Doa Supaya Terhindar dari Fitnah

Assalamualaikum wr. wb.

 Doa Supaya Terhindar dari Fitnah - Kita tahu ada beberapa adab tercela yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar lingkungan kita. Salah satu dari adab adab tersebut ialah Fitnah. Yakni, Perkataan yang diucapkan tanpa dasar kebenaran dan bertujuan menjatuhkan  seseornag dengan sesuatu yang negatif. Hukum dari fitnah ialah haram, sebab fitnah merupakan suatu dosa besar yang tidak dpaat dimaafkan.

dao supaya terhindar dari fitnah orang zalim


Allah swt. Berfirman :
“Wahai orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, (sehingga kamu tidak menyangka sangkaan yang dilarang) karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah sebagian kamu menggunjing setengahnya yang lain. Apakah seseorang dari kamu suka memakan daging saudaranya yang telah mati? ( Jika demikian kondisi mengumpat) maka sudah tentu kamu jijik kepadanya. (Jadi patuhilah larangan-larangan tersebut) dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Q. S. Al-Hujarat : 12).

Menanggapi fitnah ini, kita pasti sudah sering sekali menghadapinya. Atau bahkan, mungkin kita juga seringkali mendapati yang namanya fitnah dari seseorang yang tidak menyukai kita. Kitapun pasti sering mendengar istilah bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Ini bermakna, bahwa Fitnah memiliki dosa yang begitu besar.

BACA JUGA:
  1. Doa ulang tahun dalam islam sesuai alquran

Untuk itu kita harus berhati-hati dalam berbicara, jangan sampai apa yang kita ucapkan menjadi fitnah untuk seseorang karena ucapna tersebut mengandung kebohongan. Maka, pastikanlah sesuatu ketika kita ingin bicara. Alangkah baiknya, kita juga tidak membicarakan ornag lain karena itu juga merupakan salah satu perilaku tercela yang dinamakan ghibah.

Yang akan berakhir fitnah. Lalu, bagaimana jija kita tertimpa fitnah sehingga ada orang yang ikut tidak menyukai diri kita? berdoalah kepada Allah swt. Agar kita senantiasa diberi perlindungan dari fitnah fitnah yang ditebarkan.

Berikut doanya:
Allahumma inni as-aluka fi’lal khoirat wa tarkal munkarat wa hubbal masakin. Wa idza arad-ta bi ‘ibaadika fitnatan, faq-bidh-nii ilaika ghaira maf-tuun..
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq untuk bisa mengamalkan semua kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, dan bisa mencintai orang miskin. Jika Engkau menghendaki untuk menimpakan ujian (fitnah) bagi hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah aku, tanpa terkena fitnah itu.
  Semoga dengan membaca doa terebeut, diri kita terhindar dari fitnah fitnah yang beredar. Kita juga harus membatasi diri kita agar kita tidak sampai menebarkan fitnah kepada ornag lain. Maka senantiasalah mengingat Allah dan hindarilah membicarakan atau menggunjing seseorang agar kita terhindar dari dosa dosa besar. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Salam

Perjalanandoa


Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa Supaya Terhindar dari Fitnah"

Posting Komentar