Doa Agar Hati Tenang Menghadapi Masalah

 Doa agar hati tenang menghadapi masalah ✔ Doa supaya hati tenang menghadapi masalah ✔ Doa agar hati tenang dalam menghadapi masalah ✔ Doa agar hati tetap tenang menghadapi masalah ✔ Doa agar hati tenang saat menghadapi masalah ✔ Doa supaya hati tenang dalam menghadapi masalah


doa agar hati tetap tenang


Perjalananan Doa
- Kita semua tahu dalam masa-masa Pandemi, yaitu dengan adanya Wabah Covid19 saat ini, ketenangan hati menjadi sesuatu yang langka. Terlebih lagi pikiran dan hati kita dicekoki dengan berita-berita hoax yang begitu gencar terutama lewat sosial media.

Sebenarnya bukan saja karena ketakutan akan tertularnya virus corona / Covid19 semata sehingga ketenangan hati menjadi hilang, ditambah lagi menghadapi masalah akan dampak dari menyebarnya covid19, sehingga pemerintah tentunya mengambil kebijakan untuk mempersempit pergerakan penyebaran virus corona ini.

Sehingga akhirnya menimbulkan masalah kepada keseharian kita, baik dalam melaksanakan bersosial, aktifitas dalam bekerja menjadi sangat terbatas bahkan berhenti sama sekali akibat diterapkannya kebijakan PSBB.

Hal ini sangat kita rasakan, baik terhadap ketenangan batin kita yang berkurang dan bahkan hilang sama sekali akibat ketakutan yang berlebihan. Juga yang lebih nyata finansial kita terganggu dikarenakan perusahaan merumahkan pegawainya, pelarangan berjualan karena di takutkan menjadi penyebab jembatan penyebaran virus coron / covid 19.

Berkenaan dengan hal diatas banyak cara yang kita bisa lakukan "Agar hati tenang menghadapi masalah" efek dari kondisi pandemi ini supaya hati tenang di antaranya sbb:


1. Mematuhi protocol kesehatan tentang corona / covid19 yang sudah dicanangkan pemerintah seperti:

- Mencuci tangan dengan sabun / handsanitizer
- Menggunakan / memakai masker.
- Menjaga jarak baik sosial distancing atau physical distancing
- Tidak keluar rumah jika tidak penting


2. Berserah diri kepada Tuhan yang maha Esa, karena jika kita menyadari sebenar-benarnya, tidaklah ada sesuatu hal sekecil apapun yang menimpa kita, itu semua atas izin Allah SWT.


3. Berdoa memohon kepada Allah Agar hati tenang menghadapi masalah.

Berdoalah kepada Allah SWT atas segala hajat apapun, baik dunia maupun akhirat. Jika memang benar-benar tidak mengerti harus doa apa yang dibawa, tidak apa-apa menggunakan bahasa sendiri yang dimengerti dalam berdoa, misalnya "Ya Allah Jadikanlah Agar hati tenang menghadapi masalah", terus ulang-ulang dan dengan meresapi dan berserah diri kepada Allah SWT.

Jika ingin menggunakan doa yang sudah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dibawah ini kita siapkan / sediakan, untuk hasil lebih baik, sebaiknya memahami artinya tidak cuma sekedar bacaan arab saja, karena akan mengakibatkan doa tersebut tidak menggunakan hati.

Doa Agar hati tenang menghadapi masalah Arab;
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Doa Agar hati tenang menghadapi masalah Latin;

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Arti Doa Agar hati tenang menghadapi masalah

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Doa diatas doa yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagai mana Doa ini diriwayatkan Imam Thabrani dari Abu Umamah, dia berkata;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, ‘Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.’”

Di samping hati kita tetap bisa tenang dalam menghadapi masalah, akan lebih menjadi nilai tambah jika hati dan pikiran kita ridho atas semua masalah yang kita hadapi, karena tidak lain balasannya syurga, baik di dunia maupun di akhirat jika kita ridho atas semua yang Allah tetapkan kepada kita.

Maka itu setelah kita berusaha semaksimal mungkin dengan ikhtiar baik dzahir maupun batin, kita juga diwajibankan memohon kepada Allah dengan doa sbb:

Doa Agar Ikhlas Arab;
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Doa Agar Ikhlas Latin:

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.

Arti Doa Agar Ikhlas:

"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan."

Demikianlah Doa Agar hati tenang menghadapi masalah dan Doa agar hati ikhlas, baik menghadapi masalah dan menerima cobaan yang sedang kita alami, semoga bisa menjadi hikmah untuk kita semua. Aamiin

Salam - Perjalanan Doa

Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Agar Hati Tenang Menghadapi Masalah"

Posting Komentar