Doa Ketika Kehilangan Barang Menurut Islam, Agar Cepat Ditemukan


Assalamualaikum wr. wb.
  Doa Ketika Kehilangan Barang Menurut Islam, Agar Cepat Ditemukan - Kutipan bahwa manusia tempatnya salah dan lupa tidak bisa luput dari pendapat sebagian orang, karena memang pada kenyataannya, manusia merupakan tempatnya salah, dan juga lupa. Lupa pada sesuatu merupakan hal yang wajar dan lumrah bagi manusia, kadang manusia bahkan melupakan sesuatu yang sangat penting dibagian hidupnya. atau bahkan melupakan sesuatu hingga meninggalkannya di suatu tempat, begitu butuh, hilang, atau bahasa sederhananya adalah nyelip, sebab kita lupa meletakkannya.

Ketika Kehilangan Barang Menurut Islam


Kehilangan sesuatu yang sangat kita butuhkan di waktu yang tidak tepat kadang membuat seseorang menjadi emosional dan tidak bisa mencari barang dengan benar, padahal barang itu ada didekatnya.  Bukankah kalau sudah begitu akan jatuh kedalam lubang setan yang sangat senang membujuk manusia untuk marah marah? Untuk itu islam pun mengajarkan kita agar tetap menyelessaikan segala perkara dengan tenang, termasuk saat kita kehilangan barang atau sesuatu. Dalam islam juga diajarkan untuk menyerahkan segala perkara dan kesulitan kita kepada Allah swt. Termasuk perkara kehilangan barang, Kita sebagai umat muslim diberi solusi dengan cara membaca doa yang trlah diajarkan oleh Rasulullah saw. Dengan lafal berikut:

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ
Allâhumma yâ jâmi‘an nâsi liyaumin lâ raiba fîh, ijma’ bainî wa baina dlâllatî fî khairin wa ‘âfiyah

Artinya, “Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah,”

 Atau selain doa diatas ada juga baiknya kita menambah doa kita dengan lafal bacaan yang satu ini:

اَللهُمَّ يَارَبَّ الضَّآلَّةِ وَيَاهَادِيًا مِنَ الضَّلاَلَةِ رُدَّ ضَآلَّتِىْ
ALLOOHUMMA YA RABBADL DLOOLLATI WA YAA HAADIYAN MINADL DLOLAALATI RUDDA DLOOLLATI

Artinya : Ya Allah Tuhan dari sesuatu yang hilang, ya Tuhan yang memberikan petunjuk dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang.

Ibnu umar RA pun pernah ditanya oleh seseorang tentang apa yang harus kita lakukan atau amalan apa yang harus kita lakukan ketika kita kehilangan barang atau sesuatu yang berharga, lalu imam tabrani dalam kitabnya mu'jam Al-kabur mencantumkan : "Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan:
‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’

(Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu)."

   Dengan begitu insyaa allah allah mudahkan kita untuk menemukan barang kita yang hilang atau terselip, bukankah telah terbukti bahwa islam memudahkan segala urusan kita? Dengan begitu kita tidak akan mengalami kesulitan lagi untuk mengatasi kehilangan barang kita. Semoga doa kehilangan barang diatas bermanfaat.

wassalamualaikum wr. wb.


Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Ketika Kehilangan Barang Menurut Islam, Agar Cepat Ditemukan"

Posting Komentar