Bacaan Doa Sapu Jagat, Bahasa arab dan latin serta artinya

Doa sapu jagat - Ini adalah salah satu doa yang paling dibaca oleh para ustad, atau para kiyai. Coba kalau kita sedang mengaminkan doa yang berada dalam acara apapun, coba dengarkan baik-baik pasti ada doa sapu jagat ini dibaca. Doa sapu jagat ini kenapa begitu banyak orang yang memilih untuk membacanya? disamping bacaan doa sapu jagat ini cukup pendek dan sangat mudah untuk dihafalkan, disisi lain doa sapu jagat ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

bacaan doa sapu jagat
Doa Sapu Jagat


Kalau kita melihat dari arti doa sapu jagat itu sendiri sudah jelas sangat besar manfaat yang kita dapat saat membacanya, segara garis besar kita memohon kepada Allah SWT untuk kebaikan kehidupan kita baik didunia, lebih-lebih kebaikan kehidupan kita diakhirat kelak. Karena kebaikan yang benar-benar hakiki itu adalah kebaikan yang menurut Allah SWT, maka dari itu dengan rutin beristiqomah membaca doa sapu jagat, kita seakan-akan berbicara kepada Allah. "Ya Allah berikanlah kepada saya kebaikan didunia yaitu kebaikan menurutmu, dan juga kebaikan diakhirat nanti dan juga kebaikan yang benar-benar baik dari sisimu".

Doa sapu jagat ini adalah doa yang bersumber dari Al-Qur'an, jadi tambah lagi point untuk semakin menambah keyakinan kita dalam mengamalkannya, jadi doa sapu jagat ini bukan sembarang doa yang tidak jelas sumbernya. Untuk lebih jelasnya doa sapu jagad ini terdapat pada surat QS. Al-Baqarah 2: Ayat 201, yang bunyinya sebagai berikut:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَاۤ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan latin: wa min-hum may yaquulu robbanaaa aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhiroti hasanataw wa qinaa ‘azaaban-naar.


Artinya: “Dan di antara mereka ada yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 201)

Nah doa sapu jagat itu sendiri merupakan penggalan ayat tersebut diatas sbb:

Bacaan doa sapu jagat

رَبَّنَاۤ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ
Bacaan latin: Robbanaaa aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhiroti hasanataw wa qinaa ‘azaaban-naar.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Menurut Ibnu katsir dengan mengamalkan doa sapu jagat diatas maka, kita akan mendapatkan segala kebaikan-kebaikan didunia, seperti: kesehatan, kesuksesan, kekayaan dan berbagai nikmat yang terbaik didunia itu kebaikan yang kita dapatkan tentunya atas ijin Allah SWT. dan dengan mendawamkan untuk membaca doa saput jagat ini bisa menghindarkan keburukan-keburukan dunia.

Khasiat dan keutamaan doa sapu jagat ini yang paling utama tentunya kita akan mendapatkan kebaikan diakhirat nanti, serta bisa menghindarkan dari siksa api neraka atau ini juga disebut keburukan diakhirat.

Sebagaimana Hadist dari Bukhari dari Anas bin Malik  telah menegaskan sebagai berikut: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa membiasakan diri membaca doa: “Ya Allah ya Tuhan kami. berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (HR. Bukhari dari Anas bin Malik).

Yang dimaksud oleh Anas bin Malik bacaan tersebut adalah doa sapu jagat.

Demikianlah sekilas mengenai doa sapu jagat, bacaan doa sapu jagat, arti doa sapu jagat dan keutamaan doa sapu jagat, hadist dasar doa sapu jagat.

Semoga kita senantiasa bisa mengambil hikmah dari artikel doa sapu jagat ini, dengan istiqomah mengamalkannya, dan menjadikan sarana ibadah kepada Allah SWT, dan mudah-mudah kita bisa mendapatkan apa yang cita-citakan yaitu kebaikan didunia, lebih-lebih kebaikan diakhirat nanti yaitu masuk kedalam jannah atau surganya Allah SWT. Aamin
Print Friendly and PDF

0 Response to "Bacaan Doa Sapu Jagat, Bahasa arab dan latin serta artinya"

Posting Komentar