Tata Cara Sholat Taubat Setiap Hari


Assalamualaikum wr. wb.
  Sebagai seorang manusia berbuat kesalahan adalah hal yang wajar, apalagi manusia pun merupakan tempatnya  dosa , namun bukan berarti dosa adalah  sesuatu yang bisa dimaafkan dan dianggap wajar bila terus dilakukan. Pasti ada juga keinginan dari hati kita untuk bertaubat kepada Allah swt. Memilih jalan hijrah dan ingin menghapus dosa dosa kita dimasa lampau, dengan jalan bertaubat, sebenar benarnya taubat, slaah satu jalannya meminta ampunan dari Allah swt yakni ialah melaksanakan sholat taubat. Pada kesempatan kali ini juga yang akan kita bahas adalah cara melaksabakan sholat taubat setiap hari.

cara shalat taubat setiap hari

  Bukan tidak mungkin jika manusia melakukan kesalahan atau dosa setiap ahrinya, dan setiap hari itu pula kita ingin bertaubat dan meminta ampunan dari Allah swt. Atas dosa dksa yang telah kita lakukan, maka melakukan sholat taubat setiap hari pun tidaklah salah. Karena melakukan sholat taubat ini bertujuan untuk menghapuskan dosa dosa kita baik yang kita sengaja dan sadari atau yang tejradi tanpa kendali kita. Cara sholat taubat setiap hari ini baik untuk kita agar kita juga semakin sadar atas kesalahan kesalahan kita dan berjanji untuk tidak lagi melakukannya.

Melakukan sholat taubat ini didasari oleh salah satu firman Allah dalam surah at-tahrim ayat 8 yang artinya Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."

 Taubat berarti menyesali perbuatan perbuatan kita dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Maka  menjalankan sholat taubat ini sama halnya dnegan kita ingin membangun komitmen dengan Allah swt. Untuk tidak lagi mengulangi kesalahan dan dosa dosa kita sebisa mungkin.  Tata cara sholat taubat yang dilakukan setiap hari tidaklah berbeda dengan sholat sholat lainnya. Hanya berbeda niatnya saja, dan sebab melakukan atau tujuannya didirikan sholat ini, yakni bertujuan ntuk meminta maaf dan menyesali dosa dosa yang telah kita perbuat. Juga yang membedakan sholat taubat yang kita bahas kalinini adalah waktu pengerjaan karena waktu pengerjaan yang diniatkan dalam pembahasan kali ini adalah cara sholat taubat setiap hari, oemilihan waktu dan batas waktu memanglah tidak ditentukan taoi alangkah baiknya kita memilih setiapn sepertiga malam untuk melakukan atau mengerjakan  sholat sunnah taubat ini.

Niat mengerjakan sholat taubat ini berbunyi : Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’alaa
“Aku berniat shalat taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

  Niat tersebut dibaca sebelum takbiratul ihram, namun ada juga beberpaa pendapat ulama yang mengatakan bahwa itu sunnah sedangkan wajibnya niat sholat taubat adalah diucapkan dalam hati ketika takbriatul ihram

Lalu bagaimana tata cara mengerjakan sholat taubat setiap hari ini? Tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya yang dilakukan dalam dua rakaat dan satu kali salam setiap dua rakaat. begitupun mengerjakan sholat taubat ini

Berikut urutannya cara shalat taubat setiap hari:

1.     Melafalkan niat
2.    Takbiratul ihram
3.    Disunnahkan membaca doa iftitah

 Setelah melafalkan niat didalam hati dan melakukan takbiratul ihram maka disunnahkan untuk membaca doa iftitah yang berbunyi: Allaahu Akbaru kabira wal hamdu lillahi kathira, wa subhanallahi bukratan wa asila. Innii wajjahtu wajhiya lillazi fatharas samaawaati wal ardha haniifa muslimaw wa maa anaa minal mushrikeen. Inna salaati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi Rabbil ‘aalameen. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin

4.    Membaca surah alfatihah
5.    membaca salah satu surah didalam alquran
6.    Melakukan rukuk dengan tuma'ninah
7.    I'tidal

Berdiri dari ruku sambil membaca: SAMI'ALLOOHU LIMAN HAMIDAH
Dengan membaca:  RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL'UL ARDHI WA MIL 'UMAASYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.


8.    Sujud
Dengan membaca: SUBHAANA RABBIYAL A'LAA WABIHAMDIH. Dibaca 3 x

9.    Duduk diantara dua sujud
Dengan membaca:ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA'NII WARZUQNII WAHGDINII WA'AAFINII WA'FU 'ANNII

10.    Sujud
11.    Takbiratul ihram
12.    Membaca surah alfatihah
13.    Membaca surah surah pendek
14.    Rukuk
15.    I'tidal
16.    Sujud
17.    Duduk diantara dua sujud
18.    Sujud
19.    Tahiyat Akhir
Dengan membaca: AT'TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU'ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU'ALAINA WA'ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.
20.    Salam
  Selepas melaksanakan sholat taubat  dengan urutan diatas jangan langsung meninggalkan tempat sholat atau sajadah, berdiam lah diri sejenak, membaca banyak dzikir dan merenungi setiap dosa yang telah kita lakukan, jangan lupa berdoa dan banyak memohon ampun kepada Allah atas dosa dosa yang telah dilakukan.

Setelah memperbanyak membaca istigfar dan dzikir serta pujian pujian dan merenungkan dosa dosa yang pernah kita perbuat kepada Allah swt.  baik yang ada oada kesadaran kita atau tidak kita sengaja, maka hendaklah membaca doa berikut ini:
Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtani wa ana ‘abduka waana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastath’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alay yaw a abuu-u bidzanbii faghfirlii fa innahuu laa yagh firudz dzunuuba illa anta. Rabbanaa aatinaa fid dun yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa’adzaaban naar. Wal hamdu lillaahi rabbil ‘alamiin”.
Artiya :
“Wahai Tuhanku, Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau, yang telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba- Mu. Dan akupun dalam ketentuan serta janji-Mu sedapat mungkin dapat aku lakukan. Aku mohon perlindungan kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengikuti nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu berilah pengampunan kepadaku karena tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau. Aku mohon perlindungan dari kejahatan apa yang kulakukan”.
  Adapun dasar dari mengerjakan cara sholat taubat setiap hari  ini disebutkan juga pada sebuah dalil dalam alquran yang artinya “Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS an-Nisaa’:17).

  Semoga pengetahuan tentang bagainana sholat taubat yang kita miliki semakin luas dan kita semakin sadar seiring dengan perkembangan zaman yang kini makin banyaknya huru hara di seluruh penjuru dunia cukup untuk menyadarkan kita bahwa dunia semakin menua, semakins sedikit kesempatan kita untuk bertaubat, maka selama masih ada jalan dan kesempatan, dari lagi Allah memberikan nafas secara percuma untuk kita hidup dan menjalani keseharian maka hendaklah kita menunaikan sholat taubat ini.

Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

wassalamualaikum wr. wb.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Tata Cara Sholat Taubat Setiap Hari"

Posting Komentar