Rahasia Doa Mengenakan dan Melepaskan Pakaian Baru atau Lama

Assalamualaikum wr. wb.
   Sebagai seorang umat muslim kita tau bahwa islam mengatur umatnya dalam setiap perbuatan agar terhindar dari hal hal yang tidak baik serta perbuatan tercela, terlebih lagi, sebagai syaitan, tugas mereka adalah mengganggu para keturunan adam agar kita sama sama berada dalam neraka yang dihuninya. Seperti yang kita ketahui bahwa Jin dan setan bisa melihat  kita, termasuk aurat kita saat kita sedang tidak berpakaian, seperti firman allah swt. Dalam alquran yang artinya "Sesungguhnya, iblis dan golongannya bisa melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka." (Qs. Al-A'raf: 27) Lalu bagainana cara kita untuk menutup penglihatan jin dan syaiton agar mereka tidak dapat melihat aurat kita? Rasulullah saw. Mengajarkan umatnya untuk membaca basmalah ketika seseorang hendak melepas dan menggunakan pakaiannya, Rasulullah saw. bersabda:
"Yang bisa menghalangi pandangan mata jin dan aurat anak Adam (manusia) adalah ketika hendak menanggalkan pakaian hendaklah membaca Bismillah." (HR. As Suyuthi, shahih menurut Al Albani)

doa memakai dan melepaskan pakaian

 Selain itu, adapun dalam islam kita diajarkan untuk membaca doa ketika hendak menggunakan pakaian dan melepas pakaian, karena berdoa saat menggunakan dan melepas pakaian bukan hanya adab dalam islam tapi juga memiliki hikmah besar didalamnya, seperti dengan membaca doa menggunakan pakaian, maka kita akan terhindar dari kejahatan yang ada pada pakaian tersbeut. Ada juga yang mrngatakan bahwa berdoa saat hendak menggunakan pakaian dapat membuat dosa dosa lampau kita terampuni. Bukan hanya itu, doa memakai pakaian ini merupakaan sunnah sehingga jika kita melakukannya maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah swt. Membaca doa menggunakan dan melepaskan pakaian juga akan menambah rasa syukur kita kepada Allah swt. Atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

 Ternyata, menggunakan pakaian baru juga ada doanya sendiri loh, bagaimana doa menggunakan pakaian baru sesuai sunnah dan ajaran rasulullah ? Berikut lafal doa menggunakan pakaian baru:
“Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwatin”.  doa tersebut artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Daud)

   Nabi muhammad melafalkan doa tersebut dengan tujuan agar pakaian baru yang dikenakan beliau bisa menjadi ladang pahala dengan kebaikan kebaikan yang ada didalamnya serta terhindar dari keburukan yang ada pada pakaiannya, dan tidak menjadikan beliau sombong karena pakaian yang dimilikinya. Maka menjadi sunnahlah bagi kita untuk membaca doa tersebut saat hendak mengenakan pakaian baru.

 Selain doa menggunakan pakaian yang baru rasulullah saw. Juga pernah melafalkan doa untuk pakaian yang sudah lama atau pakaian yang biasa kita kenakan, Berikut lafal doa menggunakan pakaian yang sudah lama atau pakaian yang biasa kita gunakan:

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu


Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya"

     Dengan adanya doa ini jelaslah sudah bahwa hal sekecil apapun didalam islam tetaplah ada aturanya agar kelak kita tidak melenceng dari aturan aturan tersebut, apalagi aturan berpakaian, yang terdengar sepele memang, tetapi sebagai seornag umat muslim ini juga merupakan suatu akidah yang harus kita pegang, mari kita simak adab adab berpakaian berikut:
  1. Bagi lakilaki, tidak diperbolehkan menggunakan pakaian yang dipanjangkan atau celana dibawah mata kaki.


    Hal tersebut berdasarkan sabsa nabi muhammad saw. Berkut:
    “Kain yang dibawah mata kaki maka tempatnya di Neraka.” [HR. Al-Bukhari no. 5787 dan an-Nasa-i VIII/207 no. 5331]

    Selain hadits tersebut, ada pun rasulullah kembali bersabda “Di sinilah letak ujung kain. Kalau engkau tidak suka, bisa lebih rendah lagi. Kalau tidak suka juga, boleh lebih rendah lagi, akan tetapi tidak dibenarkan kain tersebut menutupi mata kaki.” (Lihat Mukhtashor Syama’il Al Muhammadiyyah, hal.70, Syaikh Al Albani berkata bahwa hadits ini shohih)
  2. Diwajibkan bagi wanita menutup seluruh tubuhnya kecuali kedua telapak tangan dan juga wajah , karena semua tubuh wanita merupakan aurat kecuali dua hal yang disebutkan tadi.


    Dalam alquran juga sudah disebutkan banyak hal yang menyangkut terhadap aurat wnaita, dua diantaranya ialah:

    “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Al-Ahzaab/33: 59]

    “Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. [An-Nuur/24: 31]
  3. Laki laki tidak diperbolehkan menggunakan pakaian menyerupai wanita begitupun sebaliknya

    Hal ini sudah dikatakan jelas oleh allah swt. Dalam firmannya di al-qur'an yakni: Laki-laki tidaklah seperti perempuan. [Ali Imrân/3: 36]
  4. Laki laki tidak diperbolehkan menggunakan emas dan juga sutera

    “Sesungguhnya keduanya haram atas kaum lelaki dari ummatku.” [HR. Abu Dawud no. 4057 diriwayatkan pula dengan sanad hasan oleh an-Nasa-i VIII/160 dan Ibnu Hibban no. 1465]
  5. Hendaknya ketika melepaskan pakaian juga kita melafalkan doa melepas pakaian sesuai dengan sunnah rasuah saw.

    Doa melepas pakaian yang telah diajarkan nabi muhammad saw. Berbunyi : Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

    Artinya:"Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"
  6. Tidak diperkenankan menggunakan sandal hanya sebagian saja

    Rasulullah saw. Pernah bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal saja namun hendaknya memakai keduanya atau melepaskannya sama sekali.” [HR. Al-Bukhari no. 5856 dan Muslim no. 2097 (68)]Sedangkan saat hendak meletakkan pakaian nabi muhammad saw. Mengajarkan kita untuk mengucapkan basmallah.
Semoga ilmu ilmu tersebut bisa menambah pengetahuan kita tentang cara berpakaian yang baik dan benar, Semoga bermanfaat.
Wassalamaualaikum wr. Wb.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Rahasia Doa Mengenakan dan Melepaskan Pakaian Baru atau Lama"

Posting Komentar