Pengertian, Niat, Doa dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Pengertian, Niat, Doa dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Assalamualaikum wr. wb.
Pengertian, Niat, Doa dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab - Dalam kalender hijriah ada empat bulan yang dimuliakan atau disebut sebagai bulan yang suci didalam islam, salah satunya yakni ialah puasa rajab. Dimana akan jatuh pada bulan maret di tahun 2019 ini. Karena bulan ini adalah salah satu bulan suci dan dimuliakan maka manusia akan berlomba lomba untuk melakukan amalan amalan baik pada bulan ini.

Allah swt. Berfirman : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan suci. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

 Salah satu amalan yang dapat dilakukan didalam bulan rajab ini adalah melakukan puasa rajab. Hukum puasa rajab sendiri adalah sunnah, puasa rajab adalah puasa yang dilakukan pada bulan rajab dengan waktu satu bulan penuh adalah waktu yang baik untuk dipuasai.

Adakah hadits shahih yang mendasari puasa Rajab?

sebuah riwayat mengatakan  “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalan satu bulan seperti halnya puasamu di bulan Sya’ban?” Beliau menjawab: “Itulah bulan yang dilalaikan manusia yang terletak antara bulan Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan yang padanya amal perbuatan diangkat kepada Rabb semesta Alam. Dan aku senang seandainya amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Sunan an-Nasa-i, 8/59, no. 2317. Musnad Ahmad, 44/228, no. 20758, hadits hasan)

selain itu  Dari Harun bin ‘Intarah, dari ayahnya, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan yang agung, siapa saja yang puasa satu hari di bulan tersebut, Allah menetapkan untuknya puasa seribu tahun. Dan barangsiapa puasa dua hari, Allah tetapkan baginya puasa dua ribu tahun. Dan barangsiapa puasa tiga hari, Allah tetapkan baginya puasa tiga ribu tahun. Dan barangsiapa tujuh hari di bulan Rajab, Allah tutupkan baginya pintu Jahannam. Barangsiapa puasa delapan hari, Allah bukakan baginya delapan pintu Jannah yang dia bebas masuk dari pintu manapun. Barangsiapa puasa 15 hari, Allah akan mengganti keburukannya dengan kebaikan lalu seruan dari langit terdengar, ‘Allah telah mengampunimu, maka amalan itu terus bertambah, dan Allah akan terus menambahnya.’”

Apa saja keutamaan dari mengerjakan puasa pada bulan Rajab?


 Ada beberapa keutamaan jika kita mengerjakan puasa pada bulan rajab ini. Berikut penjelasannya:
  1. Akan Allah beri minum dari sungai yang ada di syurga.
    mendengar kata syurga pasti membuat kita membayang segala kenikmatan yang tidak dapat ditandingi dari pada nikmat apapun yang ada didunia ini. Apalagi jika kita dapat meminum air yang berada di syurga? Pastilah suatu kenikmatan besar yang semua umat muslim inginkan.
  2. Allah akan menghapus dosa orang orang yang mengerjakan puasa rajab.
    Jjika mengerjakan puasa rajab pada hari pertama akan Allah hapus dosa dosanya selama tiga tahun,lalu jika mengerjakan puasa rajab pada hari kedua akan Allah ampuni dosa dosa kita selama dua tahun, dan berpuasa rajab pada hari ketiga akan Allah ampuni dosa dosa kita selama satu tahun, sedangkan mengerjakan puas arajab pada hari hari berikutnya akan menghapuskan dosa kita selama sebulan. betapa besarnya keutamaan mengerjakan puasa rajab ini.
  3. Satu dari empat bulan yang dimuliakan.
    Bulan Rajab penuh dengan kemuliaan selain karena merupakan satu dari empat bulan yang dimuliakan, Rajab juga sangat dekat dengan bulan ramadhan sehingga seringkalo dijadikan momentum untuk menyambut bulan Ramadhan dengan melaksanakan puasa pada   bulan Rajab.

Cara melakukan puasa rajab sama dengan melakukan puasa puasa sunnah lainnya. Yakni:

Diawali dengan niat, lalu kita diharuskan menaghan diri dari segala hal yang membatalkan puasa seperti makan minum, dan hawa nafsu, serta emosi, dan setelah tiba waktu berbuka yakni saat terbenamnya matahari kita disunahkan untuk segera membatalkan puasa yang kita jalani.

Bagaimana lafal niat puasa rajab?

 Membaca niat puasa rajab bisa dilakukan pada pagi hari jika pada malam hari lupa, selama belum makan apapun dan tidak melakukan hal yang dpaat membatalkan puasa maka diperbolehkan untuk melafalkan niat pada pagi hari.
Berikut lafal niat puasa rajab:
Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.


Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT."
Berikut niat puasa rajab yang dilakukan pada pagi hari:
Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.
Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Bagaimana jika kita masih memiliki hutang pada puasa bulan ramadhan? Hukum untuk menggabungkan puasa sunnah rajab dnegan mengganti puasa ramadhan diperbolehkan. Insyaa allah dengan menggabungkan puasa sunnah rajab dengan membayar hutang puas aramadhan akan mendapat dua pahala sekaligus.

niat untuk membayar hutang atau mengqadha puasa ramadhan adalah sebagai berikut: NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Apakah doa berbuka puasa pada bulan rajab berbeda dengan doa berbuka puasa sunnah lainnya? Untuk doa berbuka puasa  bulan rajab tidaklah berbeda dengan doa berbuka puasa bulan ramadhan atau bulan lainnya.
Dengan lafal: ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Apa saja manfaat melaksanakan puasa pada bulan rajab?

  1. Mendapatkan ridha Allah swt.
    Allah tentu saja akan meridhai siapapun yang melakukan kebaikan, apalagi pada bulan rajab yang mana ialah salah satu bulan yang dimuliakan dalam 12 bulan hijriyyah. Maka dengan melakukan puasa rajab ini kita akan meraih keridhaan allah swt.
  2. Mendapatkan pahala ibadah selama 5 tahun
    Rasulullah  saw bersabda, “barang siapa yang berpuasa di bulan rajab/27 rajab, maka akan mendapatkan pahala seperti kita melaksanakan ibadah selama 5 tahun berpuasa”
  3. Allah akan mengabulkan doanya
    siapa yang mengerjakan puasa rajab selama lima hari pertama maka Allah swt. Akan mengabulkan doanya.
  4. Terbukanya pintu syurga
    Menjalankan Delapan hari puasa rajab dapat membukakan pintu syurga. Syurga adalah tempat paling istimewa yang semua umat muslimpun pasti ingin berada didalamnya. Maka dengan jalan mudah ini akan Allah buka kan pintu syurga bagis  siapa saja yang menjalankan puasa rajab selama delapan hari.
  5. Berpuasa sepuluh hari pada bulan rajab akan menghapuslan dosa dosa dan digantikan dengan pahala kebaikan.
Selain lima manfaat yang tah disebutkan tadi tentunya masih banyak manfaat lain yang dapat kita raih dalam mengerjakan puasa rajab ini. Sekiranya itulah tadi beberapa pembahasan terkait dengan puasa rajab yang akan jatuh pada bulan marer mendatang. Semoga kita selalu diberi umur panjang agar bisa merasakan keberkahan didalam bulan rajab selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum wr. wb

Print Friendly and PDF

0 Response to "Pengertian, Niat, Doa dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab"

Posting Komentar