Jihad Amal Maruf Nahi Munkar

Jihad Amal Maruf Nahi Munkar - mengenai jihad menegakkan yang kebenaran (haq) dan mencegah kemungkaran ini sangat penting saya kira, sebab jika jika kedua-dua jalan. yang ma'ruf jalan yang munkar juga jalan, ini sangat berbahaya sebab bisa saja yang munkar ini mengundang murka Allah.

menegakan amal maruf nahi mun kar

Jikalau sudah murka Allah turun, bencana tidak hanya menimpa yang berbuat kemungkaran saja, tapi orang yang baik-baik dan tidak melakukan kedzoliman dan kemaksiatan akan terkena juga oleh bencana oleh murka allah tersebut. Logikanya seperti ini, kita sedang makan buah nangka dan kena getahnya, inilah resiko, tapi jika kita tidak makan buah nangka tapi terkena getahnya, bolehlah ini kita anggap sial namanya.

Saat sekarang ini ada dimasyarakat modelnya seperti ini, ngeyel kalau kita beri nasihat. Ketika ada yang memberi nasehat kepadanya malahan menjawab: Biarin saja, yang mabuk gue, yang judi gue, gue mabuk gue judi pake duit-duit gue, gue main dirumah gue, urusan apa sama semua orang? yang zinah gue, yang bayar pelacur gue, yang merasakan enak atau terkena penyakit juga gue, lu pada ngapain jadi pada kepo, jadi repot?..

Saya kasih contoh lagi nih, biar mikirnya lebih gampang, ceritanya ini siang hari bolong, kita membayangkan kalau makan jambu enak banget panas-panas begini. Pergilah ke mencari pohon jambu pas ketemu kebetulan buah merah-merah dan terlihat sangat enak sekali nampaknya kalau kita makan, tapi basa-basih kita manjat keatas, belum metik itu jambu kita dikeributin semut, gigitan semut tersebut sudah gatel panas.

Habis itu sambil emosi kita pulang ke rumah, untuk mengambil api menggunakan obor, balik lagi ke pohon jambu tanpa kompromi kita bakar tuh semut hampir satu pohon kita bakar, tanpa memperdulikan semut yang lain yang tidak menggigit kita. Itu semut-semut yang lain yang merasa tidak menggigit kalau bisa ngomong pasti protes: Yang gigit elu temen gue, gue kagak ngikut-ngikut.

Tapi pasti kita tidak akan perduli, mau menggigit kita tau tidak, asal semut kita bakar. Gara-gara satu semut, itu semua semut satu pohon kita bakar.

Begitu juga dengan logika masyarakat kita, "Ia yang judi elu, yang zinah elu, yang mabok elu! tapi judi, zinah, mabok itu namanya maksiat mas!.kalau dinegeri tercinta kita ini banyak maksiatnya, Allah marah! kalau sudah Allah marah maka akan Allah turunkan gempa, kalau sudah gempa yang kena bukan sampean doang mas yang melakukan judi, zinah sama mabok, tapi semua dari kita yang tidak melakukannya pun akan terkena getahya, semua terkena menanggung akibatnya.

Inilah perlunya "Amal ma'ruf Nahi munkar" karena bencana kalau sudah datang, tidak akan memilih hanya orang-orang dholim, tapi orang yang baik-baik juga akan menerima jatahnya.

Dalam pelaksanaannya amal ma'ruf lebih mudah dilaksanakan dilaksanakan dari pada melaksanakan Nahi munkar.

Contohnya nyatanya seperti ini, misalkan orang kalau kita ajak melakukan sembahyang atau shalat, kalau tidak mau paling menolak, atau hanya diam saja. Tapi coba kalau ada orang sedang mabuk kita larang, pada umumnya akan mengamuk dan mengajak berkelahi.

Tapi kedua-duanya harus ditegakkan, itulah sebabnya ini dinamakan jihad. Beramal ma'ruf apalagi ber Nahi munkar itu merupakan JIHAD yang harus kita laskanakan, tidak bisa dilakukan sebelah-sebelah dan kalau kedua-duanya ya jalan, seimbang dong.

Dan pada saat ini yang celaka, mana yang ma'ruf dan mana yang munkar sudah tidak jelas lagi, karena suatu jaman zaman berubah. Orang banyak yang bisa membuat bungkusan, yang ma'ruf dibungkus dengan polesan mun'kar dan juga sebaliknya, malah yang munkar dibungkus dengan bungkusan dan label ma'ruf.

Jihad Amal Maruf Nahi Munkar
Download Ceramah Zainudin MZ MP3: Jihad Amal Maruf Nahi Munkar
Print Friendly and PDF

0 Response to "Jihad Amal Maruf Nahi Munkar"

Posting Komentar