Sholawat Nariyah - Manfaat dan Kehebatan Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah



Kehebatan Sholawat Nariyah merupakan salah satu daya tarik bagi para pengamal sholawat ini, sholawat yang cukup populer di kalangan umat islam, terutama para pencinta sholawat. Kepopuleran sholawat nariyah karena banyak hal penyebabnya, diantaranya:

1. Teks sholawat nariyah ini cukup singkat

Jadi sangat pantas banyak kalangan kaum muslimin yang gampang hafal dengan sholawat nariyah ini, karena ternyata teks sholawat nariyah ini singkat saja. Bahkan banyak hafal dikalangan remaja dan anak-anak. Untuk membuktikannya bahwa teks sholawat nariyah ini singkat, kami berikan bacaan sholawat nariyah dibawah ini:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَآمًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَآئِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَآئِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَّكَ
Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman 'alaa sayyidina Muhammadinilladzii tanhallu bihil-'uqadu wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdhoo bihil-hawaa'iju wa tunaalu bihir-raghooibu wa khusnul-khawaatimi wa yustasqal-gamaamu bi wajhihil-kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatiw wa nafasim bi 'adadi kulli ma'luumil lak.

Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya, dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.


2. Mari kita lanjut ke fakta yang kedua mengenai sholat nariyah ini begitu populer di semua kalangan umat islam, dan ternyata sholawat nariyah in enak juga untuk didendangkan bersholawat ria, saya yakin anda pasti pernah bahkan sering mendengar sholawat nariyah yang dikumandangkan dimasjid-masji, dimushola-mushola sambil menunggu datangnya adzan atau menunggu ikomah memasuki sholat fardu, ya..kalau anda belum pernah mendengar juga mungkin mendengar sholawat nariyah mp3 yang berada di hp anda, via internet disaat anda browsing.

3. Fakta yang ketika mengenai sholawat nariyah ini digemari semua kalangan umat muslim yaitu dari segi lirik, silahkan anda baca sholawat nariyah lirik nya diatas, setiap kata dan akhirannya sangat indah itu juga mempermudah sang penghafal tidak cepet bosen, bahkan cepet sekali untuk bisa menghafalnya.

4. Nah kali ini fakta uang ke 4 soal manfaat dan kehebatan shalawat nariyah, sudah menjadi rahasia umum dikalangan para pencari tuhan, manfaat shalawat nariyah ini acap kali sang pelakunya, berdecak kagum. Meski sebenarnya titik beratnya buka pada terkabulnya doa disaat mengamalkan sholawat nariyah ini, tapi lebih kepada bagaimana sholawat nariyah ini bisa mendatangkan kecintaan atau pertolongan Allah SWT.

5. mengenal keampuhan sholawat nariyah

Sebagai dikisahkan oleh penyusun sholawat nariyah yaitu disusun oleh Syekh Nariyah, maka mari kita mengenal Kehebatan Sholawat Nariyah. siapa sebenarnya Syekh Nariyah ini? beliau ini adalah salah satu sahabat Rasul Muhammad SAW dan rasul dijaman Rasulallah, betapa Syekh Nariyah melihat bagaimana kerja kerasnya Nabi Muhammad SAW dalam mensyiarkan agama Allah SWT dari situlah Syekh Nariyah mempelajari bidang ketauhidan.

Melihat perjuangan Nabi sehingga syekh selalu berdoa kepada Allah meminta keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Doa-doa yang menyertakan nabi biasa disebut sholawat dan syekh nariyah adalah salah satu penyusun sholawat nabi yang disebut sholawat nariyah. Karena kecintaan syeh Nariyah ini kepada Nabi, Suatu malam syekh nariyah membaca sholawatnya sebanyak 4444 kali. Beliau mendapat karomah dari Allah SWT setelah membacanya.

Pada suatu kesempatan dalam majlis ilmu bersama nabi muhammad, syeh karomah meminta suatu saat nanti memohon didoakan agar bisa masuk pertama ke surga bersama Nabi, berkat sholawat nariyah yang dia baca dan karomah yang diberikan oleh Allah kepadanya, Nabipun menyetujuinya.

Dan suatu ketika sahabat nabi yang lainnya merasa cemburu, dan diam-diam diapun minta didoakan oleh nabi untuk bisa masuk pertama kali ke surga bersama nabi, namun ditolak. Dengan alasan sudah ada yang memintanya terlebih dahulu. Sahabat nabi ini tidak mengetahuinya tentang amalan yang selalu diamalkan oleh syeh nariyah, setiap malam diamalkan oleh syekh nariyah yaitu mendoakan keselamatan dan kesejahteraan nabinya dan inilah salah satu kehebatana sholawt Nariyah. Orang yang mendoakan Nabi Muhammad pada hakekatnya adalah mendoakan untuk dirinya sendiri karena Allah sudah menjamin nabi-nabiNya sehingga doa itu akan berbalik kepada si pengamalnya dengan keberkahan yang sangat kuat.

Penutup: pantesan ustad jefri al buchori selalu bersenandung shalawat nariyah, bagaimana tidak siapapun akan tertarik dengan manfaat dari sholawat nariyah ini, jika anda tertarik untuk mengamalkan dan mempelajarinya tapi susah untuk membacanya bahasa arabnya kami sudah bantu dengan sholawat nariyah latin indonesia dan kami sertakan juga terjemahanya supaya lebih meresapi maknanya, dan ini bisa menambah kekhusyuan dalam wirid sholawat nariyah ini, semoga anda juga bisa merasakan kecintaan kepada Rasul sebagaimana cintanya Syech Nariyah kepada Rasul dan bisa merasakan Kehebatan Sholawat Nariyah. Aamiin

Silahkan jelajahi tentang sholawat nariyah di youtube, jika masih ragu tentang pendapat-pendapat mengenai sholawat nariyah ini temukan fatwa mui tentang shalawat nariyah dan pelajari lagi lebih dalam mengenai sholawat nariyah, sanad sholawat nariyah.
Print Friendly and PDF

0 Response to "Sholawat Nariyah - Manfaat dan Kehebatan Sholawat Nariyah"

Posting Komentar