Bacaan doa untuk memotong kuku

Assalamualaikum wr. wb.
Bacaan doa untuk memotong kuku -  Islam mengatur setiap perbuatan perbuatan yang kita lakukan baik perbuatan kecil maupun perbuatan yang jarang kita lakukan. Mengapa? Tujuannya ialah agar kita terhindar dari sesuatu yang buruk serta apa yang kita lakukan bisa menjadi ladang pahala bagi kita.

bacaan-doa-untuk-memotong-kuku


Contoh-contoh perbuatan kecil yang diatur oleh agama islam ialah membaca doa ketika keluar rumah, menggunakan kaki kanan ketika masuk kamar mandi, atau memotong kuku. Tentu saja, memotong kuku ialah perbuatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap orang pasti pernah melakukan kegiatan yang disebut memotong kuku. Seperti sudah menjadi kebiasaan untuk seseorang memotong kukunya ketika merasa sudah tidak nyaman dengan ukuran kukunya yang sekarang. walaupun begitu, banyak juga orang yang sengaja untuk tidak memotong kukunya dan memilih memanjangkan kukunya hingga terlihat menyeramkan.

Padahal nabi muhammad sudah jelas mengatakan:“Kami diberi batasan dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, agar tidak tidak dibiarkan lebih dari 40 hari.” (HR. Muslim 258). Itu artinya ialah bahwa kita tidaklah boleh memanjangkan kuku hingga melebihi 40 hari.

Hendaklah kita memotong kuku kita ketika kuku kita mulai memanjang karena hal tersebut merupakan salah satu ciri kebersihan umat islam, ingatlah pepatah bahwa kebersihan sebagian dari iman. Namun,belum tentu srtiap orang mengetahui apa saja adab adab memotong kuku.

Salah satu adab memotong kuku adalah hendaknya kita membaca doa ketika ingin memotong kuku dengan doa sebagai berikut:

Bacaan doa untuk memotong kuku

Bismillahi wa billahi wa ala millati muhammadin wa ali muhammadin.
Artinya: tiada gugur yang dipotong itu melainkan dengannya pahala memerdekakan seorang sahaya dan tiada sakit melainkan sakit mati.

Atau : Bismillahi Wabillahi Wa ala Sunnati Muhammad Wa ali Muhammad.
 Yang kita harapkan dari membaca doa tersebut adalah apa yang kita lakukan diberkahi dan dirifhai oleh alkah swt. Sehingga kita terhindar dari segala kejahatan baik batin maupun fisik.

Karena setiap perbuatan positif yang dilakukan atas nama Allah akan membawa kebaikan juga untuk diri kita sendiri. Dan, janganlah kita melakukan sesuatu yang menyimpang dari apa yang telah allah tetapkan, ikuti aturan Allah dan sunnah nabi muhammad agar kita selamat dunia akhirat. Aamiin ya robbal alaamiin. Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum wr. wb.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Bacaan doa untuk memotong kuku"

Posting Komentar