bagaimana hukum melakukan shalat tarawih sendirian?.

Selamat Pagi sahabat perjalana doa - Alhamdulillah pada kesempatan ini kita akan memposting mengenai sebuah pertanyaan mengenai tarawih, kami rasa ini sangat penting dan wajib untuk kita ketahui bersama agama dapat meminimalisir kesalahan yang kita lakukan mengenai sholat tarawih ini.

Menjelang bulan ramadhan ini banyak pertanyaan yang disampaikan, diantaranya bagaimana Hukum Sholat Tarawih sendirian?

Jawabannya bahwa, itu sholat malam hari dibagi menjadi beberapa bagian, ada yang namanya sholat tahajjud, yaitu sholat yang dilakukan setelah tidur malam, sebelum shubuh. 

sholat tarawih sendirian

Ada yang dinamakan sholat malam, yaitu sholat yang dilakukan pada malam hari, termasuk sholat tahajjud. Tapi sholat malam ini boleh dilakukan sebelum tidur.

Dan yang ketiga yaitu yang dinamakan sholat tarawih, sholat tarawih ini yaitu sholat malam yang dilakukan pada malam bulan ramadhan khusus. Jadi kalau diluar bulan Ramadhan tidak dinamakan sholat tarawih, jadi sholat tarawih ini asalnya sholat tahajjud atau sholat malam, tapi dilakukan pada bulan ramadhan.

Pertanyaanya bagaimana hukum melaksanakan sholat tarawih sendirian? 

Dari pengertian sholat malam yang diatas bahwa, asal sholat malam itu adalah sendiri, atau disunahkan sendiri karena sholat malam itu tujuanya beribadah kepada Allah secara ikhlas, secara sembunyi-sembunyi ketika manusia-manusia yang lain sedang tidur.

Hadistnya: Shollu billaili wannasu niamu,

Artinya "Sholatlah pada malam hari ketika manusia sedang tidur".


Maka yang paling utama adalah dilakukan sendiri, itu kalau sholat malam diluar bulan ramadhan, baik itu sebelum tidur, maupun setelah tidur, kalau sebelum tidur itu namanya sholat malam, kalau sesudah tidur itu namanya sholat tahajjud.

Adapun sholat tarawih khusus itu dibulan ramadhan sunnahnya itu bukan sendiri, tapi disunnahkan secara berjama'ah. Sebab bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang diturunkan didalamnya Al-Qur'an.

Sebagai syi'ar sebagai umat islam maka disunnahkan sholat tarawih secara berjama'ah, ini dicontohkan oleh Rasulallah selama tiga malam, diteruskan oleh umar bin khatab sampai sekarang.

Jadi sunnahnya adalah berjama'ah, kalau tidak berjama'ah bagaimana? ya hukumnya diperbolehkan, karena memang asli daripada sholat taraweh itu sholat malam, dan sholat malam itu adalah dikerjakan secara sendiri, tetapi tidak afdhol, kenapa tidak afdhol karena tidak menyemarakan syiar islam.

Tapi diperbolehkan dengan misalnya kita bekerja sampai malam, tidak bisa melaksanakan sholat tarawih, boleh diganti dengan melaksankan sholat malam sendiri dirumah, sebelum dan sesudah tidur, tapi lebih afdol dilakukan secara berjama'ah.

Bahkan ada keterangan dalam sebuah hadits "Sholla ma'al imami hatta yansorif kutibalahu sholat lailin" 
Artinya: Barang siapa yang sholat (tarawih) bersama imam pada bulan ramadhan sampai selesai (sampai imamnya bubar), maka seakan-akan ia sholat semalam penuh"

Lihatlah keutamaan sholat tarawih secara berjama'ah, meskipun cuma setengah jam misalnya, atau satu jam tapi pahalanya satu malam penuh dihitungnya, daripada sholat sendiri berjam-jam tapi pahala masih kalah dengan sholat berjama'ah meski cuma satu jam bersama imam sholat tarawih.

Jadi dengan adanya hitungan pahala sholat tarawih berjama'ah ternyata sangat luar biasa, semoga ini bisa menjadi motivasi yang tinggi, buat kita tetap bisa semangat dikala sedang cape untuk melaksanakan sholat tarawih secara berjama'ah. Aamin
Print Friendly and PDF

0 Response to "bagaimana hukum melakukan shalat tarawih sendirian?."

Posting Komentar