Niat Shalat Istikharah dan Manfaatnya

sholat istikharah
sholat istikharah
Assalamualaikum wr. wb.
  Bimbang dalam sebuah pilihan agaknya lazim dialami setiap orang, mereka sangat takut salah pilih jalan, sehingga terlalu berhati hati dalam memilih, atau malah mereka yang tidak tau sama sekali harus memilih yang mana ketika dihadapkan kepada dua pilihan. dalam islam, Allah pun memudah hambanya untuk memilih, Allah memudahkan hambanya untuk meminta petunjuknya jika sedang berada dalam kesulitan, Islam memberikan jalan dengan adanya sunnah sholat istikharah.  Menurut istilah syara' Pengertian sholat istikharah adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan ketika manusia dihadapkan kepada dua pilihan yang berat dan mendesak. Maka sudah jelas lah bahwa hukum asalnya sholat ini ialah sunnah.



 shalat shunnah istikharah sama seperti halnya sholat tahajjud atau sholat sunnah lainnya, waktu pengerjaan yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah istikaharh ialah pada sepertiga malam. namun pada dasarnya waktu pengerjaan sholat istikharah ini bisa dilaksanakan kapan saja. dengan tidak dibatasinya waktu pengerjaan sholat istikharah ini memudahkan kita untuk mengerjakan sholat istikharah sesempat kita.

pada zaman jahiliyyah dulu memang masyarakat sudah marak yang melakukan istikharah ( menentukan pilihan) namun dengan cara mengundi sehingga Allah swt. pun mengharamkannya. sedangkan untuk sholat istikharah yang telah islam ajarkan berlandaskan juga pada dalil berikut : Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran.

Rasulullah bersabda: " Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu..."  (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)

   Tata cara dari pelaksanaan sholat istikharah juga tidaklah berbeda dengan sholat sholat sunnah yang lain,seperti yang kita ketahui tadi bahwa sholat istikaharah ini terdiri dari dqqqua rakaat, tata caranya sama dengan sholat lainnya namun yang membedakannya ialah niat yang dibaca atau dilafalkan saat mengerjakan sholat istikharah. Yakni seperti berikut:

USSHOLLI SUNNATAN ISTIKHOROTI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA
Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala
 Niat tetsebut bisa kita baca didalam hati saat sedang melaksanakan takbiratul ihram, tidak diwajibkan membaca niat dengan suara yang keras atau diucaokan secar alisan, yang terpenting kita benar benar meniatkannya dari hati dan meyakininya.

 Sedangkan untuk lebih rincinya tata cara mengerjakan sholat sunnah istikharah menurut ajaran rasulullah saw. Adalah sebagai berikut:

1.    Melafalkan niat
2.    Takbiratul ihram
3.    Membaca doa iftitah
 Setelah membaca niat dan takbir, dan tangan bersedekap diatas dada maka langkah selanjutnya yaitu membaca doa iftitah, yang berbunyi:
Allaahu Akbaru kabira wal hamdu lillahi kathira, wa subhanallahi bukratan wa asila. Innii wajjahtu wajhiya lillazi fatharas samaawaati wal ardha haniifa muslimaw wa maa anaa minal mushrikeen. Inna salaati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi Rabbil ‘aalameen. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin
4.    Membaca surah Alfatihah
1. bismi allaahi alrrahmaani alrrahiimi.2. alhamdu lillaahi rabbi al’aalamiina.3. alrrahmaani alrrahiimi.4. maaliki yawmi alddiini.5. iyyaaka na’budu wa-iyyaaka nasta’iinu.6. ihdinaa alshshiraatha almustaqiima.7. shiraatha alladziina an’amta ‘alayhim ghayri almaghdhuubi ‘alayhim walaa aldhdhaalliina
Yang artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. unjukilah kami jalan yang lurus.  (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".
5.    Membaca surah surah Alquran
 Tidak diwajibkan atau ditentukan surah apa yang harus dibaca saat sedang mengerjakan sholat istikharah tersebut, kita dapat membaca yang telah kita hafal secara baik dan benar.
6.    Rukuk dengan tumaninah
 Dengan membaca: SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. Dibaca 3x
7.    i'tidal dengan tumaninah
Berdiri dari ruku sambil membaca: SAMI'ALLOOHU LIMAN HAMIDAH
Dengan membaca:  RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL'UL ARDHI WA MIL 'UMAASYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.
8.    Sujud dengan tumaninah
Dengan membaca: SUBHAANA RABBIYAL A'LAA WABIHAMDIH. Dibaca 3 x
9.    Duduk diantara dua sujud
 Dengan membaca:ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA'NII WARZUQNII WAHGDINII WA'AAFINII WA'FU 'ANNII
10.    Sujud dengan tumaninah
11.    Takbiratul ihram
12.    Membaca surah alfatihah
13.    Membaca surah surah surah alquran
14.    Rukuk dengan tumaninah
15.    I'tidal dengan tumaninah
16.    Sujud dengan tumaninah
17.    Duduk diantara dua sujud
18.    Sujud dengan tumaninah
19.    Tahiyat Akhir
Dengan membaca:
AT'TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU'ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU'ALAINA WA'ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.
20.    Salam

 Ada ketentuan yang menyebutkan apabila setelah kita melaksanakan salam ke kanan dan kita telah mengeluarkan buang angin maka sholat yang kita lakukan sudah dianggap sah.

Setelah melalui rangkaian sholat istikharah tentu kita akan berfikir apakah dengan sholat istikharah jawaban dari pilihan kita akan langsung terjawab, pasti sebagian dari kita juga berfikir bahwa jawaban atas sholat istikharah adalah melakui mimpi atau kebetulan dari ayat alquran yang kita baca, sebenarnya tidak, hal tersebut menurut ilmi fiqih adalah salah, kita sholat istikharah untuk memohon agar dimudahkan dalam memilih, bukan berarti jawbaan tersbeut akan datang melalui mimpi yang kita alami. Melainkan keyakinan hati atas jawaban atau pilihan yang akan kita lakukan. Jadi sholat istikharah adalah perantara untuk menguatkan pilihan kita keoada yang benar dan apa yang diyakini oleh hati kita.

Selain itu melakukan sholat istikharah juga memiliki banyak manfaat , tentu saja manfaat tersbeut dapat menyelamatkan kita didunia dan diakhirat, berikut penjelsannya:

    Mendapatkan petunjuk dari Allah swt.

Tentu saja sesuaitujuan dari dilaksanakannya sholat istikharah ini maka manfaatnya adalah kita akan mendapatkan oetunjuk dari Allah swt, agar kita tidak salah mengambil jalan dan dapat menyesatkan kita didunia dengan tipu muslihat yang semakin marak terjadi diera sekarang.
Adapun rasulullah saw. Bersabda : ” Jika salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yang akan diambil maka kerjakanlah Shalat Sunnah dua rakaat dan berdoa ” (HR Bukhari).

⦁    Terhindar dari dosa musyrik

Sengan mengerjakan sholat istikharah berarti kita menyerahkan pilihan dan diri kita kepada Allah swt. Itu atinya kita yakin dan mengakui bahwa hanya Allah lah satu satunya tuhan yang maha esa yang patut disembah . dalam surat Al-baqarah ayat 186 Allah berfirman yang artinya : " Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa, apabila dia memohon kepadaku maka hendaklah memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku supaya mereka selalu berada dalam kebenaran ”.

⦁    Menjaga hati dan menentramkan jiwa

Mendekatkan diri kepada Allah dapat membuat jiwa dan hati kita menjadi lebih tennag dan merasa terjaga serta lebih percaya terhadap apa yang kita lakukan, tidak ada keraguan didalamnya karena kita menyerahkannya kepada Allah swt.
 Selain ketiga manfaat sholat istikharah yang disampaikan diatas tadi tentu masih banyak sekali manfaat manfaat dan keutamaan sholat istikharah, seeprti manfaat shilat istikharah untuk jodoh atau pekerjaan misalnya.
semoga penjasan tentang sholat istikharah kali ini dapat menambah dan meluaskan pengetahuan kita seputar sholat sunnah.
Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr. wb.


Print Friendly and PDF

0 Response to "Niat Shalat Istikharah dan Manfaatnya"

Posting Komentar