Manfaat puasa daud selain pahala juga bisa untuk jodoh, share pengalaman yg rutin mengamalkannya

MANFAAT PUASA DAUD UNTUK JODOH

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang apa dan bagaimana tata cara menjalankan puasa senin kamis. Maka kali ini kita akan membahas soal puasa daud. sudah tidak asing lagi pastinya kata puasa daud ditelinga kita. Melebihi puasa puasa yang liannya puasa daud adalah puasa yang sangat dicintai oleh Allah swt. Seperti yang tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh hadits diriwayatkan Bukhari dari 'Abdullah bin Amir bin Al Ash. Sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

"Sebaik-baik sholat di sisi Allah adalah sholatnya Nabi Daud 'alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud.

Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau sholat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya."

 Cara menjalankan puasa sunnah daud ini adalah dengan sehari berpuasa lalu pada hari esoknya tidak berpuasa pada hari ketiga menjalankan puasa dan pada hari keempat tidak berpuasa, begitu seterusnya atau berpuasa dalam jangka waktu selama satu hari puasa dan diselang satu hari tidak berpuasa.

Bagaimana Sejarah/ Asal Usul Puasa Daud.

 Diketahui nabi daud adalah salah satu nabi dengan keimanan yang cukup kuat. Allah sangat senang kepada puasa dan juga shalat nabi daud. Dikisahkan dalam hadits. Dimana seorang pengikut Nabi Muhammad SAW, menanyakan kepada Nabi tentang puasa sunnah yang baik. Nabi menjawab yang tersurat dalam sebuah hadist. Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]

“Nabi Daud As. biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” [HR Bukhari]

Apa saja manfaat dari puasa daud?

   banyak sekali manfaat dari menjalankan puasa daud ini. apalgi untuk kesehatan tubuh manusia. hal ini telah dibuktikan pula oleh pakar keilmuan. apa sajakah manfaatnya?
  1. Meningkatkan sistem imune
    Menjalankan puasa daud dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit.
  2. Untuk kecantikan kulit
    Berpuasa daut ternyata dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar. yang disebabkan karena saat kita berpuasa maka tubuh kita mengalami metabolisme yang tinggi sehingga tubuh kita  mempunyai cadangan energi , dan saat menjalankan puasa maka energi akan dikeluarkan untuk beraktifitas sehingga menciptakan rasa lega pada organ tubuh tersebut
  3. Menjadi lebih awet muda
    Menurut Dr. Yuri Nikolayev, aktivitas puasa disini mempunyai khasiat akan membuat seseorang menjadi awet muda secara fisik, mental dan spiritualnya.
  4. Meningkatkan Ketaqwaan
    Tentu saja dengan beribadah dan menjalankan amalan sunnah seperti puasa daud ini akan membuat taqwa seseorang semakin meningkat karena kita merasa takut akan Neraka-Nya.

  5. Menentramkan Jiwa
    Menjalankan puasa daud membuat kita merasa dekat dengan Allah swt sehingga dapat membuat jiwa kita tentram dan lebih tenang.

 Niat Puasa Daud

"Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa"
Artinya: saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah Ta’ala

Bagaimana Tata Cara Mengerjakan Puasa  Daud?

 Tata cara puas daud tidaklah berbeda dengan tata cara puasa lainnya, baik tata cara puasa daud bagi wanita maupun laki-laki, secara ringkas, berikut tata caranya:

1.    Niat

Setiap ibadah yang akan dilakukan mestinya diawali dengan niat, niat dari hati  dan juga dilafalkan. untuk puasa daud, niat lebih baik dibaca saat malam hari. tetapi, jika terlupa niat puasa daud bisa dilafalkan saat pagi hari asalkan belum memakan apapun dan belum melakukan apapun yang dapat membatalkan puasa.

Niat puasa daud: "Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa"

2.    Makan Sahur

Makan sahur tidak diwajibkan, namun sunnah. sehingga apabila tidak sempat untuk melaksanakan sahur karena terlambat bangun,tidak menjadi masalah asalkan tetap melafalkan niat.

3.    Menahan diri dari hal hal yang membatalkan

Apa saja yang membatalkan puasa? segala sesuatu yang masuk lewat kerongkongan akan membatalkan puasa, sehingga kita harus menahan makan dan minum, serta hawa nafsu sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

4.    Berbuka

 Berbuka dianjurkan disegerakan yakni setelah mendengar adzan magrib dikumandangkan maka segera kan lah untuk berbuka puasa.

 Lalu Bagaimana Jika Melaksanakan Puasa Daud yang jatuh pada hari jumat? sedangkan berpuasa pada hri jumat diharamkan.

 Hukum melaksanakan puasa daus yang jatuh pada hari jumat adalah mubah atau diperbolehkan karena memang sedang menjalankan rangkaian dalam puasa daud. 

Apa yang mendasari hukum puasa daud ini?
Sanad puasa daud Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Artinya:
“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari dan Muslim no. 1159)

Bagaimana jika sedang melaksanakan puasa senin kamis tetapi juga ingin melaksanakan puasa daud sedangkan hari nya bertabrakan/ bersamaan? Bagaimana cara mengatur puasa senin kamis dan puasa daud jika ingin dilakukan keduanya?

Berpuasalah sesuai kemampuan fisik, cobalah untuk melaksanakan puasa senin kamis dulu swcara rutin hingga terbiasa, jika ingin lebih, tambahlah dengan puasa tiga hari diawal bulan dan tiga hari diakhir bulan. Jika masih ingin yang lebih, ganti kedua puasa tersebut dengan puasa daud. Mengapa jadwalnya diganti? Karena puasa daudlah puasa yang tertinggi dan disenangi Allah swt.

Bagaimana jika kita sanggup melaksanakan puasa setiap hari?


 Puasa setiap hari selain dua hari raya dan hari tasyrik atau Yang merupakan waktu dari pelaksanaan puasa dagr tersebut dilarang oleh Rasulullah SAW.

Seperti dalam hadits berikut
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa ia telah menikahi wanita dari Quraisy, namun ia tidaklah mendatanginya (menyetubuhinya) karena sibuk puasa dan shalat (malam). Lalu ia menceritakan hal ini kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau bersabda, “Berpuasalah setiap bulannya selama tiga hari”. “Aku mampu lebih daripada itu”, jawabnya. Lalu ia terus menjawab yang sama sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan padanya, “Puasalah sehari dan tidak berpuasa sehari”. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berkata padanya, “Khatamkanlah Al Qur’an dalam sebulan sekali”. “Aku mampu lebih daripada itu”, jawabnya. Kalau begitu kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Khatamkanlah Al Qur’an setiap 15 hari”. “Aku mampu lebih daripada itu”, jawabnya. Kalau begitu kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Khatamkanlah Al Qur’an setiap 7 hari”. Lalu ia terus menjawab yang sama sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Khatamkanlah setiap 3 hari”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Ingatlah setiap amalan itu ada masa semangatnya. Siapa yang semangatnya dalam koridor ajaranku, maka ia sungguh beruntung. Namun siapa yang sampai futur (malas) hingga keluar dari ajaranku, maka dialah yang binasa” (HR. Ahmad 2: 188. Sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim, demikian kata Syaikh Syu’aib Al Arnauth)





Print Friendly and PDF

0 Response to "Manfaat puasa daud selain pahala juga bisa untuk jodoh, share pengalaman yg rutin mengamalkannya "

Posting Komentar