah income, Silakan Anda belajar pada pakarnya yang berkaitan dengan hutang.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Print Friendly and PDF

0 Response to "5 Langkah Cara Melunasi Hutang dengan Mudah"

Posting Komentar