Doa untuk orang tua yang masih hidup maupun sudah meninggal


Blog Perjalanan Doa - Setiap orang terutama yang sudah menjadi sebagai orang tua, pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh. Tujuannya apa? kelak anak ketika sudah menginjak dewasa bisa mendoakan kedua orang tuanya, karena hakikat sebuah kebaikan akan berubah menjadi pahala, yang akan menebus dosa yang kita perbuat semasa hidup atau setidaknya meringankan siksaan di akhirat nanti. Doa anaknya untuk kedua orang tua, sejatinya doa tidak hanya berbentuk bacaan-bacaan saja yang biasa kita bacakan pada waktu-waktu tertentu. sehabis Sholat misalnya, tetapi doa yang sesungguhnya ada tingkah laku kita, kelakuan kita sebagai anak sudah sesuaikah dengan yang Allah perintahkan.

Sebab akan tidak maksimal sebuah doa untuk orang tua yang sudah meninggal, maupun orang kita masih hidup. jika setiap hari kita mengucapkan doa untuk kedua orang tua kita, tetapi akhlak kita bertentangan dengan Al-Qur'an serta tidak meneladani Akhlak yang yang dicontohkan oleh Rasul Muhammad SAW.

Doa anak kepada orang tuanya adalah termasuk yang diijabah oleh Allah SWT, maka dari itu kita sebagai anak janganlah malas melakukan atau memanjatkan doa untuk kedua orang kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada atau meninggal dunia. Rutinkanlah sehabis sholat wajib lima waktu mengirim surat Al-Fatihah dan membaca Al Qur'an yang pahala kita mintakan kepada Allah SWT, semoga Allah curahkan dan sampaikan kepada orang yang kita sayang yaitu kedua orang tua kita.

Selain Doa untuk kedua orang tua kita seperti diatas, ada juga doa-doa yang di Contohkan Rasul Muhammad SAW yang memang dikhususkan sebagai Contoh Doa Untuk Orang Tua kita, dan doa tersebut Sebagai berikut:

1. Doa untuk kedua orang Tua yang masih Hidup, atau pun yang sudah meninggal.


Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Arab:
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Bacaan Latin: Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.

2. Doa untuk kedua orang Tua yang Sudah meninggal.


Bacaan Arab :

doa orang tua sudah meninggal


Bacaan Latin:
"Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'Anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi' Mudkhalahu Waghsilhu Bilmaa`I Wats Tsalji Wal Baradi Wa Naqqihi Minal Khathaayaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadla Minad Danasi Wa Abdilhu Daaran Khairan Min Daarihi Wa Ahlan Khairan Min Ahlihi Wa Zaujan Khairan Min Zaujihi Wa Adkhilhul Jannata Wa A'idzhu Min 'Adzaabil Qabri Au Min 'Adzaabin Naar.

Artinya :
"(Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka)

Kedua jenis doa diatas memang doa yang secara khusus di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana Sabdanya, ketika manusia meninggal yang akan menyertainya ke Akhirat itu cuma 3 perkara:

  1. Sodakoh Jariyah, yaitu harta yang semasa hidupnya dia dapatkan secara halal, dan dia belanjakan dijalan Alah

  2. Ilmu yang bermanfaat, ilmu yang semasa dia hidupnya dia ajarkan dan dari ilmu tersebut orang lain mendapat manfaat dan keberkahan dalam hidupnya. Maka, pahalanya juga akan sampai kepada yang mengajarkannya meski sudah meninggal.

  3. Anak yang Saleh yang mendoakannya.
doa dibaca untuk kedua orang tua

Rasulullah SAW bersabda di Riwayakan oleh HR Muslim, shohih hadistnya :
ﺇﺫﺍ ﻣﺎﺕ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﻋﻨﻪ ﻋﻤﻠﻪ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺛﻼﺛﺔ: ﺇﻻ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﺔ ﺟﺎﺭﻳﺔ، ﺃﻭ ﻋﻠﻢ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ، ﺃﻭ ﻭﻟﺪ ﺻﺎﻟﺢ ﻳﺪﻋﻮ ﻟﻪ
Arttinya:
Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim di dalam shahihnya juz 2 hal. 70 hadis no. 1631)

Kalau kita boleh jujur, banyak sekali anjuran-anjuran yang memerintahkan kepada untuk mendoakan kedua orang tua kita, contohnya doa untuk orang tua yang sedang sakit, mengalami kesusahan mungkin. Jangan lupa, terus kita doakan sebagai bentuk dan wujud bakti kepada Allah, dan kita ejawantahkan bakti terhadap kedua orang orang tua kita, baik yang masih hidup, maupun yang sudah meninggalkan kita.

Kami berharap, mungkin diantara pembaca mempunya orang tua tidak seakidah, mungkin agamanya kristen atau katolik dlsb, tetaplah didoakan. Bisa menggunakan bahasa sendiri yang kita mengerti, biarlah Allah yang menentukan diterima dan tidaknya, tapi kewajiban kita sebagai anak harus kita tunaikan berbakti kepada kedua orang tua.

Bagi anda yang merasa kesulitan dengan bacaan doa untuk kedua orang, baik doa yang menggunakan bahasa arab maupun tulisan latinnya, kita akui kadang masih muncul ke ragu-raguan apakah cara baca kita sudah benar atau belum, dalam membaca doa untuk kedua orang kami sertakan doa kedua orang tua dalam berntuk link mp3.


3. Doa untuk kedua orang Tua yan sedang Sakit parah

Doa atau Ucapan yang dibacakan untuk orang tua kita yang sedang sakit parah, supaya sakitnya cepat disembuhkan oleh SWT, baik yang sedang mengalami sakitnya orang tua perempuan, maupun laki-laki doa untuk orang tua sedang sakit ini dalam bahasa arab sbb:

doa mohon kesembuhan orang tua






Print Friendly and PDF

0 Response to "Doa untuk orang tua yang masih hidup maupun sudah meninggal"

Posting Komentar