Doa bepergian bismillahi tawakaltu dan Bismillahi majreha wa mursaha

Assalamualaikum wr. wb.


DOA NAIK KENDARAAT DARAT, LAUT DAN UDARA
DOA NAIK KENDARAAN DARAT, LAUT DAN UDARA
Doa bepergian bismillahi tawakaltu dan Bismillahi majreha wa mursaha - Berpergian sudah menjadi kebutuhan dan rutinitas manusia sehari-hari. setiap manusia pasti akan melakukan perjalanan. Apalagi seseorang yang sudah bekerja, dan akan melakukan berpergian menggunakan kendaraan. Kendaraan merupakan sesuatu yang mempermudah manusia dengan fungsi sebagai transportasi baik yang beroperasi di darat ataupun di air.Menaiki kendaraan baik di darat maupun di air tidaklah luput dari yang namanya kecelakaan. tentu saja kita tidak ingin mengalami kecelakaan ataupun sesuatu yang buruk saat berkendara. Kita pasti selalu berharap agar kita terlindungi ketika sedang berkendara. Untuk itulah aturan dan norma dibuat. Hendaklah kita juga mempelajari aturan aturan berlalu lintas dan menerapkannya seperti menggunakan helm dan berhenti saat lampu merah menyala, ataupun tidak melakukan kendaraan dengan cepat dijalan yang padat. Kita juga hendaknya memperhatikan rambu-rambu yang disediakan agar kita menjadi aman. Namun, setiap manusia yang bernyawa ualah milik Allah, Allah lah yang mengatur takdir kita juga apa apa yang terjadi kepada kita. Maka, sebaiknya kita juga meminta perlindungan kepada Allah agar kita selamat sampai tujuan diatas kendaraan. Doa tersebut terbagi menjadi tiga, yakni doa berkendara di air, di udara, dan di darat. lafal doa tersebut ialahs sebagai berikut:



Doa bepergian darat, laut dan udara (bismillahi tawakaltu) dan Bismillahi majreha wa mursaha 


"Doa Berkendara di Darat"


Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya :

"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

"Doa berkendara di laut"


Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :

"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Doa tersebut telah di ajarkan oleh nabi nuh ketika beliau menaiki kapalnya.

"Doa berkendara di Udara"


Untuk doa berkendara di udara atau menaiki pesawat, kita bisa menggunakan doa menggunakan kendaraan umum diatas, karena pada hakekatnya sama.

Untuk mengiringi doa yang telah kita panjataan, islam juga menganjurkan kita untuk mengikuti adab-adab Berkendara menurut agama islam, beberapa adab berkendara itu ialah:

  • Berkendara dengan niat yang baik
  • Memilih kendaraan yang cocok untuk berpergian
  • Zikir safar
    Ketika berkendara kita pun harus tetap mengingat Allahs wt. dengan jalan berpikir misalnya, zikir Safar ini ialah zikir yang dibaca keika kita tengah berada dalam perjalanan.
  • Mengistirahatkan kendaraan
  • Bertakbirlah jika perjalanan mendaki dan bertasbihlah ketika jalanan menurun.

Dengan mematuhi adab adab tersebut juta diiringi dengan doa berkendara yang kita panjatkan, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allahs wt. Hal ini menunjukkan betapa Islam sangat menyayangi umatnya, itu dibuktikan dengan diaturnya hal hal kecil yang menjadi rutinitas kita didalam islam agar kita tidak melenceng dan membawa pengaruh buruk terhadap diri sendiri. semoga dengan hal ini kita dapat berhati-hati saat berkendara. semoga bermanfaat.

Demikianlah postingan kita kali ini mengenai Doa bepergian darat, laut dan udara (bismillahi tawakaltu) dan Bismillahi majreha wa mursaha, semoga bisa menjadi manfaat buat kami dan umumnya buat kita semua. Aamiin

Wassalamualaikum wr. wb.

Print Friendly and PDF

1 Response to "Doa bepergian bismillahi tawakaltu dan Bismillahi majreha wa mursaha"

  1. Bismillah, Kalian bisa baca artikel lebih lengkap dan fresh tentang bismillahi majreha di sini Bismillahi Majreha Wa Mursaha

    BalasHapus