Bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat - KH Zainudin MZ

Perjalanan Doa | Ceramah Zainudin MZ - Doa cara melunasi hutang dengan cepat ini, adalah sebuah doa yang diajarkan oleh baginda Rasul Muhammad SAW kepada sahabatnya, yang ketika itu sedang kesusahan karena belum bisa melunasi hutangnya, dan sahabat Nabi tersebut dijumpainya seakan-seakan sedang khusyu berdoa didalam sebuah mesjid, padahal sahabat Nabi tersebut sedang bersembunyi dari yang menagih hutang kepadanya.

melunasi hutang dengan cepat ini doanya

Baik sahabat ceramah zainudin mz, jika penasaran seperti apa dan bagaimana mengenai do'a cara melunasi hutang dengan cepet, mari kita simak cerama zainudin mz berikut ini:

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah, suatu hari ketiga baginda rasul masuk kedalam mesjid, didapatinya salah seorang sahabat sedang khusyu bertafakur didalam mesjid tersebut.

Sahabat tersebut bernama Abizar Al-Ghifari, kemudian baginda rasul menghampiri Abizar Al-Ghifari dan menyapanya. Wahai sahabatku Abizar Al-Ghifari, begitu khusyunya engkau bertafakur didalam mesjid ini gerangan apa permohonanmu kepada Allah? ditempat yang suci ini (tanya baginda rasul) .

Abizar menjawab "Maafkan saya ya Rasul, saya dari tadi didalam mesjid ini bukanlah berdoa", baginda rasul bertanya lagi (kamu sedang wirid atau i'tikaf?) "bukan juga ya Rasul", (lalu kenapa engkau disini didalam mesjid?) "Saya menghindari orang yang banyak datang ke rumah saya menagih hutang ya Rasul!"

Abizar Al-Ghifari fikir hanya mesjid lah yang cocok, untuk dia menghindari orang yang hutangnya belum bisa dia lunasi, mungkin bagi sebagian orang pasti dianggap sangat aneh, pergi ke masjid bukanlah untuk melakukan ibadah, melainkan karena lari dari orang yang menagih hutang.

Mendengar penjelasan atau jawaban Abizar Al-Ghifari, baginda rasul seraya tersenyum lalu beliau berkata lagi, (Wahai Abizar Al-Ghifari maukah aku ajarkan suatu doa, yang jika engkau amalkan cara doa ini, maka insya Allah enkau akan dibebaskan dari perasaan dililit hutang?)

Abizar Al-Ghifari sangat gembira sekali, dan langsung dia menjawab "Mau ya Rasul!", dan kemudian dia diajarkanlah suatu doa, dengan harapan dia bisa melunasi hutang dengan cepat, dan tujuan doa tersebut supaya terbebas dari perasaan dililit hutang seperti dibawah ini:
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Bacaanya Latinnya:
Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzubika minal jubni wal buhkl, wa a’udzubika min ghalabatid-daini wa qahrir-rijaal

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sesak dada dan gelisah, dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung pada-Mu dari belenggu hutang dan tekanan manusia"


Ma'asirol muslimin rahimakumullah, banyak diantara kita jika diajarkan suatu doa, lalu tidak mengukur diri antara kita, dan dengan doa tersebut.

Sebab syarat terkabulnya suatu doa, sejak dari adab berdoa sudah di ajarkan, tata cara berdoa yang baik diantaran syaratnya sebagai berikut:

  • Bersih tempatnya
  • Bersih pakaiannya
  • Menghadap ke arah Kiblat
  • Menengadahkan kedua belah tangan
  • Berdoa dengan khusyu dan tawadhu
  • Dengan serius dan penuh keyakinan bahwa doa akan dikabulkan oleh Allah SWT, sebagaimana Allah didalam hadits Qudsi mengatakan "Ana inda donni abdi biih" (Aku ini bagaimana prasangka hambaKU kepadaKU",  jadi jikalau kita saat berdoa dalam hati kita berkata "Jangan-jangan doa ku tidak diterima nih" maka itulah yang terjadi.
mengenai doa ini juga ada keterangan lain "Innallaha laayakbalu doa'an min kolbin ghofilin laahin" Artinya: Allah tidak menerima doa dari hati yang lalai. Lalai terhadap doa yang dibacanya tersebut, menyesuaikan doa dengan keadaan pribadi ini termasuk point yang penting.

Contoh konkrit lainya misalnya gaji kita perbulan 1000, maka wajarlah kita berdoa, semoga gaji kita naik menjadi 1,500. ini wajar namanya yang 1000 kita sudah punya modal dan yang 500 kita minta kepada Allah dengan berdoa.

Begitu juga doa yang diajarkan bagian Rasul SAW kepada Abizar, hakikatnya mengajarkan kepada kita sebagai manusia, untuk menjauhi yang namanya penyakit ruhani, nah dalam doa cara melunasi hutang yang diajarkan bagida rasul kepada abizar diatas, dalam kandungannya kita diajarkan untuk menjauhi 8 penyakit ruhani.

Delapan penyakit ruhani ini adalah merupakan dinding pembatas, antara kita manusia dengan Allah, dan penyakit ruhani ini akibatnya kebih berbahaya dari yang namanya penyakit jasmani. Karena penyakit jasmani tidak akan menyebabkan orang masuk neraka, yang menyebabkan orang masuk neraka adalah penyakit ruhani.

Nah teman pengunjung blog ceramah zainudin mz, demikianlah doa yang diajarkan oleh baginda rasul Muhammad SAW, kepada sahabatnya Abizar Al-Ghifari supaya dengan Doa Cara Melunasi hutang ini, semua masalah hutang-piutang bisa cepat lunas. Aamiin
Print Friendly and PDF

0 Response to "Bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat - KH Zainudin MZ"

Posting Komentar